Take a fresh look at your lifestyle.

3 Fitur Mobil yang Buat Lebih Irit Bahan Bakar

0 7

Keberadaan mobil menjadi kendaraan yang penting bagi sebagian orang. Semakin berkembangnya zaman, mobil pun terus mengalami kemajuan dari berbagai aspek yang mendukung keamanan, kenyamanan, dan kecanggihan dari mobil tersebut. Salah satunya adalah untuk bisa lebih mengefisienkan bahan bakar yang digunakan. Sehingga bisa membantu pengemudi untuk lebih menghemat bensin. Terutama, bagi Anda yang di dalam beraktivitas sehari-hari selalu melibatkan kendaraan roda empat ini. Dengan begitu menjadi penting untuk bisa mengelola bensin tersebut agar tidak boros.

Keuntungan Menghemat Bahan Bakar

 

Keuntungan Menghemat Bahan Bakar
Photo by chuttersnap on Unsplash

Menggunakan kendaraan untuk bepergian adalah hal yang menyenangkan. Namun, Anda juga perlu memperhatikan akan penggunaan bensin pada kendaraan tersebut. Di mana penting sekali untuk bisa mengaplikasikan hemat bensin saat berkendara atau yang disebut dengan eco driving. Karena upaya ini cukup memberikan Anda banyak keuntungan. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan?

1. Menghemat Pengeluaran

Dengan menghemat bensin, otomatis Anda juga menghemat pengeluaran. Dan disinilah Anda lebih bisa mengontrol penggunaan bensin mobil Anda.

2. Lebih Ramah Lingkungan

Saat ini sudah semakin banyak yang menggunakan kendaraan. Dan karena itulah kondisi lingkungan menjadi terancam akan hadirnya gas-gas beracun yang dihasilkan oleh kendaraan. Dengan menghemat penggunaan bensin ini lah menjadi bagian dari peran Anda untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi polusi.

3. Cadangan Bahan Bakar Terjaga

Diketahui bahwa bensin merupakan hal langka yang membutuhkan waktu tidak sebentar untuk mengembalikan cadangannya. Oleh karena itu, upaya penghematan akan bisa untuk menjaga agar cadangan minyak bumi tetap dalam kondisi yang aman.

Apa yang Menyebabkan Mobil Anda Boros Bensin?

 

Hal-hal yang bisa menyebabkan mobil Anda lebih boros untuk menghabiskan bensin dan jarang untuk disadari oleh sebagian orang adalah sebagai berikut.

1. Terjadi Kebocoran Pada Knalpot

Ketika knalpot mobil Anda mengalami kebocoran, otomatis gas buang yang dikeluarkan akan semakin lancar. Ketika itulah, mesin mobil juga akan menggunakan bensin dalam jumlah yang banyak dibandingkan ketika dalam kondisi knalpot normal. Oleh karena itu, berhati-hatilah. Karena selain bisa menciptakan suara yang berbeda ketika knalpot bocor, dari sisi keborosan bensin pun juga akan Anda alami.

2. Rem yang Mengalami Kemacetan

Bensin mobil Anda akan mengalami pemborosan saat situasi rem mobil dalam kondisi macet. Kemacetan tersebut dikarenakan pada rem mobil terdapat karat dan secara otomatis piston tidak berfungsi dengan baik. Piston tersebut akhirnya tidak bisa ke posisi sebelumnya ketika Anda menginjak rem. Dan saat itu lah kampas dan cakram akan saling bergesekan dan membuat roda tidak bisa berputar dengan lancar.

3. Filter Udara yang Kotor

Keberadaan filter udara di mobil difungsikan sebagai penyaring kotoran. Namun, jika lama-kelamaan filter udara mobil tidak sering dibersihkan, yang terjadi kotoran-kotoran tersebut akan menumpuk dan kemudian menyumbat terjadinya proses aliran udara untuk masuk ke mesin. Ketika hal tersebut terjadi, maka mobil Anda akan semakin bekerja keras untuk bisa mengoperasikan mesin. Dalam situasi ini, mobil Anda akan membutuhkan bensin dalam jumlah yang banyak.

4. Kurang Angin Pada Ban

Ban yang kurang angin akan menjadi masalah tersendiri bagi bensin Anda. Di mana mesin mobil akan bekerja keras dan Anda pun harus memberikan penekanan yang lebih pada gas mobil. Saat itu lah, bensin akan terpakai dalam jumlah yang banyak. Sehingga, perhatikan selalu kondisi ban mobil Anda agar tidak kekurangan angin. Jika kurang angin, segera lakukan pengisian untuk bisa lebih menghemat bensin.

5. Tidak Mengontrol AC dengan Baik

Saat mengendarai mobil pada siang hari, tentu Anda akan sangat membutuhkan AC untuk bisa mengusir hawa panas. Namun, menghidupkan AC yang maksimal dan menggunakannya untuk waktu yang lama bisa membuat bensin Anda boros. Oleh karena itu, Anda perlu untuk bisa mengontrol AC mobil Anda.

3 Fitur Mobil Untuk Menghemat Bahan Bakar

 

Mobil semakin hari semakin terlihat jelas kecanggihannya. Tidak hanya dari segi bentuk yang unik dan menarik, namun juga dari sisi agar lebih hemat bahan bakar. Karena di dalam berkendara tanpa adanya bensin, maka mobil Anda tidak akan beroperasi. Sedangkan mobil menjadi kendaraan yang sangat dibutuhkan untuk bisa menunjang aktivitas Anda sehari-hari, baik untuk bekerja atau menghadiri acara. Sehingga keberadaan bensin akan selalu dibutuhkan oleh siapa saja dan kapan saja. Keberadaan mobil dengan fitur-fitur yang bisa menghemat bensin ini semakin banyak diburu. Berikut merupakan tiga fitur yang disediakan di mobil untuk bisa mendukung Anda dalam menghemat bensin.

1. Fitur Cruise Control

Cruise Control berfungsi untuk mendukung adanya keefisienan dalam penggunaan bensin. Di mana mobil bisa melaju dengan konstan walaupun pengemudi tidak memberikan tekanan pada pedal gas. Fitur ini diletakkan pada tempat yang strategis dan sangat mudah untuk dijangkau pengemudi, yakni pada bagian lingkar kemudi. Namun, diketahui bahwa baru mobil-mobil tertentu saja yang menggunakan fitur Cruise Control ini.

Fitur ini akan sangat cocok ketika Anda membawa mobil di jalan tol, yakni sebagai jalan yang bebas hambatan dikarenakan pengemudi perlu untuk membawa mobil ini dalam kecepatan tertentu saja. Sedangkan dari sisi bensin, Anda bisa lebih menghemat karena stabilnya putaran mesin yang diatur oleh ECU dengan seminimal mungkin. Sehingga penggunaan bensin pun lebih bisa ditekan.

Mobil-mobil yang menyediakan fitur Cruise Control ini seperti, Honda Jazz yang memiliki dua pilihan model Cruise Control berupa manual 5-speed dan Continuously Variable Transmission (CVT), mobil HR-V tipe E CVT, Mitsubishi Xpander tipe ultimate A/T, Suzuki S-Cross, DFSK Glory 580 dengan tipe luxury 1.5T CVT, Hyundai Kona, dan Chevrolet Trax.

2. Fitur Eco Indicator

Fitur Eco Indicator ini berfungsi untuk bisa melakukan deteksi pada pengoperasian transmisi otomatis. Anda bisa mengetahui dengan adanya lampu berwarna hijau yang menyala pada Multi Information Display (MID). Ketika Anda sudah mengetahui bahwa lampu ini menyala, maka hal tersebut menandakan cara Anda berkendara sudah dalam hemat bahan bakar.

Aktifnya fitur ini berada pada putaran mesin dalam 1.500 hingga 3.000 RPM yang berarti putaran dari mesin tersebut tidaklah tinggi dan juga konstan. Semakin lama lampu berwarna hijau tersebut menyala, maka bensin yang Anda gunakan pun akan lebih hemat sebesar 4%. Dan jika Anda memberikan penekanan yang lembut pada gas, maka lampu ECO akan tetap hidup.

Mobil-mobil yang menggunakan fitur Eco Indicator ini sudah terbilang banyak. Misalnya saja seperti mobil Honda New Mobilio, Toyota Agya, Toyota Innova, dan Daihatsu Ayla.

3. Fitur Auto Start-Stop

Fitur Auto Start-Stop ini biasanya dikenal dengan nama idle stop yang memiliki fungsi untuk meningkatkan efisiensi dari penggunaan bensin saat mesin stasioner dalam waktu tertentu. Fitur ini memungkinkan untuk mematikan mesin saat mobil Anda sedang berhenti sebentar, misalnya ketika sedang macet maupun ketika sedang menunggu lampu merah. Karena ketika macet padat, di mana mobil Anda pun sulit untuk bergerak, sedangkan bensin akan terus berkurang. Sehingga disinilah peran dari fitur Auto Start-Stop. Proses reduksi dalam upaya menghemat bensin pada mobil ini sekitar 5 hingga 14% yang juga disertai dengan emisi gas buang.

Sehingga sekaligus menjadi upaya untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan. Sayangnya, kelemahan terletak pada aki mobil Anda yang daya tahannya menjadi lebih berat. Sehingga, untuk mobil-mobil yang menggunakan fitur Audio Start-Stop ini disediakan aki yang berbeda. Tidak hanya bisa untuk menghemat bensin pada mobil Anda, fitur ini pun akan membantu Anda untuk bisa lebih cepat di dalam menghidupkan mobil.

Cara Merawat Tangki Bahan Bakar Mobil

 

Tips otomotif yang satu ini perlu untuk Anda ketahui. Di mana ketika mobil Anda sudah memiliki fitur-fitur canggih yang bisa berfungsi untuk menghemat penggunaan bensin, namun selain itu Anda juga perlu untuk memperhatikan tangki tempat menyimpan bensin. Karena perawatan tangki yang Anda lakukan akan berpengaruh pada performa mobil Anda. Diketahui bersama bahwa ketika mobil mengalami kerusakan, maka biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbaikinya tidaklah murah. Sehingga, perawatan menjadi hal yang sangat penting.

Tangki bensin yang dalam jangka waktu lama luput dari perhatian Anda bisa berakibat fatal, di mana tangki bisa mengalami karatan dan membuat kondisi tangki semakin keropos. Lalu, bagaimana sebaiknya untuk bisa merawat tangki bensin mobil Anda agar tetap dalam kondisi yang baik?

1. Menguras Tangki Secara Rutin

Upaya ini harus Anda lakukan secara rutin agar tangki bensin mobil Anda tetap dalam kondisi bersih. Dalam melakukan pengurasan, otomatis juga bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih dini jika ditemui adanya kerusakan atau karat yang terjadi di tangki. Dengan begitu, Anda bisa segera membenahinya ketika diketahui adanya kerusakan dan tidak membiarkan terlalu lama yang bisa berakibat pada bocornya tangki bensin. Hal tersebut akan lebih berbahaya untuk Anda yang sedang mengemudi dengan mobil tersebut. Jadi, jangan lupa untuk menguras tangki bensin mobil Anda agar mobil senantiasa sehat.

2. Jaga Agar Bahan Bakar Tetap Tersedia

Bensin yang sampai habis pada mobil bisa berdampak buruk pada mobil Anda sendiri. Mesin Anda akan diserang begitu pun dengan tangki bensinnya. Karena ketahanlamaan dari tangki bensin ini juga dipengaruhi dari adanya bensin tersebut. Sehingga, usahakan sebelum bepergian untuk melakukan pengecekan bensin terlebih dahulu. Agar Anda tidak mengalami hambatan di tengah perjalanan.

3. Hindari Mematikan Mesin Terlalu Lama

Memanaskan mobil merupakan salah satu dari merawat tangki bensin tetap dalam kondisi yang baik. Walaupun Anda sedang tidak beraktivitas dengan menggunakan mobil, usahakan untuk menghidupkan mobil Anda sejenak agar panas. Jadi, jangan sampai membiarkan mobil Anda terparkir di garasi rumah tanpa dipanaskan dan mesin Anda dingin dalam waktu yang lama.

Sebagai hal yang sangat penting, penggunaan bensin harus bisa Anda kelola dengan baik. Artikel tips otomotif yang Anda jumpai akan sangat membantu untuk menjadi pedoman bagi Anda agar dapat memperlakukan mobil dengan baik. Begitupun kehadiran dari fitur-fitur yang bisa untuk menghemat bensin mobil Anda. Tentu akan sangat membantu, baik dari sisi finansial maupun juga dampaknya untuk lingkungan.

Apa Keuntungan Menghemat Bahan Bakar?

1. Menghemat Pengeluaran 2. Lebih Ramah Lingkungan 3. Cadangan Bahan Bakar Terjaga

Apa Yang Menyebabkan Mobil Anda Boros Bensin?

1. Terjadi Kebocoran Pada Knalpot 2. Rem Yang Mengalami Kemacetan 3. Filter Udara Yang Kotor 4. Kurang Angin Pada Ban 5. Tidak Mengontrol AC Dengan Baik

Sebutkan 3 Fitur Mobil Untuk Menghemat Bahan Bakar!

1. Fitur Cruise Control 2. Fitur Eco Indicator 3. Fitur Auto Start-Stop

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x