Take a fresh look at your lifestyle.

4 Jenis Kaus Kaki dan 5 Manfaat Menggunakan Kaus Kaki yang Harus Kamu Ketahui

0 37

Kaus kaki merupakan salah satu aksesoris pakaian untuk kaki yang berfungsi melindungi kaki anda dan menggunakan sepatu tak lengkap pasti jika tidak dibarengi dengan penggunaan kaus kaki. Menggunakan kaus kaki banyak sekali manfaat nya dan jenis kaus kaki pun ada jenisnya.

Berikut 4 Jenis Kaus Kaki yang harus anda ketahui :

1. Athletic Socks

Athletic Socks

Atheletic Socks atau bisa juga disebut Sport Socks, kaos kaki ini biasa digunakan untuk aktivitas olahraga, seperti bermain basket, tenis, futsal, dan lain-lainnya. Biasanya kaus kaki ini memiliki bahan yang tebal untuk proteksi dua kali lebih tinggi supaya kulit tidak mudah terluka karena gesekan kulit sepatu, serta mempunyai dari serap keringat yang cukup tinggi agar bagian dalam sepatu terlindung dari area lembab yang kerap adanya bakteri dan jamur. Tak hanya kegiatan berolahraga saja, athletic CoolDeSocks dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang berbeda juga

2. Casual Socks

Casual Socks

Casual Socks (www.cooldesocks.com) di desain untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Kaus kaki ini biasanya ringan dengan banyak warna dan motif tentunya. Casual socks bisa dibuat dari berbagai macam jenis kain, tetapi biasanya tidak cukup tebal untuk melindungi kaki dari lecet saat kaki terlalu banyak berkeringat atau gesekan.

3. Cover Socks

 

Cover Socks
Photo by INVICTUS Tailoring﹒sneaker socks on Unsplash

Kaus kaki ini hanya mengcover telapak kaki anda dan biasanya dipakai untuk menemani alas kaki dengan siluet pendek seperti flat shoes, slippers, dan lain-lain. Jenis Kaus kaki ini biasanya menjadi salah satu primadona untuk menemani aktivitas sehari-hari terutama bagi wanita yang suka menggunakan flat shoes.

4. Running Socks

Running Socks

Jika Athletic Socks memiliki ukuran lebih panjang, running socks justru memiliki ukutan semata kaki atau bahkan kurang dari itu. Running socks memiliki ketebalan yang beragam, mulai dari yang tebal hingga tipis. Biasanya untuk berlari, orang-orang lebih memilih kaus kaki yang tipis agar pas di sepatu larinya serta tak memberikan beban tambahan. Pelari yang masih pemula pun mungkin mengharapkan lebih banyak bantalan untuk membantu melindungi kaki mereka sebelum terbiasa berlari pada medan keras.

Saat ini, orang tidak hanya melihat kaus kaki sebagai kebutuhan, tapi juga memanfaatkan aspek keindahannya untuk melengkapi penampilan. Tapi tahukah kalian manfaatnya yang bisa anda dapat dari menggunakan kaus kaki. Berikut infonya :

1. Mencegah Lecet di Kaki

 

Mencegah Lecet di Kaki
Photo by Zuzana on Unsplash

Salah satu cara menghindari kaki lecet, apalagi jika sedang menggunakan sepatu baru, adalah menggunakan kaus kaki. Dengan memakai kaus kaki, kaki akan terhindar dari lecet akibat gesekan yang terjadi.

2. Melindungi Kaki dari Bakteri dan Jamur dan Mencegah Bau Kaki

 

Melindungi Kaki dari Bakteri dan Jamur dan Mencegah Bau Kaki
Photo by Michael Wright on Unsplash

Selain melindungi kaki dari debu dan polusi, kaus kaki juga dapat membantu menjaga kaki dari bakteri dan jamur. Kaki yang berkeringat menjadi sarang bagi bakteri dan jamur. Dengan menggunakan kaus kaki yang anti bakteri dan menyerap keringat, perkembangan kuman dan bakteri dapat ditekan. Dan Keringat berlebih apalagi setelah menggunakan sepatu seharian dapat menimbulkan bau tak enak. Ini pentingnya menggunakan kaus kaki yang menyerap keringat saat memakai sepatu. Tentunya ini diimbangi dengan mengganti kaus kaki secara teratur.

3. Menjaga Kelembaban Kaki

 

Menjaga Kelembaban Kaki
Photo by Emily Rudolph on Unsplash

Kulit kaki yang kering dan pecah-pecah, terlebih di bagian tumit sangat tidak enak dilihat. Kaus kaki dapat membantu menjaga kelembaban kaki dengan cara sederhana. Sebelum tidur, biasakan mencuci kaki hingga bersih, kemudian oleskan pelembab atau body lotion ke kaki. Setelahnya, barulah pakai kaus kaki. Kelembaban kaki yang terjaga dapat membantu kulit beregenerasi lebih cepat, sehingga kulit kaki menjadi halus dan lembut.

4. Cegah Cedera Saat Berolahraga

 

Cegah Cedera Saat Berolahraga
Photo by Angela Compagnone on Unsplash

Saat berolahraga, menggunakan kaus kaki adalah pilihan yang tepat. Ini akan memengaruhi kenyamanan, gerakan, dan performa anda saat berolahraga. Penggunaan kaus kaki saat berolahraga akan membantu menyediakan bantalan yang tepat, mengurangi gesekan, menjaga kaki tetap kering, serta semua hal yang dapat membuat cedera seorang atlit. Untuk berolahraga, pilihlah bahan kaus kaki yang terbuat dari wol, polyester, atau akrilik.

5. Memberikan Rasa Nyaman dan Hangat

 

Memberikan Rasa Nyaman dan Hangat
Photo by Rosie Kerr on Unsplash

Terlalu lama berdiri atau duduk pada saat bekerja dapat membuat kaki bengkak. Sementara kaus kaki, dapat mengurangi risiko tersebut. Kaus kaki juga dapat membantu anda tidur lebih nyenyak. Cobalah memakai kaus kaki saat tidur. Rasa hangat di kaki akan memperlancar aliran darah, sehingga membuat tubuh terasa nyaman. Tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat membantu mengurangi kadar stres anda.

Itulah beberapa Jenis Kaus kaki dan manfaat saat menggunakan Kaus kaki. Semoga bermanfaat.

Sebutkan 4 Jenis Kaus Kaki yang anda ketahui!

Athletic Socks, Casual Socks, Cover Socks, Running Socks

Bagaimana yang dimaksud dengan Cover Socks?

Kaus kaki ini hanya mengcover telapak kaki anda dan biasanya dipakai untuk menemani alas kaki dengan siluet pendek seperti flat shoes, slippers, dan lain-lain. Jenis Kaus kaki ini biasanya menjadi salah satu primadona untuk menemani aktivitas sehari-hari terutama bagi wanita yang suka menggunakan flat shoes.

Sebutkan 5 manfaat dari menggunakan kaus kaki!

Mencegah Lecet di Kaki, Melindungi Kaki dari Bakteri dan Jamur dan Mencegah Bau Kaki, Menjaga Kelembaban Kaki, Cegah Cedera Saat Berolahraga, Memberikan Rasa Nyaman dan Hangat

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments