Take a fresh look at your lifestyle.

Belajar Dari 4 Crypto Influencer Indonesia Terkenal Ini!

0 0

Kalian pemula di dunia crypto? Yuk mulai belajar dari 4 crypto influencer Indonesia terkenal ini! Sebelum ke inti topik, mari kita mulai pembahasannya dari apa itu crypto.

Apa Itu Crypto?

Mata uang Kripto merupakan aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi keuangan, memverifikasi transfer aset, dan mengontrol proses pembuatan unit tambahan. Kriptografi digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui pengguna kode.

Kode ini merupakan kode-kode rumit dari blok Kripto ini dibuat dari mesin mining. Pada setiap blok berisi transaksi mengenai penciptaan satu koin dan historisnya, maka dari itu mata uang Kripto tidak memiliki bentuk fisik. Blok-blok Kripto saling terangkai dan membentuk rangkaian kode digital yang disebut blockchain. Hasil mining dari dalam blockchain tersebut dinamakan Koin dan Koin-koin itulah yang dikenal sebagai cryptocurrency.

Banyak jenis mata uang Kripto, seperti ehtereum, litecoin, ripple, stellar, dan masih banyak lagi namun, yang paling terkenal adalah Bitcoin. Pada tahun 2008, Satoshi Nakamoto menciptakan dan mulai memperkenalnya Bitcoin dalam bukunya dan pada tahun 2009 ia merilis secara perdana mata uang kripto Bitcoin kepada publik. Setahun kemudian mulai bermunculan jenis mata uang Kripto lainnya dan hal ini mengakibatkan kenaikan harga mata uang Kripto yang signifikan.

Masing-masing mata uang kripto divaliditasi oleh blockchain yang berisi daftar catatan yang terus tumbuh dan blok-blok tersebut dihubungkan dan diamankan oleh kriptografi. Blockchain digunakan sebagai buku besar yang terbuka dan dikelola oleh jaringan peer-to-peer secara kolektif mengikuti protokol untuk memvalidasi blok baru. cryptocurrency digunakan terutama diluar perbankan dan lembaga pemerintah yang ada dan dipertukarkan melalui internet.

Sejarah Crypto

Jika berbicara mengenai sejarah, uang elektronik pertama yang digunakan adalah e-cash, digunakan oleh ahli kriptografi Amerika pada tahun 1983 bernama David Chaum, kemudian dia implementasikan melalui Digicash. Pada awalnya, pembayaran uang elektronik kriptografi membutuhkan pengguna untuk menggunakan perangkat lunak untuk menarik catatan dari bank dan menunjuk kunci terenskripsi tertentu sebelum dapat dikirim ke penerima, sehingga hal ini memungkinkan mata uang tidak dapat dilacak oleh bank penerbit, pemerintah, atau pihak ketiga mana pun. Lalu pada tahun 1996 mulai terbit tulisan mengenai sistem mata uang Kripto.

Awal tahun 2013 Cryptocurrency mulai masuk ke Indonesia dengan munculnya Bitcoin dan terus berkembang hingga saat ini. Pada awalnya muncul Exchanger yang memberikan platform bagi para pengguna untuk melakukan jual beli Bitcoin. Exchanger sebagai third party menyediakan sistem OTC (Over The Counter) yang nantinya pengguna dikenakan PPN sebesar 10 persen dan juga sistem split harga. Selain melalui Exchanger, Cryptocurrency masuk ke Indonesia juga melalui wisatawan asing yang berkunjung atau reward Bitcoin melalui komunitas-komunitas luar.

Perkembangan cryptocurrency di Indonesia semakin pesat seiring berkembangkan , semakin besar pula minat dalam menggunakan mata uang digital untuk meraup keuntungan sebanyak mungkin. Berikut merupakan Top 4 Crypto Influencer  yang terkenal di Indonesia yang dapat diikuti untuk mempelajari bagaimana memanfaatkan mata uang kripto:

Crypto Influencer

1. Eileen Kamtawijoyo

Salah Satu Crypto Influencer Indonesia. Eileen Kamtawijoyo
Salah Satu Crypto Influencer Indonesia. Eileen Kamtawijoyo

Nama Eileen Kamtawijoyo sudah tidak asing dikalangan pengguna mata uang kripto dan merupakan Co-founder Populix yang merupakan sebuah platform yang mengumpulkan data dari responden diseluruh Indonesia yang membantu dalam bisnis, akademik, institusi, pemerintahan, dan lainnya mendapatkan data yang akurat, terpercaya, dan nyata. Setelah lulus dari Universitas Cambridge sebagai Sarjana Manajemen, Eileen mendirikan Populix pada tahun 2018. Populix dipilih untuk batch kedua program Xcelerate Gojek sebagai salah satu dari 10 perusahaan startup .

Wanita yang masuk dalam jajaran Forbes 30 Under 30 pada tahun 2020 ini kerap membagikan informasi mengenai mata uang kripto termasuk dalam platform yang didirikannya, Populix dan dapat dilihat pada akun Linked in miliknya, yaitu Eileen K.

 

2. Steven Suhadi

Crypto Influencer Indonesia Terkenal, Steven Suhadi
Crypto Influencer Indonesia Terkenal, Steven Suhadi

Steven Suhadi merupakan salah satu pendiri Asosiasi Blockchain Indonesia, yaitu asosiasi yang memfasilitasi percepatan adopsi teknologi blockchain di era industri 4.0 dan meningkatkan pemahaman mengenai teknologi blockchain. Steven sering memaparkan dan menyampaikan pemikirannya mengenai blockchain dan aset kripto pada berbagai acara seminar dan konferensi blockchain. Ia juga aktif sebagai pembicara webinar dan bintang tamu dalam beberapa channel Youtube yang membahas mengenai cryptocurrency.

Steven juga merupakan Co-founder Coinvestasi, yaitu platform Indonesia untuk acara dan informasi terkait mata uang Kripto, aset digital, dan teknologi blockchain. Steven terlibat cukup banyak dan memiliki pengaruh yang besar terhadap industri blockchain dan cryoptocurrency di Indonesia. Jika kalian ingin mengikuti perkembangan blockchain dan cryptocurrency di Indonesia, kalian bisa mengunjungi akun Twitter resminya @stevensuhadi dan akun Twitter resmi Asosiasi Blockchain Indonesia @Blockchainindo atau akun Youtube Asosiasi Blochchain Indonesia.

3. Tessar Napitupulu

Crypto Influencer Terkenal Indonesia, Tessar Napitupulu.
Crypto Influencer Terkenal Indonesia, Tessar Napitupulu.

Tessar Napitupulu adalah Founder & Director Arfadia Digital Indonesia, sebuah digital marketing agency & creative media company yang menyediakan 360 marketing, SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay Per Click), PR (Public Relation), Social Media, dan Video untuk kebutuhan pemasaran. Saat ini sedang aktif dalam menggunakan ICO (Initial Coin Offering). ICO sendir merupakan bentuk pengumpulan dana publik secara digital berbasis blockchain yang digunakan startup untuk mendapatkan modal dengan cara menjual token.

Menurut FINMA (Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss), ada tiga jenis token yang ditawarkan ICO, yaitu Payment Token, Utility Token, dan Asset Token. Pembayaran token sendiri diperlakukan seperti mata uang asing oleh Bank Indonesia, namun Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi telah mengakui ICO sebagai komoditas berjangka untuk spot dan future transaction. Tessar banyak membagikan informasi mengenai cryptocurrency melalui akun Instagramnya @tessarna70 dan juga melalui akun Linked in miliknya “Tessar Napitupulu”.

4. Angga Andinata

Crypto Influencer Terkenal Indonesia, Angga Andinata.
Crypto Influencer Terkenal Indonesia, Angga Andinata.

Jika berbicara mengenai edukator financial dan keuangan, nama Angga Andinata mungkin dapat menjadi salah satu influencer yang diikuti. Angga aktif pada akun Instagramnya @angga.andinata dalam membahas mengenai cryptocurrency. Membahas perkembangan dan tips-tips dalam menggunakan cryptocurrency. ia juga aktif memberi informasi mengenai crypto sebagai pembicara dalam acara seminar online atau pada channel Youtubenya “Angga Andinata” dengan jumlah subscriber sebanyak 370 ribu, ia kerap berbagi strategi dalam berinvestasi, menggunakan crypto untuk meraup keuntungan atau hal-hal yang perlu dihindari dalam berinvestasi. Pada akun Twitternya @anggaandinata pun ia sangat aktif membahas perkembangan cryptocurrency. Sebagai Influencer, ia aktif memberi informasi mengenai perkembangan market crypto dan tips lainnya mengenai keuangan.

Nah, itulah nama-nama crypto influencer Indonesia yang bisa diikuti. Melalui media atau platform yang ada, mereka membagikan informasi mengenai crypto yang bisa dipelajari untuk mengelola aset crypto dengan tepat.

FAQ

Apa itu Crypto?

Crypto merupakan aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi

Jenis Cryptocurrency yang paling terkenal?

Bitcoin adalah Crypto yang paling populer di dunia

Apakah Crypto sudah masuk ke Indonesia?

Sudah, sejak tahun 2013

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments