Take a fresh look at your lifestyle.

Cara Membersihkan Pelindung Wajah Berdasarkan Jenisnya

0 0

Di dalam dunia keselamatan kerja, wajah merupakan bagian tubuh yang wajib mendapatkan alat pelindung diri (APD). Alat pelindung wajah mulai dari masker, face shield, atau kacamata safety.

Pada bagian wajah terdapat beberapa bagian seperti mata, hidung sebagai saluran pernafasan, mulut, dan kulit wajah yang semua bagian tersebut membutuhkan pelindung wajah dari risiko keselamatan kerja.

Pelindung wajah yang dimaksud termasuk juga dari paparan virus. Bagian wajah seperti hidung dan mulut misalnya, wajib mendapatkan perlindungan guna mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

Manfaat Menggunakan Pelindung Wajah untuk Keselamatan Kerja

Saat Anda bekerja di industri tertentu di bidang medis. misalnya,  untuk merawat kesehatan orang lain, maka wajah Anda adalah bagian yang sangat penting untuk Anda lindungi.

Mengapa pelindung wajah ini penting? Alasannya sebagai berikut :

1. Mencegah Virus Masuk ke dalam Tubuh

Menggunakan pelindung wajah membantu agar virus tidak masuk ke dalam mulut maupun udara (hidung). Termasuk bakteri yang mungkin juga masuk melalui mulut saat Anda tidak menutupnya menggunakan masker.

2. Melindungi Wajah dari Debu dan Kotoran

Masker maupun face shield pada prinsipnya juga bisa membantu melindungi kulit wajah. Masker bahkan bukan hanya membantu agar kotoran tidak melekat di kulit wajah, tetapi juga melindungi kulit dari sinar UV matahari. Anda yang takut merasakan efek sinar UV di kulit bisa menggunakan pelindung wajah secara aman.

3. Mencegah Percikan Masuk ke Mata

Percikan benda tajam berupa logam, pengelasan, zat kimia, oli, minyak, dan sebagainya mungkin saja mengenai bagian mata Anda. Efeknya sudah pasti bermasalah untuk mata Anda. Bukan hanya sakit, tetapi juga berisiko cacat hingga kebutaan. Menggunakan kacamata safety akan membantu Anda dari risiko kecelakaan tersebut.

4. Menjaga Keselamatan Wajah Secara Umum

Saat Anda bekerja di laboratorium kimia, beberapa senyawa baik padatan, cairan, dan gas memberikan efek toksik yang kuat pada kulit dan bagian tubuh manusia lainnya. Bekerja di lingkungan ini mengharuskan Anda menggunakan alat pelindung wajah yang lengkap, mulai dari masker, faceshield hingga kacamata safety.

Jenis-Jenis Pelindung Wajah dan Cara Membersihkannya

Cara Membersihkan Pelindung Wajah Berdasarkan Jenisnya-wartawan.id
Photo by engin akyurt on Unsplash

Jenis pelindung wajah terdiri dari beberapa macam yang tentunya sudah cukup familiar bagi Anda. Namun, sejauh mana Anda memahami fungsinya dan bagaimana pula cara membersihkannya? Berikut penjelasannya :

1. Kacamata Safety

Alat pelindung wajah yang pertama adalah kacamata safety atau kacamata google dengan desain khusus yang melindungi mata.

Kacamata safety ini biasanya memiliki fitur keselamatan yang lengkap terhadap mata. Bentuk lensa yang kuat dan anti gores, anti percikan, antiradiasi, antiberkabut, hingga anti zat kimia.

Desain kacamata safety ini ada juga yang menggunakan lensa gelap. Biasanya penggunaannya untuk aktivitas dengan pantulan cahaya seperti pengelasan. Agar nyaman Anda gunakan untuk beraktivitas, sebuah kacamata google biasanya menggunakan pengikat yang kokoh di bagian belakangnya.

Menggunakan kacamata ini dapat membantu Anda bisa lebih nyaman bekerja di bidang industri tertentu sesuai dengan risiko pekerjaan yang Anda hadapi.

Produk Uvex sebagai kacamata keselamatan buatan Jerman telah mendapatkan berbagai sertifikat pengujian untuk berbagai kebutuhan perlindungan keselamatan kerja di lapangan.

Cara Membersihkan Kacamata Safety

Cara membersihkan kacamata safety seperti brand Uvex misalnya, bisa Anda lakukan dengan mengikuti aturan panduan penggunaan dan pembersihan peralatan pelindung wajah yang ada di packaging-nya.

Secara umum kacamata bisa Anda bersihkan dengan cairan khusus untuk pembersih kaca yang tersedia. Gunakan lap kacamata khusus pelindung wajah dari pihak produsen. Jika lap Anda rusak atau hilang, maka carilah kapas halus dan lembut untuk menggantikannya.

Bersihkan kacamata dari debu dan kotoran yang menempel. Sebagian produk pelindung wajah telah memiliki fitur antikabut sehingga Anda tak perlu repot membersihkan uap air saat cuaca panas atau dingin mengenai kacamata Anda.

Pada kacamata biasa lensa biasanya akan berkeringat dan harus Anda bersihkan agar tidak mengganggu penglihatan.

2. Face Shield

Pada saat pandemi corona melanda dunia, penggunaan face shield cukup populer di tengah masyarakat. Walaupun sebelum itu, tenaga medis dan kalangan pekerja di laboratorium juga sudah menggunakan pelindung wajah tersebut.

Badan Kesehatan Dunia WHO memang tidak merekomendasikan penggunaan face shield untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh, tetapi alat pelindung wajah ini memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan fungsi masker, yakni mencegah cipratan dari lawan bicara yang menjadi media penularan virus.

Face shield  terbuat dari bahan transparan dengan karet penyangga yang menutup sebagian permukaan wajah. Namun, kelemahan pelindubg wajah tersebut tentu saja tidak menutupi bagian hidung dan mulut secara rapat.

Walaupun tidak seutuhnya mencegah penularan virus, sebagian orang tetap menggunakan pelindung wajah untuk menjaga secara lebih aman penularan virus melalui percikan lawan bicara.

Material dari alat pelindung wajah ini juga bervariasi dari yang kelas premium hingga ekonomis. Bahan face shield dari plastik biasanya hanya bisa Anda pakai satu dua kali. Jika bagian kacanya telah rusak atau kotor, untuk jenis yang sekali pakai bisa langsung Anda ganti.

Cara Membersihkan Face Shield

Walaupun tidak signifikan memberikan faceshield  ini juga sangat penting Anda bersihkan untuk memastikan bagian luar dan dalamnya bebas virus.

Cara membersihkan face shield secara bertahap, yakni menggunakan air, sabun, desinfektan, dan alkohol. Penggunaan air untuk menghilangkan kotoran, sabun menghilangkan lemak, desinfektan untuk menghilangkan bakteri atau virus, dan alkohol untuk membuat tampilan pelindung wajah Anda kembali jernih dan bersih.

Jika Anda berada di aktivitas publik yang banyak berinteraksi dengan orang, jangan pernah lupa menggunakan desinfektan untuk membersihkan face shield  Anda. Sebab jika Anda hanya menggunakan sabun, maka virus atau belum seutuhnya hilang. Anda perlu menggunakan cairan desinfektan.

3. Masker

Perangkat pelindung wajah yang juga sangat penting dan vital adalah masker. Fungsi masker tentu saja sesuai desain dan kebutuhannya. Ada masker untuk menyaring partikel debu dan asap, mencegah masuknya zat kimia dalam bentuk gas, mencegah virus masuk ke dalam tubuh melalui udara, dan sebagainya.

Pada prinsipnya masker merupakan alat untuk melindungi sistem pernapasan, tetapi karena organ pernafasan berada di bagian wajah, maka alat ini juga termasuk alat pelindung wajah.

Setiap masker memiliki komponen material dengan pori khusus yang mampu menyaring jenis material tertentu. Rekomendasi untuk Anda yang ingin menggunakan jenis masker safety untuk industri atau pekerjaan khusus bisa memilih produk Uvex.

Masker pelindung wajah ini biasanya menggunakan bahan berwarna putih untuk memudahkan deteksi kontaminasi bahan-bahan seperti debu, cairan tertentu, atau kotoran. Warna putih akan memperlihatkan apakah masker tersebut masih bersih atau tidak, terkontaminasi atau tidak.

Pada masa new normal pasca pandemi ini, penggunaan masker sudah menjadi kewajiban untuk pelindung wajah walaupun beberapa aturan telah mencabut penggunaan masker di luar ruangan, tetapi banyak orang tetap nyaman menggunakan masker karena alasan bisa melindungi kulit wajah dan pernafasan.

Cara Membersihkan Masker

Beberapa jenis masker tidak untuk Anda pakai secara berulang alias bisa langsung Anda buang. Cukup sekali pakai saja. Namun, waktu pemakaian pelindung wajah tergantung dari kualitas setiap produk. Jenis masker sekali pakai biasanya yang terbuat dari bahan kasa atau kain.

Masker N95 misalnya yang terbuat dari bahan kain, penggunannya bisa lebih dari sekali pakai dengan tetap memperhatikan kebersihan dan lingkungan kontaminasinya. Jika alat pelindung wajah sudah kotor atau Anda berada di tingkat dengan risiko pencemaran yang tinggi, maka perlu segera Anda ganti.

Jenis pelindung wajah masker di pabrik kimia yang biasanya memiliki beberapa lapisan bahan filter terbuat dari bahan latex dan sejenisnya tentu saja perlu Anda bersihkan penggunaannya.

Biasanya, saat telah terpapar partikulat atau zat tertentu, aroma jenis masker ini menjadi tidak sedap. Anda perlu membersihkannya segera dengan air, sabun, dan cairan pembersih antiseptik untuk kebersihan masker Anda.

Membiasakan Diri Menggunakan Pelindung Wajah

Cara Membersihkan Pelindung Wajah Berdasarkan Jenisnya-wartawan.id
Photo by uvex

Sebenarnya menggunakan alat pelindung wajah ini bukan hanya ketika Anda bekerja di lingkungan dengan kondisi keselamatan kerja yang berisiko. Penggunaan harian pun terkadang menguntungkan untuk keselamatan.

Sebagai contoh walaupun pandemi korona sudah mulai berkurang, orang-orang sudah nyaman menggunakan masker karena bisa melindungi diri dari debu, cahaya matahari, udara kotor, aroma tak sedap, bakteri atau virus, dan sebagainya.

Demikian juga menggunakan kacamata safety. Walaupun tidak sedang berada di pabrik atau tempat kerja, menggunakan pelindung wajah akan membantu mata Anda lebih sehat saat sering memandang layar komputer atau smartphone.

Membiasakan diri menggunakan alat ini akan membuat Anda lebih terjaga dan terbiasa pula saat nantinya bekerja di lingkungan dengan risiko keselamatan yang tinggi. Anda juga tidak merasa canggung lagi untuk menggunakan APD yang lain seperti baju safety, sepatu hingga helm penutup kepala.

Setelah terbiasa menggunakan masker , jangan lupa membersihkan pelindung wajah secara rutin. Hasilnya Anda akan terbiasa dengan kondisi safety harian yang lebih baik. Tanpa harus terpaksa menggunakan alat pelindung diri, Anda terbiasa menjaga keselamatan diri lebih baik.

Kesimpulan

Wajah merupakan bagian tubuh yang membutuhkan alat pelindung khusus terhadap risiko keselamatan diri. Utamanya di tempat kerja dengan tingkat risiko paparan zat kimia, percikan logam, radiasi, virus atau bakteri, goresan logam, dan sebagainya.

Mencegah risiko keselamatan tersebut bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat pelindung wajah seperti kacamata safety, masker hingga face shield.

Setiap alat pelindung wajah tersebut masuk dalam bagian alat pelindung diri. Penggunaan APD tersebut perlu Anda pantau kondisinya, kebersihannya, keamanannya, dan apakah fiturnya berfungsi atau tidak. Cara membersihkan setiap alat sesuai dengan jenisnya. Bahkan ada juga yang memang hanya untuk sekali pakai, tergantung dari kualitas alat tersebut.

Membiasakan diri menggunakan alat pelindung wajah akan membantu Anda mendapatkan keselamatan di tempat kerja, mencegah Anda terpapar virus atau bakteri. Untuk mendapatkan fungsi yang maksimal dari alat pelindung wajah tersebut tentunya juga harus dengan rajin membersihkannya.

Gunakan alat yang terbaik untuk keamanan yang lebih terjamin. Mulai dari kacamata safety, masker hingga face shield jika memang Anda butuhkan.

Jaga kesehatan Anda sedini mungkin. Investasikan kesehatan Anda dengan penggunaan APD saat bekerja dan beraktivitas

 

Baca Juga: Top Digital Agency Jakarta Indonesia 2022 Reviews

 

kacamata pelindung | masker n95 | helm proyek | kacamata pengaman | sarung tangan kerja | sepatu karet | safety respirator |sarung tangan safety | kacamata safety | safety glasses | safety helmet | ear muff | penutup telinga | harga sepatu safety | safety gloves | safety shoes | alat perlindungan diri | baju safety | pelindung mata | masker safety | earmuff safety | kacamata las | sepatu safety | earplug | faceshield | sepatu boots | sarung tangan karet | kacamata google | pelindung wajah | masker respirator

 

UVEX SAFETY SINGAPORE PTE LTD

Representative Office Indonesia

Pondok Indah Office Tower 3, 17th Floor, Jl. Sultan Iskandar Muda, Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta 12310, INDONESIA

T: +62 811 868 8887

E: [email protected]

I: uvex-safety.co.id/id

 

1. Apa yang dimaksud dengan faceshield?

Faceshield merupakan salah satu jenis alat pelindung wajah membantu mencegah risiko kecelakaan saat bekerja, menghambat virus bakteri masuk ke tubuh, dan sebagainya.

2. Mengapa penggunaan faceshield itu penting?

Salah satu alasan harus menggunakan face shield adalah karena wajah merupakan bagian tubuh yang membutuhkan alat pelindung khusus. Utamanya di tempat kerja dengan tingkat risiko yang tinggi seperti risiko terkena paparan zat kimia, percikan logam, radiasi, virus atau bakteri, goresan logam, dan sebagainya.

3. Apa manfaat dari pelindung wajah?

Alat pelindung wajah akan membuat Anda merasa lebih terjaga dan terbiasa pula saat nantinya bekerja di lingkungan dengan risiko keselamatan yang tinggi, Penggunaan harian pun terkadang menguntungkan untuk keselamatan.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments