Take a fresh look at your lifestyle.

6 Posisi Menyetir yang Ideal, Supaya Tidak Mudah Lelah

0 7

Tips otomotif mobil – Melakukan perjalanan jarak jauh maupun dekat, tentunya membutuhkan beberapa persiapan. Selain dibutuhkan tubuh sehat dan kendaraan yang prima, cara Anda menyetir mobil juga penting diperhatikan guna mendukung kenyamanan Anda selama dalam perjalanan. Mengemudi mobil memang sangat membutuhkan kenyamanan agar tubuh tetap rileks dan nyaman saat mobil melewati berbagai medan jalan yang akan dilaluinya. Apalagi tak jarang pengendara mobil akan menempuh waktu perjalanan hingga berjam-jam untuk tiba ke tempat yang ditujunya. Menyetir mobil dalam waktu lama ini tentunya menimbulkan efek lelah dan pegal bagi pengemudinya.

Untuk itu, agar pengemudi tidak mudah lelah dan pegal saat mengendarai mobil, penting bagi pengemudi untuk memperhatikan posisi menyetir yang ideal. Dengan posisi menyetir yang tepat tentunya dapat membuat badan terhindar dari lelah maupun cedera serius. Sebenarnya posisi berkendara tidak hanya mempengaruhi kenyamanan Anda saat menyetir, namun juga sangat mempengaruhi kemampuan konsentrasi saat melakukan perjalanan. Oleh karena itu, menentukan posisi menyetir yang benar sangat penting dipertimbangkan agar Anda tidak mudah merasa lelah.

Bagi Anda yang ingin menentukan posisi menyetir yang ideal maka Anda harus senantiasa memperhatikan berbagai aspek keselamatan berkendara. Dengan memperhatikan beberapa aspek dalam berkendara tidak hanya berguna untuk menjaga keselamatan, namun juga dapat menjaga kenyamanan Anda saat berkendara. Perlu Anda ketahui, sebenarnya ada 6 aspek yang wajib diperhatikan oleh pengemudi saat mengatur posisi menyetirnya. Lantas, bagaimana posisi menyetir yang ideal agar tidak mudah lelah? Mari simak ulasan selengkapnya!
 

Posisi Jok

 

 
Tips mengemudi pertama yang penting Anda perhatikan ialah posisi jok mobilnya. Dalam mengatur posisi jok sebaiknya Anda mengatur tempat duduk jok yang sesuai dengan posisi badan yaitu tegak dan membentuk sudut 100 sampai 115 derajat. Posisi duduk yang satu ini terbilang sangatlah ideal supaya Anda bisa dengan mudah menekan pedal gas, kopling serta rem mobil. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan posisi punggung agar dapat bersandar dengan baik. Untuk mengatur posisi punggung yang baik maka Anda harus terlebih dahulu memastikan pengaturan ketinggian jok yang sesuai agar jarak pandang bisa lebih maksimal saat mengemudi.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan jika posisi duduk, tangan hingga kaki bisa dengan mudah Anda gerakkan secara leluasa. Pasalnya hal ini tidak hanya berguna untuk menentukan kenyamanan, namun juga keamanan Anda saat mengemudi. Apabila posisi semua bagian tubuh Anda tepat dan benar, tentunya Anda akan jauh lebih mudah melakukan berbagai gerakan yang tepat saat mobil melakukan manuver. Perlu diketahui, saat Anda dalam kondisi darurat dan sangat membutuhkan refleks cepat, tentunya tindakan yang tepat akan mudah Anda capai jika posisi duduk, tangan hingga kakinya juga benar dan tepat. Posisi jok ini sangat penting diperhatikan agar tubuh bisa senantiasa dalam posisi yang nyaman serta rileks.
 

Tubuh Bersandar Pada Jok

 
Apabila Anda sudah mengatur posisi jok yang sedemikian rupa dan nyaman bagi tubuh. Maka hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah penempatan tubuh pada sandaran jok mobilnya. Usahakan agar Anda bisa menempatkan tubuh yang menempel dengan rapat pada bagian jok mobil. Hal ini penting diperhatikan agar Anda bisa memperoleh feel saat bodi mobil mulai bergerak. Dengan memperhatikan posisi sandaran pada jok ini juga tidak akan membuat Anda merasa cepat lelah ataupun pegal. Oleh karena itu, penting bagi Anda memperhatikan posisi tubuh pada sandaran jok, sehingga Anda tidak mudah merasa lelah meskipun sedang menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh dan juga membutuhkan waktu yang lama dalam perjalanan.
 

Posisi Sandaran Kepala

 

 

Selain memperhatikan posisi jok, Anda juga harus memperhatikan posisi sandaran kepala. Apabila Anda ingin memberikan kenyaman pada tubuh, usahakan posisi sandaran kepala disejajarkan dengan posisi belakang kepala pengemudi saat sedang duduk. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari posisi mengemudi yang salah seperti tiduran ataupun kepala yang disarankan pada sandaran kepala tersebut. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memastikan posisi kepala pengemudi tetap tegak yang ditopang dengan sandaran kepala di bagian kursinya.

Hal ini penting diperhatikan agar konsentrasi dan pandangan pengemudi saat berkendara bisa tetap ke arah depan dan tidak terganggu. Apabila Anda menginginkan posisi kepala agar selalu tegak dana nyaman di waktu bersamaan maka disarankan agar Anda menggunakan bantalan penyangga leher ataupun tengkuk. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa menyangga kepala leher tetap dalam keadaan nyaman, namun juga dapat menjadi penyangga kepala bagian belakang saat terjadi guncangkan maupun benturan keras. Oleh karena itu, pastikan bagian kepala belakang Anda bisa terlindungi dengan sempurna oleh sandaran kepala atau headrest, sehingga benturan pada kepala bisa diminimalisirkan dengan sempurna.
 

Posisi Setir dan Tangan Pada Setir

 

 
Mengatur posisi setir memang termasuk salah satu tips otomotif dalam berkendara yang sangat penting diperhatikan. Untuk itu, pastikan Anda mengatur posisi setir yang sesuai dengan rasa nyaman. Meskipun tidak ada aturan tertulis ataupun lisan mengenai posisi tinggi rendah ataupun maju dan mundur setir mobil. Namun Anda harus tetap memastikan cara mencengkeram setirnya yang tepat. Sebaiknya saat Anda mengemudi pastikan posisi ibu jari tetap berada di luar yang sejajar di atas lingkar setir dengan di arahkan ke atas. Sementara untuk keempat jari lainnya bisa Anda gunakan untuk mencengkeram lingkar setir.

Penempatan ibu jari seperti ini sangat penting diperhatikan agar Anda bisa lebih mudah menghindari berbagai risiko fatal yang mungkin saja terjadi saat mobil melakukan manuver. Biasanya saat mobil berputar arah, menikung maupun berputar di jalanan yang melingkar, maka lingkar setir yang diputar hingga habis dapat kembali dengan cepat saat tarikan setirnya Anda lepas. Hal ini memang memungkinkan tangan Anda akan ikut terpelintir saat roda kembali ke posisi semula dengan putaran yang cepat.

Selain memperhatikan penempatan ibu jari dengan benar, Anda juga harus memperhatikan penempatan tangannya. Pastikan Anda menempatkan tangan kiri di posisi angka sembilan dan tangan kanan berada di angka tiga pada jarum jam. Atur juga posisi kedua siku tangan milik Anda agar sedikit menekuk, namun pastikan juga Anda tetap tidak kesulitan saat melakukan gerakan. Meskipun hal ini cukup penting di pertimbangkan, Anda juga harus tetap memastikan tangan berada di setir dengan sempurna dan tanpa kesulitan apapun. Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman dan tidak kesulitan bergerak dengan leluasa saat harus menggerakkan setir mobil.
 

Posisi Spion dan Sabuk Pengaman

 

 
Apabila Anda ingin mengemudi dengan nyaman dan tidak mudah lelah, maka tidak akan cukup jika Anda hanya memperhatikan posisi duduk dan posisi mengemudi pada setir saja. Namun Anda juga harus memperhatikan posisi spion. Perlu diketahui, dalam mengemudi mobil memperhatikan posisi spion memang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, jika Anda mengatur posisi spion yang tepat dan benar maka hal tersebut dapat membuat Anda lebih mudah mengetahui berbagai informasi mengenai kondisi belakang mobil yang Anda kemudikan.

Maka dari itu, penting bagi Anda mengatur posisi spion mobil, baik itu spion di luar maupun yang ada di dalam mobil. Pastikan Anda mengatur posisi spion yang sesuai dengan posisi duduk, agar Anda bisa dengan mudah mengetahui kondisi belakang mobilnya. Berbicara mengenai ukuran posisi optimal spion tentunya harus disesuaikan agar Anda bisa melihat seluruh bagian ujung belakang ataupun bagasi mobil, serta secara bersamaan bersamaan Anda juga bisa melihat gerakan kendaraan lainnya, khususnya kendaraan yang berada di belakang mobil yang Anda kendarai. Selain memperhatikan posisi spion mobil, Anda juga harus membersihkan kaca spion dari berbagai kotoran, sehingga tidak mengganggu jarak pandang Anda.

Hal lainnya yang dapat menjadi penunjang kenyamanan Anda saat mengendarai mobil ialah posisi sabuk pengaman yang tepat. Memperhatikan ukuran ketepatan posisi sabuk pengaman sangat penting di pertimbangkan, oleh karena itu pastikan peranti sabuk pengaman tersebut tidak terlalu menekan bagian tubuh, namun juga tidak terlalu longgar. Pada tahapan ini, Anda bisa memperkirakan sendiri penggunaan sabuk pengaman yang tepat, supaya bisa menahan tubuh Anda ketika terjadi benturan ataupun guncangan hebat saat mengendarai mobil. Dengan tubuh yang tertahan pada sabuk pengaman tersebut tentunya tubuh Anda bisa terhindar dari benturan lingkar setir ataupun kemudi saat berkendara.
 

Posisi Kaki

 

 
Terakhir mengatur posisi kaki yang tepat dan sesuai. Untuk mengatur posisi kaki, Anda harus membuatnya senyaman mungkin dan hindari terlalu menekuk kaki karena dapat membuat pengemudinya mudah pegal. Meskipun begitu, pastikan Anda jangan terlalu menekuk kaki, namun jangan sampai terlalu lurus juga. Pada saat mengatur posisi kaki, Anda juga harus menginjak pedal di seluruh posisi kaki. Hal ini berguna supaya Anda bisa menginjak pedal mobil tidak terlalu jauh dan Anda pun tetap merasa nyaman. Perlu diketahui, besarnya sudut posisi kaki yang paling tepat ialah antara paha dengan betis yang membentuk sudut 110-120 derajat.

Dengan posisi kaki tersebut tentunya dapat memungkinkan kaki Anda bisa lebih leluasa melakukan berbagai gerakan dengan bebas dan cepat. Selain itu, memastikan posisi badan, tangan hingga kaki yang leluasa bergerak dengan cepat juga dapat membuat tubuh Anda tidak mudah lelah maupun pegal. Perlu Anda ketahui, menjaga kebugaran badan memang sangat penting, sebab jika posisi badan tidak mendukung tentunya pikiran Anda akan lebih cepat terpengaruh dan akhirnya membuat konsentrasi Anda menjadi menurun. Nah, jika konsentrasi Anda menjadi terganggu tentunya akan berbahaya saat Anda mengemudi mobil.

Itulah beberapa cara menyetir yang baik dan tentunya bisa Anda terapkan agar tidak mudah lelah dan juga pegal saat berkendara. Dengan memperhatikan beberapa posisi menyetir diatas tentunya dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan rileks saat mengendarai mobil. Pada dasarnya, mengetahui posisi menyetir yang tepat dan benar memang sangat penting agar Anda bisa menyetir mobil dalam waktu lama dan dengan jarak perjalanan yang jauh. Demikianlah, semoga beberapa ulasan diatas dapat berguna dan menjadi panduan bacaan tambahan bagi Anda semua yang ingin mengetahui posisi menyetir nyaman dan tidak melelahkan.
 
 

Seperti apakah Posisi Jok dalam berkendara mobil yang benar?

Dalam mengatur posisi jok sebaiknya Anda mengatur tempat duduk jok yang sesuai dengan posisi badan yaitu tegak dan membentuk sudut 100 sampai 115 derajat. Posisi duduk yang satu ini terbilang sangatlah ideal supaya Anda bisa dengan mudah menekan pedal gas, kopling serta rem mobil. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan posisi punggung agar dapat bersandar dengan baik. Untuk mengatur posisi punggung yang baik maka Anda harus terlebih dahulu memastikan pengaturan ketinggian jok yang sesuai agar jarak pandang bisa lebih maksimal saat mengemudi. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan jika posisi duduk, tangan hingga kaki bisa dengan mudah Anda gerakkan secara leluasa. Pasalnya hal ini tidak hanya berguna untuk menentukan kenyamanan, namun juga keamanan Anda saat mengemudi. Apabila posisi semua bagian tubuh Anda tepat dan benar, tentunya Anda akan jauh lebih mudah melakukan berbagai gerakan yang tepat saat mobil melakukan manuver. Perlu diketahui, saat Anda dalam kondisi darurat dan sangat membutuhkan refleks cepat, tentunya tindakan yang tepat akan mudah Anda capai jika posisi duduk, tangan hingga kakinya juga benar dan tepat. Posisi jok ini sangat penting diperhatikan agar tubuh bisa senantiasa dalam posisi yang nyaman serta rileks.

Seperti apakah Posisi Setir Dan Tangan Pada Setir dalam berkendara mobil yang benar?

Mengatur posisi setir memang termasuk salah satu tips otomotif dalam berkendara yang sangat penting diperhatikan. Untuk itu, pastikan Anda mengatur posisi setir yang sesuai dengan rasa nyaman. Meskipun tidak ada aturan tertulis ataupun lisan mengenai posisi tinggi rendah ataupun maju dan mundur setir mobil. Namun Anda harus tetap memastikan cara mencengkeram setirnya yang tepat. Sebaiknya saat Anda mengemudi pastikan posisi ibu jari tetap berada di luar yang sejajar di atas lingkar setir dengan di arahkan ke atas. Sementara untuk keempat jari lainnya bisa Anda gunakan untuk mencengkeram lingkar setir. Penempatan ibu jari seperti ini sangat penting diperhatikan agar Anda bisa lebih mudah menghindari berbagai risiko fatal yang mungkin saja terjadi saat mobil melakukan manuver. Biasanya saat mobil berputar arah, menikung maupun berputar di jalanan yang melingkar, maka lingkar setir yang diputar hingga habis dapat kembali dengan cepat saat tarikan setirnya Anda lepas. Hal ini memang memungkinkan tangan Anda akan ikut terpelintir saat roda kembali ke posisi semula dengan putaran yang cepat. Selain memperhatikan penempatan ibu jari dengan benar, Anda juga harus memperhatikan penempatan tangannya. Pastikan Anda menempatkan tangan kiri di posisi angka sembilan dan tangan kanan berada di angka tiga pada jarum jam. Atur juga posisi kedua siku tangan milik Anda agar sedikit menekuk, namun pastikan juga Anda tetap tidak kesulitan saat melakukan gerakan. Meskipun hal ini cukup penting di pertimbangkan, Anda juga harus tetap memastikan tangan berada di setir dengan sempurna dan tanpa kesulitan apapun. Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman dan tidak kesulitan bergerak dengan leluasa saat harus menggerakkan setir mobil.

Seperti apakah Posisi Spion Dan Sabuk Pengaman dalam berkendara mobil yang benar?

Apabila Anda ingin mengemudi dengan nyaman dan tidak mudah lelah, maka tidak akan cukup jika Anda hanya memperhatikan posisi duduk dan posisi mengemudi pada setir saja. Namun Anda juga harus memperhatikan posisi spion. Perlu diketahui, dalam mengemudi mobil memperhatikan posisi spion memang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya, jika Anda mengatur posisi spion yang tepat dan benar maka hal tersebut dapat membuat Anda lebih mudah mengetahui berbagai informasi mengenai kondisi belakang mobil yang Anda kemudikan. Maka dari itu, penting bagi Anda mengatur posisi spion mobil, baik itu spion di luar maupun yang ada di dalam mobil. Pastikan Anda mengatur posisi spion yang sesuai dengan posisi duduk, agar Anda bisa dengan mudah mengetahui kondisi belakang mobilnya. Berbicara mengenai ukuran posisi optimal spion tentunya harus disesuaikan agar Anda bisa melihat seluruh bagian ujung belakang ataupun bagasi mobil, serta secara bersamaan bersamaan Anda juga bisa melihat gerakan kendaraan lainnya, khususnya kendaraan yang berada di belakang mobil yang Anda kendarai. Selain memperhatikan posisi spion mobil, Anda juga harus membersihkan kaca spion dari berbagai kotoran, sehingga tidak mengganggu jarak pandang Anda. Hal lainnya yang dapat menjadi penunjang kenyamanan Anda saat mengendarai mobil ialah posisi sabuk pengaman yang tepat. Memperhatikan ukuran ketepatan posisi sabuk pengaman sangat penting di pertimbangkan, oleh karena itu pastikan peranti sabuk pengaman tersebut tidak terlalu menekan bagian tubuh, namun juga tidak terlalu longgar. Pada tahapan ini, Anda bisa memperkirakan sendiri penggunaan sabuk pengaman yang tepat, supaya bisa menahan tubuh Anda ketika terjadi benturan ataupun guncangan hebat saat mengendarai mobil. Dengan tubuh yang tertahan pada sabuk pengaman tersebut tentunya tubuh Anda bisa terhindar dari benturan lingkar setir ataupun kemudi saat berkendara.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of