Take a fresh look at your lifestyle.

4 Manfaat Sarung Tangan Saat Berkendara

0 8

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia otomotif, tentu telah mengetahui banyak tips otomotif, termasuk penggunaan dari berbagai perlengkapan mengemudi yang memiliki manfaat masing – masing. Salah satu perlengkapan mengemudi yang tak boleh Anda tinggalkan adalah sarung tangan. Meski banyak disepelekan dan hanya dianggap sebagai aksesoris belaka, namun benda kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat lho dan menjadi perlengkapan wajib Anda selama berkendara motor agar senantiasa aman dan nyaman saat di perjalanan. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai berbagai perlengkapan untuk tips berkendara yang aman, hingga berbagai manfaat penggunaan sarung tangan selama berkendara, di antaranya :
 

Perlengkapan Wajib Sebelum Mengemudi Motor dengan Aman

 

Perlengkapan Wajib Sebelum Mengemudi Motor dengan Aman
Photo by Harley-Davidson on Unsplash
 
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat sarung tangan pada saat berkendara, tentu ada baiknya bila Anda mengetahui lebih dulu mengenai berbagai perlengkapan berkendara yang seharusnya Anda gunakan saat Anda berkendara dengan menggunakan motor agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang digunakan, di antaranya :

  • Helm

Helm merupakan salah satu perlengkapan yang wajib untuk Anda gunakan saat berkendara dengan motor. Fungsinya sangat penting, yaitu untuk melindungi bagian kepala Anda. Jadi saat Anda terjatuh atau mungkin mengalami kecelakaan dan terbentur pada bagian kepala, masih ada helm yang menjadi proteksinya. Untuk jenis helm pun sebaiknya Anda menggunakan helm dengan standar nasional Indonesia (SNI). Helm – helm yang telah berstandar SNI tentunya telah teruji keamanan dan kenyamanannya untuk digunakan selama berkendara. Agar tetap aman, jangan lupa juga untuk tetap memasang tali pengikat helm agar helm tidak terlepas.

  • Jaket

Perlengkapan berkendara lainnya yang tak kalah penting adalah jaket. Salah satu fungsi dari penggunaan jaket saat naik motor adalah melindungi tubuh Anda saat terjatuh sehingga adanya goresan atau benturan tidak langsung terjadi pada permukaan tubuh Anda. selain itu, penggunaan jaket juga penting untuk melindungi tubuh Anda dari debu dan teriknya sinar matahari saat Anda perlu untuk berkendara di siang hari yang panas saat musim kemarau. Pada malam hari pun, jaket dapat membantu melindungi tubuh Anda dari terpaan angin malam dan cuaca dingin yang mungkin dapat membuat Anda masuk angin. Jadi, penting bagi Anda mengenakan jaket sebelum mengendarai motor.

  • Sepatu

Tentu masih sangat sering kita temui para pengendara motor yang masih mengenakan sandal. Padahal penggunaan sandal saat berkendara dapat meningkatkan risiko bahaya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para pengendara untuk mengenakan sepatu sebagai perlengkapan berkendaranya. Berkendara dengan menggunakan sepatu dianggap lebih aman karena sepatu melindungi seluruh bagian kaki sehingga meminimalisir terjadinya luka fatal saat terjatuh. Pemilihan jenis sepatu juga sebaiknya diperhatikan. Pilih sepatu yang memiliki alas yang tidak licin sehingga Anda dapat berkendara dengan nyaman.

  • Sarung tangan

Seperti halnya yang banyak diulas di berbagai artikel tips otomotif, perlengkapan lain saat berkendara yang seharusnya Anda gunakan adalah sarung tangan. Namun sayangnya, perlengkapan ini merupakan salah satu yang masih jarang digunakan oleh para pengendara motor. Padahal, sarung tangan ini penting digunakan saat berkendara. Selain mampu melindungi bagian pergelangan dan telapak tangan dari cuaca panas dan dingin, sarung tangan juga memiliki berbagai fungsi lain, termasuk meminimalisir terjadinya luka gores pada tangan. Dengan rutin menggunakan sarung tangan, meski sehari – hari berkendara naik motor, tentu Anda juga tak perlu khawatir tangan menjadi belang karena paparan sinar matahari, kan?

  • Celana panjang

Meski banyak pengendara motor yang masih menggunakan celana pendek, namun untuk alasan keamanan (safety), sangat dianjurkan bagi para pengendara untuk mengenakan celana panjang. Celana panjang mampu menutupi seluruh bagian kaki Anda, sehingga saat Anda terjatuh atau mengalami kecelakaan, bagian kaki Anda tidak mengalami luka yang fatal karena masih terlindung oleh celana panjang yang Anda kenakan. Selain itu, bila Anda berkendara dengan menggunakan motor, perlengkapan berupa celana panjang ini akan melindungi tubuh Anda dari hembusan angin malam yang dingin.
 

Manfaat Penggunaan Sarung Tangan

 

Manfaat Penggunaan Sarung Tangan
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Setelah mengulas berbagai perlengkapan yang wajib digunakan seperti yang banyak dibahas sebagai tips otomotif motor, perlu juga Anda ketahui manfaat penggunaan dari berbagai perlengkapan tersebut. Sarung tangan merupakan salah satu perlengkapan mengemudi motor yang masih seringkali diabaikan, padahal benda ini memiliki berbagai manfaat bagi Anda selama berkendara, di antaranya :

  • Mudah untuk Mengontrol Motor karena Daya Cengkeraman yang Pas

Manfaat pertama dari penggunaan sarung tangan saat Anda mengendarai motor adalah agar Anda dapat mengontrol motor Anda dengan lebih baik. Bila menggunakan tangan saja tanpa sarung tangan, seringkali Anda merasa kesulitan untuk mencengkram bagian setang motor dengan baik, seperti saat cuaca panas, basah, atau lembab sehingga cengkeraman seringkali tidak stabil. Oleh karena itu, Anda perlu untuk menggunakan sarung tangan ini. beberapa jenis sarung tangan yang banyak dijual bebas dipasaran ini dilengkapi dengan karet. Karet inilah yang memungkinkan Anda untuk dapat mencengkram bagian setang dan mengontrol motor Anda agar dapat berkendara dengan lebih stabil.

  • Untuk Keselamatan dan Menghindari Cedera 

Sarung tangan memang merupakan benda kecil yang seringkali terlupakan untuk digunakan sebelum Anda berkendara. Tetapi, sesuai dengan cara berkendara yang baik, tentu Anda harus taat menggunakan sarung tangan. Fungsi atau manfaat selanjutnya dari penggunaan sarung tangan adalah untuk keselamatan (safety). Saat berkendara, bukan tidak mungkin Anda dapat mengalami kecelakaan, entah hal tersebut akibat medan yang sulit atau Anda yang kurang siap siaga saat mengendarai motor Anda. penting untuk menggunakan sarung tangan selama berkendara, untuk mengurangi kemungkinan cedera pada bagian tangan yang mungkin terjadi saat Anda jatuh dari motor atau terlibat kecelakaan.

Saat terjadi kecelakaan atau benturan saat jatuh dari motor, bagian tangan akan secara refleks berusaha untuk melindungi bagian tubuh lainnya. Hal inilah yang menjadikan bagian tangan berpotensi mengalami luka atau cedera. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menggunakan sarung tangan saat berkendara naik motor, ya.

  • Melindungi Permukaan Tangan 

Mungkin banyak orang yang masih tidak menyadari bahwa gesekan konstan yang terjadi antara kulit dan setang yang terjadi selama berkendara motor ini berpotensi untuk menyebabkan luka atau lecet. Apalagi bila kulit Anda cenderung basah atau mudah berkeringat. Dengan menggunakan alat perlindungan diri (APD) berupa sarung tangan ini, Anda dapat mencegah kemungkinan tersebut terjadi. Tak hanya itu, gesekan – gesekan lain yang timbul karena getaran saat berkendara di permukaan yang tidak rata juga seringkali menimbulkan ketidaknyamanan. Dengan selalu menggunakan sarung tangan saat berkendara, tentu hal yang demikian dapat Anda minimalisir.

  • Pertahanan Dari Suhu Ekstrim

Selain memiliki fungsi perlindungan, ternyata manfaat sarung tangan saat berkendara lainnya adalah sebagai pertahanan dari suhu ekstrim. Saat Anda berkendara di cuaca dingin atau sedang hujan. Adanya perlindungan dari sarung tangan ini memungkinkan Anda untuk dapat mencengkram bagian setang yang dingin dengan nyaman dan menghindarkan Anda terserang hipotermia saat berada di daerah yang bersuhu rendah. Tak hanya berguna saat cuaca dingin, penggunaan sarung tangan juga penting Anda gunakan di musim panas atau kemarau. Dengan menggunakan sarung tangan saat berkendara, Anda akan memberikan proteksi pada kulit telapak tangan Anda sehingga tak terkena sengatan sinar matahari secara langsung.
 

Tips Lain yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara

 

 
Selain mengetahui berbagai manfaat sarung tangan serta perlengkapan berkendara lainnya, berikut adalah beberapa tips yang perlu pula untuk Anda perhatikan selagi Anda berkendara :

  • Periksa Kendaraan Anda

Hal penting pertama yang harus menjadi perhatian Anda sebelum berkendara adalah kondisi kendaraan Anda. sebaiknya luangkan waktu untuk memeriksa kondisi mesin, tekanan angin ban, hingga kecukupan bensin dan perlengkapan yang harus Anda kenakan saat berkendara. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan saat berkendara, misalnya motor mogok atau pun terjadinya kecelakaan.

  • Perhatikan Kecepatan Saat Berkendara

Tips otomotif lainnya yang perlu diperhatikan adalah kecepatan Anda saat berkendara. Sebaiknya Anda selalu menaati peraturan atau batas kecepatan maksimal yang diberlakukan pada lajur yang Anda lalui. Hal ini selain untuk menjaga keselamatan, juga untuk menyadari bahwa bukan hanya kita yang merupakan pengguna jalannya, melainkan ada pengendara lain yang juga memiliki hak yang sama untuk berkendara secara aman dan nyaman.

  • Sering Memeriksa Kaca Spion

Saat berkendara, agar Anda dapat berkendara dengan aman, Anda sebaiknya sering memeriksa kaca spion motor Anda. Kaca spion bukan hanya sebagai aksesoris motor, melainkan berfungsi untuk melihat kondisi yang ada di belakang kendaraan Anda, termasuk kendaraan lain yang ada di belakang Anda. kaca spion penting untuk Anda cek, apalagi saat Anda ingin menyeberang ke persimpangan atau berbelok. Selain menyalakan lampu sen, Anda perlu pula untuk memperhatikan spion untuk memastikan kondisi aman dan tepat untuk Anda berbelok atau menyeberang.

  • Jangan Memainkan Ponsel

Hal penting selanjutnya yang tak boleh Anda remehkan saat sedang berkendara adalah tetap fokus dan jangan berkendara sambil memainkan ponsel. Meski Anda sudah lihai dalam berkendara namun, melakukan 2 kegiatan dalam satu waktu akan memecahkan fokus Anda. dengan berkendara sambil mengoperasikan ponsel, fokus Anda saat menyetir akan berkurang dan bukan tidak mungkin hal ini dapat membuat Anda jatuh atau pun celaka. Oleh karena itu, bila memang Anda perlu untuk membuka atau mengoperasikan ponsel karena ada hal – hal mendesak, Anda lebih baik menepi dan menghentikan kendaraan Anda sementara. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan kembali perjalanan Anda dan menyimpan ponsel di saku atau tas hingga sampai di tempat tujuan.

  • Beristirahat Sejenak Bila Mengantuk

Tak hanya berlaku sebagai tips otomotif motor, hal ini berlaku juga bagi Anda yang berkendara dengan menggunakan mobil. Bila Anda berkendara dalam waktu yang relatif lama dan menempuh jarak jauh, selalu sempatkan untuk beristirahat sejenak. Selain menghilangkan penat yang ada, waktu istirahat juga dapat Anda gunakan untuk tidur sebentar. Berkendara dalam waktu yang lama biasanya menimbulkan kantuk. Jadi, pastikan Anda istirahat sejenak dan menghindari berkendara saat Anda mengantuk.
 
 

Apa Manfaat penggunaan sarung tangan?

• Mudah untuk mengontrol motor karena daya cengkeraman yang pas • Untuk keselamatan dan menghindari cedera • Melindungi permukaan tangan • Pertahanan dari suhu ekstrim

Apa yang perlu diperhatikan saat berkendara?

• Periksa kendaraan Anda • Perhatikan kecepatan saat berkendara • Sering memeriksa kaca spion • Jangan memainkan ponsel • Beristirahat sejenak bila mengantuk

Apa fungsi jaket pada saat berkendara motor?

Salah satu fungsi dari penggunaan jaket saat naik motor adalah melindungi tubuh Anda saat terjatuh sehingga adanya goresan atau benturan tidak langsung terjadi pada permukaan tubuh Anda. selain itu, penggunaan jaket juga penting untuk melindungi tubuh Anda dari debu dan teriknya sinar matahari saat Anda perlu untuk berkendara di siang hari yang panas saat musim kemarau. Pada malam hari pun, jaket dapat membantu melindungi tubuh Anda dari terpaan angin malam dan cuaca dingin yang mungkin dapat membuat Anda masuk angin. Jadi, penting bagi Anda mengenakan jaket sebelum mengendarai motor.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of