Take a fresh look at your lifestyle.

Siswa Berprestasi Mengapa Pilih UBSI

Siapa yang tidak kenal UBSI? Kampus terbaik sebagai tempat para siswa berprestasi menimba ilmu di bidang teknologi informatika. Mau Kuliah? Pilih BSI aja!

0 14

Siswa-siswi Indonesia kini sudah semakin cerdas. Mereka tidak lagi sembarangan masuk perguruan tinggi sebagai tempat menimba ilmu untuk meraih masa depan. Mereka kini sudah bisa memilih kampus terbaik yang mampu menjawab tantangan masa depan.

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) sebagai salah satu kampus modern di Indonesia terus berkembang, memenuhi harapan siswa dan orangtua dalam memberikan pendidikan terbaik. Tak heran jika UBSI kini banyak dipilih siswa berprestasi untuk mengembangkan minat dan bakatnya lebih hebat lagi.

Bagaimana perjalanan UBSI hingga menjadi kampus populer pilihan siswa siswi berprestasi? Prestasi ini tentu tidak bisa dicapai secara instan! Untuk Anda yang berminat kuliah di UBSI, berikut informasi tentang UBSI selengkapnya.

 

Sekilas Tentang UBSI

Perubahan status dari Akademi Bina Sarana Informatika (BSI) menjadi UBSI semakin memantapkan kampus yang berkantor pusat di Cawang Jakarta Timur sebagai kampus masa depan.

Didirikan sejak 30 tahun lalu, UBSI berkembang menjadi salah satu kampus terbesar di Indonesia. Kini, UBSI memiliki 25 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak kurang dari 20 ribu mahasiswa belajar di kampus yang memiliki akreditasi, sistem pendidikan, dan kompetensi dengan kualitas terbaik.

Dalam perkembangannya, kampus aplikatif ini memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Teknologi Informasi (FTI), Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB), serta Fakultas Komunikasi & Bahasa (FKB). Dari ketiga fakultas tersebut, lahir 15 program studi dengan pilihan jenjang diploma hingga sarjana.

Ke-15 program studi tersebut, antara lain FTI memiliki 5 program studi, yakni Teknologi Informasi (S1), Rekayasa Perangkat Lunak (S1), Teknologi Komputer (D3), Sistem Informasi (D3&S1), dan Sistem Informasi Akuntansi (D3).

Untuk Anda yang ingin masuk FEB, ada 4 program studi yang bisa diambil, antara lain Akuntansi (D3&S1), Administrasi Bisnis (D3), Administrasi Perkantoran (D3), dan Manajemen Pajak (D3).

Sedangkan FKB terdiri dari 6 program studi, yaitu Ilmu atau Sains Komunikasi (S1), Sastra Inggris (S1), Hubungan Masyarakat (D3), Penyiaran (D3), Periklanan (D3), dan Bahasa Inggris (D3).

 

Keunggulan Kampus UBSI

Mengapa siswa siswi berprestasi lebih memilih melanjutkan studinya di UBSI. Jawaban pastinya karena UBSI memiliki sejumlah keunggulan. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki kampus UBSI.

 

1. Memiliki Program Beasiswa

Untuk menarik minat para siswa berprestasi, UBSI menyediakan tiga program beasiswa yang diperuntukkan bagi para lulusan SLTA/sederajat yang akan kuliah di perguruan tinggi. Ketiga jenis beasiswa tersebut, antara lain Beasiswa Prestasi, Beasiswa Talenta, dan Beasiswa Kompetensi (Bikom).

  • Beasiswa Prestasi

Untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik akan mendapatkan Beasiswa Prestasi. Kesempatan Anda mendapatkan beasiswa jenis ini jika memiliki prestasi seperti juara olimpiade ilmu pengetahuan, cerdas cermat, atau lomba karya ilmiah.

Untuk Anda yang tidak punya prestasi akademik jangan berkecil hati, karena UBSI juga menyediakan beasiswa bagi lulusan SLTA/sederajat yang punya prestasi non-akademik, misalnya juara olahraga, lomba seni, dan sebagainya.

  • Beasiswa Talenta

Untuk siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang tertentu juga akan mendapatkan beasiswa. Program Beasiswa Talenta diberikan kepada lulusan SLTA/sederajat yang memiliki talenta, seperti hafizh Qur’an, influencer, Youtuber, vlogger, dan startup.

Namun, bakat yang dimilikinya itu harus yang sudah diakui oleh masyarakat serta telah dipublikasikan di media massa/sosial. Atau, talenta itu dibuktikan dengan sertifikat penghargaan atas bakatnya itu.

  • Beasiswa Bikom

Sedangkan Beasiswa Bikom diperuntukkan untuk lulusan SLTA/sederajat yang pada saat mengikuti ujian saringan masuk UBSI berada di ranking 1 hingga 20.

 

2. Mengikuti Perkembangan Zaman

Boleh jadi, kampus yang tidak mengikuti perkembangan zaman akan tergusur oleh kerasnya persaingan. Maka, mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan konsumen menjadi sebuah keniscayaan bagi sebuah perguruan tinggi.

UBSI sangat memahami pentingnya mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan mengangkat isu-isu penting dalam kehidupan sehari-hari. Tema yang paling menarik dan sering diangkat adalah terkait perkembangan internet dan manfaatnya bagi semua orang.

Untuk meng-upgrade pengetahuan mahasiswa, kampus unggulan UBSI meluncurkan kegiatan webinar. Sebuah program seminar (web seminar) yang diselenggarakan secara online di website atau melalui aplikasi berbasis internet.

Kegiatan webinar ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat berinteraksi dengan banyak orang melalui dunia maya. Selain itu, melalui webinar, Anda dapat belajar ilmu dan pengetahuan dari para ahlinya.

Beberapa tema seminar dalam program Webinar yang pernah terselenggara di UBSI, antara lain seminar mengenai pentingnya internet dalam kehidupan sehari-hari (Internet of Thing for Daily Life Hacks).

Ada juga kegiatan webinar yang mempertemukan Youtuber dan entrepreneur muda (Webinar BSI Digination) serta webinar tentang content media, dan kegiatan seminar penting lainnya.

Youtuber vs Entrepreneur Muda, Berbagi Kiat Sukses di Webinar UBSI - Wartawan

 

3. Menggabungkan Teori dan Praktik

Keunggulan lain dari UBSI adalah ilmu yang dipelajari aplikatif. Kemampuan UBSI dalam menggabungkan teori dan praktik sangat dirasakan para alumni dan mahasiswa. Ini juga menjadi salah satu alasan siswa berprestasi memilih kuliah di kampus andalan generasi muda ini.

Boleh dibilang, pelajaran praktik lebih banyak dibanding teori. Hal ini sangat memudahkan para alumni UBSI yang kini berkarir di berbagai bidang untuk mengaplikasikan ilmunya yang di dapat semasa di bangku kuliah.

 

4. Biaya Terjangkau

Banyak orang beranggapan kuliah itu biayanya mahal! Anggapan itu tentu tidak selamanya benar. Sebab, Anda bisa kuliah di kampus modern BSI dengan biaya terjangkau.

Meski dikenal sebagai salah satu kampus terkemuka, UBSI tetap menerapkan biaya kuliah terjangkau agar bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama siswa berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi.

UBSI - Universitas Swasta Terbaik (1)

 

Tips Menjadi Siswa Berprestasi

Menjadi siswa berprestasi memang tidak mudah. Namun, Anda bisa meraih prestasi itu jika berusaha sungguh-sungguh. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi siswa berprestasi.

1. Mampu Belajar Efektif

Anda mesti mampu belajar secara efektif jika ingin menjadi siswa berprestasi. Sebab, belajar efektif itu memahami cara menguasai sebuah materi pelajaran dengan cepat.

 

2. Aktif Dalam Belajar

Aktif belajar bukan hanya rajin mengikuti pelajaran namun juga suka menanyakan tentang suatu materi pelajaran yang belum jelas. Termasuk, aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.

 

3. Rajin Mengerjakan Tugas

Anda mustahil bisa jadi siswa berprestasi jika malas mengerjakan tugas atau PR. Rajin mengerjakan tugas juga menandakan Anda seorang siswa yang disiplin dan menghargai waktu.

 

4. Memiliki Motivasi Tinggi

Hanya dengan motivasi tinggi Anda bisa menjadi siswa berprestasi. Sebab, dengan motivasi tinggi, Anda memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan cita-citanya itu.

 

5. Mampu Mengatur Waktu

Siswa berprestasi pasti mampu mengatur waktu dengan baik – kapan waktunya belajar dan bermain. Pekerjaan siswa tidak hanya belajar, namun juga perlu bermain serta membantu orangtua.

 

6. Berperilaku Baik

Siswa berprestasi tidak hanya memiliki kemampuan akademis namun juga harus bersikap dan berperilaku baik. Kenapa? Karena sikap baik menjadi bagian dari penilaian pendidikan.

 

7. Memiliki Tekad Berprestasi

Ini juga menjadi bagian dari motivasi untuk mencapai cita-cita menjadi siswa berprestasi. Mustahil prestasi akan diraih tanpa disertai tekad yang kuat dan sungguh-sungguh.

 

8. Taat Beribadah

Usaha harus disertai doa. Begitu ungkapan yang sering kita dengar untuk menggambarkan Betapa pentingnya doa disaat seseorang sedang menginginkan sesuatu. Maka taat lah beribadah agar cita-cita Anda terkabul.

Dengan menjalankan tips di atas, keinginan Anda untuk bisa kuliah di kampus terbaik akan terwujud. UBSI adalah tempat pilihan bagi siswa berprestasi. Jadilah Anda bagian dari mereka.

 

Sumber dan Referensi :

https://www.educenter.id/8-tips-menjadi-siswa-berprestasi-di-sekolah/

https://mobile.myindischool.com/content/mytips/tips-dan-trik-menjadi-murid-berprestasi-di-sekolah

https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/15/09/15/nuq2ip374-ini-pengakuan-para-siswa-berprestasi-mengapa-pilih-bsi

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments