Take a fresh look at your lifestyle.

4 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Bikin Sepeda Motor Rusak

0 8

Sepeda motor merupakan sebuah alat transportasi yang begitu vital untuk saat ini, dengan memiliki sepeda motor semua akses kegiatan bisa dilakukan dengan baik. Mayoritas orang memiliki sepeda motor akan cenderung memilih sepeda motor yang sehat alias tidak bermasalah ketika dikendarai. Namun, anggaran untuk memiliki sepeda motor yang nyaman memang sangat berpengaruh ya, ada kalanya anggaran untuk membeli sepeda motor bekas menjadi alternatif yang sangat baik menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

Anda jangan berkecil hati, itung-itung nantinya bisa belajar untuk mengenal dan mencoba memperbaiki sepeda motor dengan mandiri tanpa perlu ke bengkel dan mengeluarkan biaya kembali. Mesin motor bekas juga masih banyak kok yang halus dan layak pakai, tidak semuanya bekas lantas menjadi kesan “jelek”. Semua tergantung dari cara Anda merawatnya. Jika Anda menemukan suara mesin kasar mungkin dengan adanya artikel ini bisa membantu dalam perbaikan dan perawatannya.
 

Penyebab Suara Mesin Kasar

 

 

Jika Anda membeli motor baru dari dealer dan mencobanya maka akan terasa halus dan nyaman bukan?Hal ini dikarenakan mesin motor masih orisinal dan belum pernah dipakai sama sekali sehingga getaran di dalam motornya masih kecil. Berbeda dengan motor yang sudah 1 tahun dipakai akan terlihat sekali perbedaan kondisi mesin dan suaranya. Mungkin kekuatan motor mulai menurun atau suara yang tadinya tidak ada menjadi berisik. Berisik yang timbul ini bisa dari beberapa hal di bawah ini:

  • Bensin

Terkadang orang ingin mengisi bahan bakar yang irit dan tahan lama, namun untuk saat ini pemakaian bensin diwajibkan memakai bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi agar mengurangi ketukan dalam mesin. Semakin tinggi nilai oktan maka pembakaran yang dihasilkan akan mendekati sempurna dan membuat mesin tidak bekerja secara paksa.

  • Klep 

Klep merupakan katub motor yang memiliki kegunaan sebagai sirkulasi gas sisa pembakaran pada motor. Gas yang keluar masuk akan melewati bagian ini dan jika terpasang dengan tidak seimbang maka gas yang masuk dan keluar akan bergesekan dengan bagian lainnya sehingga membuat suara berisik semakin keras.

  • Busi

Busi adalah bagian dari motor yang sangat berpengaruh dengan hidup dan matinya motor, dengan pembakaran pada busi membuat motor menjadi hidup. Busi yang masih baru tentunya memiliki fungsi yang begitu baik dengan proses pembakaran sempurna sehingga tarikan motor menjadi lebih enteng. Cek busi dengan rutin selama beberapa bulan pemakaian, jika busi sudah berkarat kendati masih bisa hidup tentunya membuat suara motor rusak akan menjadi kasar. Anda bisa ganti dengan busi yang baru. Busi yang dijual saat ini memang banyak yang tiruan artinya bahan bakunya tidak ori dan hal ini juga menjadikan suara motor di awal pemakaian halus namun perlahan menjadi kasar.

  • Seher

Bagian seher ada di dalam motor dengan posisi yang menggabungkan antara piston dan poros engkol. Fungsi dari seher ini adalah untuk menerima hasil tekanan dari proses pembakaran kemudian melanjutkan ke bagian engkol dari batang piston. Seher ini juga memiliki ring atau cincin yang jika sudah berkarat akan membuat kondisi mesin bergesek secara kasar. Semakin kasar gesekan maka suara yang dihasilkan akan semakin berisik. Usia pengecekan seher ini minimal 1 bulan sekali, untuk itu sangat dianjurkan sekali motor bekas atau baru rutin dalam service bulanan. Semakin rutin service maka semakin kecil kemungkinan untuk motor bersuara kasar karena dengan penanganan terbaik dan tepat membuat bagian seher kembali mulus.

  • Oli 

Apakah Anda percaya jika oli motor yang dipakai itu cocok-cocokan?

Mungkin pemilik terdahulu memakai oli merek A sedangkan ketika Anda pakai dengan merek yang sama malahan membuat suara motor menjadi kasar dan tidak semestinya. Cara mengendalikan motor memang setiap tangan berbeda, ada yang dengan oli murah tetapi motornya halus karena sebelum distarter motor diselah dahulu. Pemilihan oli motor yang baik harus disesuaikan dengan jenisnya dan Anda bisa menanyakan kepada petugas service. Untuk oli yang tidak sesuai dengan motornya akan membuat efek cepat rusak dan tidak bertenaga. Perhatikan pula jika oli sudah hitam pekat maka sudah saatnya diganti, masa pemakaian oli sekitar 3 bulan lamanya dengan frekuensi pemakaian motor yang cukup sering.
 

Tingkah Pemakai Yang Sering Buat Motor Cepat Rusak 

 

Tingkah  
Pemakai Yang Sering Buat Motor Cepat Rusak 
Photo by Jez Timms on Unsplash

Motor dengan kondisi baik akan menjadi lekas rusak jika Anda salah perawatan seperti pada kebiasaan buruk yang bisa bikin motor rusak seperti di bawah ini:

  • Sering Memakai Starter Tangan

Tips otomotif motor bisa hidup karena Anda menekan bagian yang disebut dengan starter, untuk motor jenis bebek kopling atau gigi ada 2 jenis starter yaitu tangan dan kaki. Sedangkan untuk motor metic hanya terdapat starter tangan sebagai fungsi dominan, sedangkan starter kaki tetap ada namun tidak terlalu penuh dalam pemakaiannya. Jika motor kamu masih berjenis motor gigi aka sangat beruntung karena dengan starter kaki akan menghemat aki sebagai kelistrikan. Semakin Anda sering memakai kaki maka genjotan pada pedal akan semakin kuat dan listrik yang dipakai lebih hemat separuhnya dibanding Anda memakai starter tangan.

Selama Anda sering memakai starter tangan maka aki yang dipakai akan lebih boros dari sebelumnya, air aki menjadikan sumber listrik pada motor. Tak heran jika terkadang lampu motor redup atau mati sebagian, suara klakson yang meredup atau lampu sen yang tidak muncul sama sekali. Pemakaian sepele ini efeknya membuat motor lekas aus dan jika air akinya tidak segera diisi atau diganti maka membuat komponen lainnya menjadi rusak juga.

  • Filter Udaranya Dibiarkan Kotor

Bagian filter udaranya seringkali kotor karena fungsinya menyaring udara dari lingkungan yang masuk ke dalam motor. Pada bagian filter ini sebaiknya rutin dibersihkan ketika suara motor sudah mulai tidak halus, dengan kotoran pada dalam mesin akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros dan menjadikan tarikan mesin melemah atau tidak kuat seperti sedia kala. Udara menjadi media pembakaran yang sempurna dalam kinerja mesin motor tetapi setiap udara pastinya disertai dengan debu. Debu yang masuk ini memang akan selalu ada, dengan rutin membersihkan akan mengurangi tarikan berat pada mesin motor.

  • Menyepelekan Ban

Ban motor dibuat tekstur kasar dan bergerigi agar gesekan besar yang dihasilkan membuat rasa nyaman dan aman terhadap si pengendara. Ban dengan kualitas bagus dan pemakaian tinggi sebaiknya diganti dengan ban baru ketika sudah mulai halus. Ban yang sudah mulai halus tentunya menjadi bagian berbahaya saat di jalan karena kondisi licin ketika berkendara. Bentuk ban yang kini seringkali dimodifikasi menjadikan motor lekas rusak. Ban yang ukurannya tidak stAndar membuat beban yang diberikan sebagai tumpuan sangat besar. Hal ini tidak disarankan untuk jenis motor tertentu. Perhatikan pula dengan angin pada ban, motor akan terasa berat di jalan saat angin pada ban mulai berkurang. Angin ban yang sudah berkurang ini bisa menjadikan ban bocor halus karena media untuk mengurangi gesekan semakin kecil antara karet bagian atas dan peleknya. Tak heran saat di tengah jalan Anda merasakan motor mula bergoyang. Jangan paksakan untuk menaiki motor yang telah bocor karena merusak ban dalamnya.

  • Menyepelekan Oli

Fungsi dari minyak oli adalah untuk pelumas mesin agar gesekan yang terjadi tidak semakin panas, dan mesin bisa bergerak dengan mulus. Untuk oli dengan kualitas terbaik pemakaiannya hanya dijangkau 2000 km saja dan bisa segera diganti. Oli juga bisa menghemat bahan bakar karena mampu menurunkan suhu panas pada mesin. Oli yang masih bagus akan berwarna bening kental dan sesuai warna saat dibuka. Tetapi, jika oli telah lama akan berwarna pekat hitam dan ada pengotor seperti debu.

Penggantian oli ini bisa di bengkel biasa atau tempat service yang Anda percaya. Harga oli sendiri sangat tergantung dari mereknya, mulai dari Rp. 42 ribuan ke atas. Semakin mahal semakin bagus kualitasnya dan membuat mesin semakin terjaga suaranya.

  • Ketidakstabilan Bahan Bakar

Di Indonesia ada beberapa jenis bahan bakar yang dipakai seperti solar, pertalite, premium dan pertamax. Dari sekian jenis bahan bakar sudah ada bagiannya masing-masing yang sesuai, namun untuk sepeda motor sebaiknya memakai bahan bakar dengan nilai oktan 9 atau 10 seperti pada pertamax. Nilai oktan yang tinggi ini akan mengurangi ketukan pada mesin dan menjadikan mesin tidak lekas panas, bersuara lebih stabil dan hemat. Ada juga pertamax dex yang harganya lebih tinggi dari pertamax karena memiliki nilai oktan sempurna dan sangat baik dipakai untuk sepeda motor baru.

  • Langsung Untuk Jalan

Kebiasaan buruk saat Anda buru-buru adalah menstarter motor dan langsung tancap gas karena memburu waktu untuk sampai ke tempat kerja. Dengan kebiasaan seperti ini akan membuat aki cepat tekor dan mesin akan mudah tersendat. Anda panaskan dulu sebelum dipakai untuk berkendaraan selama 5 menitan agar mesin menyesuaikan dengan aliran oli ke dalam bahan bakar.

  • Menunggu Bensin Habis 

Pada jarum spedometer akan menunjukkan skala bahan bakar, jika baru saja diisi akan menunjukkan jarum naik ke simbol F yang artinya full sedangkan jika sudah mulai habis jarum akan menunjukkan ke arah E dan warna merah. Apabila bensin dibuat hingga habis maka di waktu setelahnya akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros.

  • Gas, Rem

Gas dan rem adalah dua hal yang penting ketika proses berkendaraan, ketika Anda menarik gas terlalu kencang dan kemudian mengerem mendadak akan membuat kampas remnya panas dan terbakar. Jika hal ini dibiarkan membuat motor sering ngepot atau melesat mendadak saat direm dikemudian hari. Sebaiknya, jika Anda ingin merawat motor pakai rem kaki perlahan dan rem tangan.

Itulah beberapa tingkah laku dari pemakai motor yang seringkali membuat motor lekas rusak karena dari hal sepele. Perawatan sebaik apapun tips otomotif tidak akan sempurna jika Anda melakukan kebiasaan di atas setiap kali memegang motor.
 
 

Apa Penyebab Suara Mesin Kasar?

• Bensin Terkadang orang ingin mengisi bahan bakar yang irit dan tahan lama, namun untuk saat ini pemakaian bensin diwajibkan memakai bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi agar mengurangi ketukan dalam mesin. Semakin tinggi nilai oktan maka pembakaran yang dihasilkan akan mendekati sempurna dan membuat mesin tidak bekerja secara paksa. • Klep Klep merupakan katub motor yang memiliki kegunaan sebagai sirkulasi gas sisa pembakaran pada motor. Gas yang keluar masuk akan melewati bagian ini dan jika terpasang dengan tidak seimbang maka gas yang masuk dan keluar akan bergesekan dengan bagian lainnya sehingga membuat suara berisik semakin keras. • Busi Busi adalah bagian dari motor yang sangat berpengaruh dengan hidup dan matinya motor, dengan pembakaran pada busi membuat motor menjadi hidup. Busi yang masih baru tentunya memiliki fungsi yang begitu baik dengan proses pembakaran sempurna sehingga tarikan motor menjadi lebih enteng. Cek busi dengan rutin selama beberapa bulan pemakaian, jika busi sudah berkarat kendati masih bisa hidup tentunya membuat suara motor rusak akan menjadi kasar. Anda bisa ganti dengan busi yang baru. Busi yang dijual saat ini memang banyak yang tiruan artinya bahan bakunya tidak ori dan hal ini juga menjadikan suara motor di awal pemakaian halus namun perlahan menjadi kasar. • Seher Bagian seher ada di dalam motor dengan posisi yang menggabungkan antara piston dan poros engkol. Fungsi dari seher ini adalah untuk menerima hasil tekanan dari proses pembakaran kemudian melanjutkan ke bagian engkol dari batang piston. Seher ini juga memiliki ring atau cincin yang jika sudah berkarat akan membuat kondisi mesin bergesek secara kasar. Semakin kasar gesekan maka suara yang dihasilkan akan semakin berisik. Usia pengecekan seher ini minimal 1 bulan sekali, untuk itu sangat dianjurkan sekali motor bekas atau baru rutin dalam service bulanan. Semakin rutin service maka semakin kecil kemungkinan untuk motor bersuara kasar karena dengan penanganan terbaik dan tepat membuat bagian seher kembali mulus. • Oli Apakah Anda percaya jika oli motor yang dipakai itu cocok-cocokan? Mungkin pemilik terdahulu memakai oli merek A sedangkan ketika Anda pakai dengan merek yang sama malahan membuat suara motor menjadi kasar dan tidak semestinya. Cara mengendalikan motor memang setiap tangan berbeda, ada yang dengan oli murah tetapi motornya halus karena sebelum distarter motor diselah dahulu. Pemilihan oli motor yang baik harus disesuaikan dengan jenisnya dan Anda bisa menanyakan kepada petugas service. Untuk oli yang tidak sesuai dengan motornya akan membuat efek cepat rusak dan tidak bertenaga. Perhatikan pula jika oli sudah hitam pekat maka sudah saatnya diganti, masa pemakaian oli sekitar 3 bulan lamanya dengan frekuensi pemakaian motor yang cukup sering.

Apa fungsi filter udara pada motor?

Fungsinya menyaring udara dari lingkungan yang masuk ke dalam motor. Pada bagian filter ini sebaiknya rutin dibersihkan ketika suara motor sudah mulai tidak halus, dengan kotoran pada dalam mesin akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros dan menjadikan tarikan mesin melemah atau tidak kuat seperti sedia kala. Udara menjadi media pembakaran yang sempurna dalam kinerja mesin motor tetapi setiap udara pastinya disertai dengan debu. Debu yang masuk ini memang akan selalu ada, dengan rutin membersihkan akan mengurangi tarikan berat pada mesin motor.

Apa fungsi Fungsi dari minyak oli?

Fungsi dari minyak oli adalah untuk pelumas mesin agar gesekan yang terjadi tidak semakin panas, dan mesin bisa bergerak dengan mulus. Untuk oli dengan kualitas terbaik pemakaiannya hanya dijangkau 2000 km saja dan bisa segera diganti. Oli juga bisa menghemat bahan bakar karena mampu menurunkan suhu panas pada mesin. Oli yang masih bagus akan berwarna bening kental dan sesuai warna saat dibuka. Tetapi, jika oli telah lama akan berwarna pekat hitam dan ada pengotor seperti debu. Penggantian oli ini bisa di bengkel biasa atau tempat service yang Anda percaya. Harga oli sendiri sangat tergantung dari mereknya, mulai dari Rp. 42 ribuan ke atas. Semakin mahal semakin bagus kualitasnya dan membuat mesin semakin terjaga suaranya

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x