Take a fresh look at your lifestyle.

Wajib Tahu! 4 Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

0 0

Banyak siswa SMA/sederajat yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa luar negeri namun bingung bagaimana caranya. Tentunya beasiswa adalah impian dan tantangan bagi kebanyakan orang yang ingin kuliah di luar negeri. Mengapa demikian? Karena Anda harus bersaing dengan ratusan atau ribuan mahasiswa lain dan Anda harus berjuang keras untuk mendapatkan beasiswa.

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa Luar Negeri - Wartawan.idPhoto by Sangga Rima Roman Selia on Unsplash

1. Miliki Nilai atau Prestasi yang Baik

Prestasi akademik adalah salah satu hal penting yang dapat membantu Anda mendapatkan beasiswa Luar Negeri. Hal ini terlihat dari banyaknya penyedia beasiswa mahasiswa internasional yang menuntut prestasi akademik. Oleh karena itu, persiapkanlah prestasi akademik yang tinggi sesegera mungkin. Apalagi jika Anda masih duduk di bangku kelas satu sekolah menengah pertama.

Ada dua cara untuk mencapai prestasi akademik. Itu berarti selalu mendapatkan nilai tinggi di kelas, atau memenangkan kompetisi akademik seperti berpartisipasi dalam kompetisi akademik, ujian atau Olimpiade.

2. Tentukan Jurusan dan Kampus Impian

Jika Anda memutuskan untuk mengajukan beasiswa luar negeri, tentu saja Anda harus menentukan pilihan berdasarkan bidang spesialisasi yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Pilih jurusan yang tepat dan jangan biarkan hal itu mengalihkan perhatian Anda. Karena sangat berisiko yang dapat menimbulkan beberapa masalah di kemudian hari.

Selain memilih jurusan, Anda harus memikirkan untuk memilih universitas. Setiap fakultas dan universitas sendiri dihargai di dunia pendidikan internasional. Peringkat fakultas-fakultas ini pasti akan berbeda dengan pemeringkatan universitas karena mereka semua memiliki kriteria yang berbeda. Pikirkan dua hal ini sebelum memilih perguruan tinggi untuk belajar nanti.

3. Cari Informasi

Jangan sungkan atau malu bertanya jika Anda ingin mendaftar kuliah dan beasiswa luar negeri. Tanya dengan orang yang tepat. Anda juga dapat bertanya dengan teman, pihak kampus atau sekolah seperti dosen atau pun guru. Manfaatkan juga internet  dengan baik untuk mencari informasi tentang kampus tersebut dan program beasiswanya.

4. Ikuti Bimbingan Beasiswa

Jika Anda berminat dan ingin kuliah ke luar negeri dengan beasiswa, tentunya mengikuti bimbingan beasiswa luar negeri akan sangat membantu Anda untuk mewujudkan impian tersebut. Salah satu penyedia bimbingan beasiswa luar negeri terbaik yang bisa dipilih adalah Schoters.

Anda tidak perlu ragu untuk gabung dan mengikuti bimbing beasiswa keluar negeri. Karena Anda akan dibimbing dengan mentor yang berkualitas juga berpengalaman mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri sehingga siap membimbing kamu untuk mempersiapkan segala persyaratan beasiswa.

 

Langkah-Langkah Persiapan IELTS TOEFL 

Persiapan IELTS TOEFL - Wartawan.id

Photo by Vasily Koloda on Unsplash

1. Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa juga menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa. Biasanya bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang diperlukan seperti TOEFL, IELTS, atau PTE. Persiapan IELTS TOEFL, atau PTE bisa Anda lakukan dengan mengikuti les atau kursus.

Skor minimal sertifikasi sendiri tergantung pada universitas juga jurusan yang Anda tuju. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memahami jurusan yang Anda tuju serta persyaratan apa saja yang diminta agar persiapan Anda lebih matang.

2. Buat Motivation Letter yang Menarik

Selain melakukan persiapan IELTS TOEFL, salah satu persyaratan yang selalu dibutuhkan dalam aplikasi beasiswa adalah Motivation Letter. Ketika membuat motivation letter hindari kata-kata yang sering kita dengar seperti “Saya ingin mempelajari budaya baru” dan lain sebagainya.

Kamu bisa menceritakan beberapa fakta seperti misalnya kamu jatuh cinta dengan drama Korea atau kamu mempunyai teman online orang Korea yang sering bercerita tentang keindahan negaranya sehingga membuat kamu tertarik untuk belajar di negara tersebut dan ingin bisa paham dan mengerti bahasanya. Beberapa fakta-fakta pendukung lainnya juga dapat Anda sebutkan agar membuktikan bahwa Anda memang punya keinginan dan yang kuat untuk melanjutkan kuliah di negara tersebut.

3. Siapkan CV

Setelah persiapan IELTS TOEFL dan membuat motivation letter, sebuah CV atau resume juga diperlukan bagi Anda untuk mengajukan beasiswa dan melanjutkan studi. CV atau resume ini berfungsi sebagai strategi pemasaran dengan tujuan yang sama memberikan pengalaman, kualitas dan informasi pendidikan, serta presentasi profesional. Jadi Anda perlu menulis CV atau resume yang membedakannya dari kandidat lainnya.

CV atau resume yang ditulis dengan baik dan terkini untuk mengajukan beasiswa dapat membantu Anda mendapatkan beasiswa. Anda mungkin tidak memiliki banyak pengalaman, tetapi dapat membuat resume yang up-to-date, terstruktur, jujur dan akurat. Juga, CV/resume akademik seperti ini berbeda dari resume lamaran kerja pada umumnya. CV atau resume beasiswa biasanya menjelaskan informasi tentang pelamar, seperti tujuan karir, prestasi, dan kualifikasi akademik, serta informasi penting lainnya.

4. Surat Rekomendasi

Cara mendapatkan beasiswa luar negeri selanjutnya adalah dengan menyiapkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi dianggap memainkan peran penting dalam proses beasiswa. Ini karena surat tersebut menyatakan bahwa Anda memenuhi syarat untuk menerima beasiswa dari institusi yang memberikan beasiswa. Mintalah surat rekomendasi dari guru, tutor atau wali kelas Anda.

 

Baca juga : 11 Keuntungan Jika Kamu Mengikuti Program Magang di Kandidat.id

Apa saja tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri?

Memiliki nilai atau prestasi yang baik, tentukan jurusan dan kampus impian yang dituju, cari informasi mengenai program beasiswa kampus yang dituju, ikuti bimbingan beasiswa

Hal-hal apa saja yang perlu di persiapkan ketika mendaftar beasiswa?

Kemampuan bahasa, Buat Motivation Letter yang Menarik, siapkan CV/resume, buat surat rekomendasi

Mengapa CV perlu dalam mengajukan beasiswa?

Karena CV berfungsi sebagai strategi pemasaran dengan tujuan yang sama memberikan pengalaman, kualitas dan informasi pendidikan, serta presentasi profesional. Jadi Anda perlu menulis CV/resume yang membedakannya dari kandidat lainnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments