Take a fresh look at your lifestyle.

Rekomendasi 7 Payment Gateway di Indonesia, Finpay Salah Satunya

0 0

Bagi Anda yang sering berbelanja di e-commerce, tentu tak asing lagi dengan istilah Payment Gateway. Proses pembayaran aneka cara yang terhubung satu pintu dan lebih memudahkan. Payment gateway Indonesia sendiri saat ini berkembang cukup pesat dan semakin tumbuh.

Sederhananya begini, saat ini ketika Anda berbelanja di sebuah toko e-commerce, akan muncul tawaran berbagai jenis pilihan metode pembayaran. Inilah sistem payment gateway yang lebih memudahkan banyak orang. Baik pembeli maupun penjual, semuanya mendapat keuntungan.

Apa itu Payment Gateway dan Bagaimana Prosesnya?

Payment Gateway adalah proses pembayaran dengan pilihan beberapa metode yang terhubung satu pintu untuk memudahkan transaksi belanja online.

Prosesnya melibatkan pihak pembeli, pemilik toko online, penyedia payment gateway, dan bank terkait. Proses tersebut meliputi:

  • Pembeli memilih barang, melakukan check out ke keranjang belanja.
  • Pihak penyedia payment gateway melanjutkan informasi ke bagian prosesor pembayaran bank yang tersedia.
  • Bank akan menerima permintaan lalu mengirimkan balasan ke bagian prosesor menggunakan kode khusus. Apakah transfer berhasil atau gagal.
  • Prosesor pembayaran selanjutnya akan mengirimkan informasi ke payment gateway lalu berlanjut ke website dan pemegang kartu pembayaran.

Tahukah Anda, walaupun terlihat cukup panjang prosesnya, tetapi ternyata untuk proses tersebut bisa berlangsung dalam hitungan detik saja. Sangat menguntungkan bukan?

Selain itu, tahukah Anda kalau saat ini metode pembayaran payment gateway sendiri menjadi metode pembayaran paling aman dalam bertransaksi online. Mengapa?

Layanan ini menerapkan sistem keamanan terbaik dalam mencegah penipuan pembayaran baik yang merugikan penjual maupun pembeli.

Apa saja sistem keamanan tersebut?

  1. Address Verification System (AVS), merupakan pemeriksaan rincian tagihan berdasarkan alamat kartu yang Anda gunakan.
  2. 3D Secure Password, yakni password yang aman untuk melakukan transaksi.
  3. Card Security Code, transaksi yang Anda lakukan melalui pemeriksaan tiga digit terakhir dari nomor kartu debit atau kredit.

Keuntungan Menggunakan Layanan Payment Gateway

Payment Gateway Indonesia hadir dengan berbagai macam keuntungan. Hal paling menguntungkan dalam penggunaan cara pembayaran payment gateway adalah jaminan keamanan yang lebih.

Selain keamanan yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini keuntungan keamanan dalam penggunaan metode pembayaran payment gateway:

1. Sertifikat PCI-DSS

Penggunaan sertifikat ini berlaku pada payment gateway untuk menghindari pencurian data oleh para hacker.

2. Otentifikasi 3 Faktor

Bagi pembayaran menggunakan kartu kredit, otentifikasi 3 faktor ini akan mampu mengurangi risiko penipuan sebab membutuhkan kombinasi tiga data, termasuk kode OTP dan kode CVV.

3. Fraud Detection System

Sistem dalam layanan payment gateway mampu berjalan otomatis. Semua data diverifikasi secara otomatis dalam sistem sehingga mencegah terjadinya penipuan.

4. Penyimpanan Data Transaksi

Data transaksi pada proses pembayaran payment gateway akan tersimpan secara otomatis. Data ini penting selain untuk pengecekan riwayat oleh pihak penjual, juga sebagai data pegangan apabila terjadi risiko penipuan dan sejenisnya. Data bisa dibuka untuk kebutuhan keamanan.

Rekomendasi Penyedia Payment Gateway Terbaik di Indonesia

payment gateway indonesia - wartawan.id

Photo by Tezos on Unsplash

Di Indonesia saat ini ada puluhan perusahaan payment gateway yang sudah mengantongi izin. Berikut ini rekomendasi deretan perusahaan terbaik yang bisa manfaatkan layanannya:

1. Doku

Perusahaan ini sudah beroperasi sejak tahun 2007. Jadi jangan heran kalau penggunaanya saat ini sudah lebih 3 jutaan pengguna.

Mitra Doku pun sudah sangat beragam, mulai dari pelaku UMKM sampai perusahaan besar seperti Pertamina, KFC, Garuda Indonesia hingga Lazada.

Mitra Doku sendiri cukup banyak saat ini, seperti Bank Muamalat, BNI, BCA, Mandiri, OVO, Visa, LinkAja, Dana, Mastercard, ATM Bersama, ShoopePay, Bank Danamon dan lainnya.

Untuk satu kali transaksi, Doku memberlakukan biaya payment gateway sebesar Rp2.500,00.

2. iPaymu

Salah satu fitur unggulan iPaymu sebagai penyedia payment gateway adalah layanan Cash on Delivery. Sejak tahun 2019 layanan ini sudah mengalami peningkatan hingga 300%.

Payment Gateway Indonesia wordpress dengan plug in yang terhubung dengan toko online. Lebih praktis dan memudahkan.

Hingga saat ini iPaymu telah memiliki lebih dari 218 ribu mitra, bekerja sama dengan Pos Indonesia dan 140 bank di Indonesia.

3. Midtrans

Layanan payment gateway ini berasal dari Jepang dan semakin eksis sejak tahun 2017. E-commerce besar seperti Tokopedia menggunakan layanan ini.

Midtrans menawarkan lebih dari 24 metode pembayaran yang beragam, dari mulai layanan sms yang paling mudah hingga metode-metode terkini. Biaya transfer bank untuk Midtrans ini sebesar Rp4.000,00.

4. Prismalink

Pengguna Prismalink kini sudah mencapai ribuan. Beberapa di antaranya Kalbe, ACT, dan Kitabisa.

Layanan unggulan perusahaan ini adalah White Label Apps yang memudahkan penggunanya membuat brand sendiri.

Biaya payment gateway Indonesia yang satu ini sebesar Rp. 4.000,00 untuk satu kali transaksi.

5. Fastpay

Salah satu penyedia payment gateway yang sudah cukup lama beroperasi di Indonesia adalah Fastpay. Sudah berdiri sejak tahun 2003 dan saat ini memiliki lebih dari 1500 mitra.

Beberapa mitra setia Fastpay antara lain Kredivo, Starbucks, Tiket.com, dan lainnya. Perusahaan ini menawarkan pemasangan sistem pembayaran yang mudah, dan mampu mendeteksi layanan mencurigakan. Biaya transaksinya sebesar Rp4.000,00.

6. Xendit

Xendit termasuk penyedia Payment Gateway yang masih baru di Indonesia. Namun, perusahaan ini telah bermitra dengan perusahaan besar seperti Lazada, Bukalapak, OVO, Samsung, hingga Traveloka.

Integrasi yang lengkap bisa Anda nikmati di Xendit, yakni penggunaan link, API, dan integrasi plugin.

7. Finpay

Payment Gateway Indonesia Bank Indonesia yang semakin populer saat ini adalah Finpay. Terkenal sebagai salah satu perusahaan pelopor Payment Gateway Indonesia. Bersama 24 perusahaan lainnya, Finpay menjadi perusahaan pertama yang mengantongi izin dari Bank Indonesia.

Finpay adalah brand umbrela PT Finnet Indonesia, anak perusahaan Telkom dan Yayasan Bank Indonesia. Finpay menawarkan biaya integrasi gratis dan berbagai keunggulan lainnya.

Finpay Payment Gateway, Layanan Terkemuka di Indonesia

Sebagai salah satu perusahaan pelopor Payment Gateway di Indonesia, Finpay menawarkan beragam keunggulan yang memanjakan penggunanya.

Sebagai pelaku UMKM atau pembeli akan sangat diuntungkan dengan layanan dari PT Finnet Indonesia tersebut.

Berikut ini keunggulan Finpay sebagai penyedia Payment Gateway:

1. Biaya Integrasi Gratis

Finpay menawarkan biaya integrasi yang gratis tanpa adanya minimal transaksi. Anda bisa melakukan transaksi yang kecil sekalipun untuk pembayaran menggunakan Finpay.

2. Pilihan Metode Pembayaran yang Beragam

Finpay menawarkan 19 metode pembayaran di antaranya Mastercard, Visa, BCA, Cimb Niaga, BNI, BRIVA, ShopeePay, LinkAja, Alfamart, Bank Danamon, Pegadaian, OCTO Clicks, Bank Mandiri, QRIS, Pay Money, Pos Indonesia, Kredivo, JCB, dan Bank Permata.

3. Sertifikasi Resmi

Finpay sebagai penyedia payment gateway di Indonesia telah mengantongi beberapa sertifikat resmi antara lain, PCI DSS, CERT ISO 9001, CERT ISO/IEC/27001. Sertifikat ini memberikan jaminan pelayanan yang lebih baik dan terpercaya baik bagi pembeli maupun penjual yang memanfaatkan layanan payment gateway di Finpay.

4. Layanan QRIS yang Kekinian

Salah satu cara pembayaran unggulan yang ditawarkan Finpay dalam payment gateway adalah QRIS dari Bank Indonesia.

Cara bayar menggunakan kode QR ini menjadi trend metode pembayaran ala milenial yang lebih memudahkan siapa saja. Lebih cepat, praktis, mudah, dan sesuai dengan perkembangan teknologi pembayaran non tunai terbaru.

5. Layanan Costumer Service yang Bersahabat

Finpay Care menyedia layanan pelanggan yang ramah dan sangat solutif. Menyediakan layanan konsultasi selama 24 jam dalam 7 hari kerja. Apa yang menjadi masalah Anda dalam melakukan transaksi, Finpay akan memberikan solusi terbaik dan cepat.

6. Terus Berkembang dan Menyentuh Kebutuhan Penting Masyarakat

Sebagai penyedia payment aateway berpengalaman, Finpay terus memberikan pelayanan terbaik dan paling dibutuhkan masyarakat.

Layanan pembayaran seperti transportasi misalnya yang cukup menjadi kebutuhan penting masyarakat, saat ini telah banyak menggunakan pilihan Finpay sebagai gerbang pembayaran.

7. Harga yang Kompetitif

Biaya transaksi cukup kompetitif dan terjangkau bagi perusahaan sehingga lebih efektif dan efisien.

Layanan dan Metode Pembayaran Finpay Payment Gateway

Finpay menyediakan beberapa metode pembayaran antara lain:

  • Kartu kredit
  • Debit online
  • E-money
  • Virtual Account Bank
  • Finpay Kode Bayar

Sedangkan layanan Finpay Payment Gateway sendiri antara lain:

  • Host to host (landing page dan aplikasi mitra)
  • Finpay Link dan Invoice
  • QRIS
  • Acquiring debt (dapat menggunakan kartu kredit atau debet).

Menggunakan layanan payment gateway dari Finpay akan lebih memudahkan Anda selaku penjual dalam melakukan penagihan otomatis kepada para tenan.

Penagihan yang semula ribet dan hanya bisa dilakukan oleh kasir, kini menjadi lebih mudah dengan Finpay Invoice. Melakukan broadcast tagihan secara lebih mudah dan otomatis. Lebih memudahkan penagihan kapan saja dan di mana saja.

Finpay Payment Gateway untuk Solusi Transaksi Digital Menguntungkan

payment gateway indonesia - wartawan.id

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Saatnya kini Anda mengelola bisnis dengan cara yang cerdas dan canggih. Sudah cukup jelas bagaimana keuntungan menggunakan layanan Payment Gateway bukan?

Bisnis jadi lebih terkelola dengan baik. Anda tak perlu ribet memikirkan proses tagihan dan pembayaran, semua akan dikerjakan oleh sistem dengan cara yang cerdas.

Setidaknya jika Anda menggunakan Finpay sebagai Payment Gateway, akan ada hal-hal menguntungkan untuk Anda.

  • Pertama, bahwa tawaran proses pembayaran yang lebih bervariasi akan memudahkan pelanggan bertransaksi. Ingat jika saat ini orang lebih menyukai pembayaran non tunai. Semakin bervariasi metode Anda, maka semakin senang orang belanja di tempat Anda.
  • Kedua, instalasinya pun mudah dan antiribet. Setelah terpasang Anda akan merasakan manfaatnya yang luar biasa. Semua jadi lebih mudah dan terpantau.
  • Ketiga, proses transaksi akan lebih cepat dilakukan pelanggan. Setiap pembeli saat ini biasanya telah memiliki aplikasi pembayaran tertentu. Nah, saat pilihan mereka ada dalam metode pembayaran Anda, dalam hitungan menit mereka langsung melakukan transaksi, tanpa harus ke ATM atau bank dulu.
  • Keempat, jaminan keamanan yang sudah cukup jelas. Risiko Anda mendapatkan transferan palsu hampir tidak mungkin.
  • Kelima, jangkauan transaksi akan lebih luas bahkan hingga mancanegara. Siapapun dan di mana pun akan lebih mudah belanja di toko Anda.
  • Keenam, Anda akan merasakan jumlah transaksi yang lebih besar dan tanpa batas. Bersiaplah merasakan bisnis yang lebih berkembang dan teratur dalam hal transaksi keuangan.

Payment Gateway Indonesia saat ini cukup banyak dan terus bersaing. Anda perlu cermat memilih yang terbaik. Temukan yang terus melakukan inovasi dalam layanannya seperti halnya Finpay. Transaksi smart dan menguntungkan bersama Finpay.

 

Fintech Indonesia | Jual Pulsa | Cara Bayar Pajak Online | Payment Gateway Indonesia | Finpay | QRIS | PPOB | Dompet Digital | Finnet | Remittance

 

Baca Juga: Benarkah Reward City Bisa Membantu Capai Financial Freedom?

 

PT. Finnet Indonesia

Telkom Landmark Tower, Jalan Gatot Subroto nomor Kav 52, RT 01/RW 1, West Kuningan Mampang Prapatan Jakarta 12710

 

Apa keuntungan dan keamanan menggunakan Payment Gateway?

Hal paling menguntungkan dalam penggunaan cara pembayaran Payment Gateway adalah jaminan keamanan yang lebih. Selain keamanan terdapat keuntungan keamanan dalam penggunaan metode pembayaran Payment Gateway ialah sertifikat PCI-DSS, Otentifikasi 3 Faktor, Fraud Detection System, dan Penyimpanan Data Transaksi.

Bagaimana keunggulan Finpay sebagai penyedia Payment Gateway?

Memiliki Biaya Integrasi yang gratis tanpa adanya minimal transaksi. Anda bisa melakukan transaksi yang kecil sekalipun untuk pembayaran menggunakan Finpay. Memiliki Pilihan Metode Pembayaran yang Beragam di antaranya Mastercard, Visa, BCA, Cimb Niaga, BNI, BRIVA, ShopeePay, LinkAja, Alfamart, Bank Danamon, Pegadaian, OCTO Clicks, Bank Mandiri, QRIS, Pay Money, Pos Indonesia, Kredivo, JCB, dan Bank Permata.

Bagaimana finpay menjadi Layanan QRIS yang Kekinian?

Salah satu cara pembayaran unggulan yang ditawarkan Finpay dalam Payment Gateway adalah QRIS dari Bank Indonesia. Cara bayar menggunakan kode QR ini menjadi trend metode pembayaran ala milenial yang lebih memudahkan siapa saja. Lebih cepat, praktis, mudah, dan sesuai dengan perkembangan teknologi pembayaran non tunai terbaru.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments