Take a fresh look at your lifestyle.

5 Langkah Aman Bermain Tiktok Bagi Pemula

0 21

Tiktok adalah salah satu aplikasi yang sangat populer belakangan ini. Hampir setiap orang memainkannya. Hal ini tidak terlepas pada pengguna Tiktok yang bisa membuat video yang kreatif dan menimbulkan gelak tawa. Akan tetapi banyak yang mengatakan bahwa media sosial yang satu ini memang memiliki isu mengenai keamanannya. Seberapa amankah aplikasi Tiktok ini dan bagaimana cara bermain Tiktok dengan aman? Berikut ini adalah ulasannya.
 

Apa itu Aplikasi Tiktok?

 

Apa itu aplikasi Tiktok?
Photo by Kon Karampelas on Unsplash
 
Aplikasi Tiktok adalah salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan sharing video. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat video singkat berdurasi 60 detik untuk menunjukkan kreativitas anda. Karena tujuannya untuk membuat video yang kreatif ini, maka makin banyak orang yang mengunduh aplikasi Tiktok untuk membuat konten yang menarik.
 

Bahaya dari Aplikasi Tiktok 

 

Bahaya dari Aplikasi Tiktok 
Photo by Harry Cunningham on Unsplash
 
Aplikasi Tiktok memang merupakan sebuah aplikasi yang menarik untuk siapa saja. Hal ini disebabkan karena di aplikasi Tiktok ini anda bisa menemukan banyak konten yang menarik dan bahkan mengundang gelak tawa. Sayangnya ada bahaya yang mungkin sedang mengincar anda para pengguna aplikasi Tiktok ini. Apa saja bahayanya? Berikut ini adalah ulasannya.

  • Mengenai Konten yang Dibagikan 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi Tiktok adalah sebuah aplikasi yang bisa gunakan untuk mengunggah video singkat. Video singkat ini bisa berisi konten yang bebas. Konten tersebut bisa saja berisi konten yang baik dan yang kurang baik untuk di lihat.

Bukan hanya konten yang bisa dibagikan merupakan konten yang bebas, selain satu konten yang ada di aplikasi Tiktok ini juga bisa disebut cukup membahayakan karena penyebaran konten video bisa dilakukan secara meluas berdasarkan pengaturan umum dari aplikasi Tiktok ini. Ya, ketika anda membuat video dengan menggunakan aplikasi Tiktok ini, anda bisa membuat video anda bisa dilihat oleh seluruh orang di dunia yang terhubung dengan aplikasi ini. Hal ini menyebabkan apapun yang muncul di ponsel anda juga bisa berasal dari mana saja. Hal inilah yang membahayakan.

Jika anda adalah orang yang sudah dewasa dan bisa membuat keputusan mengenai konten yang baik dan yang kurang mungkin aplikasi Tiktok ini bisa menjadi aplikasi yang menghibur, akan tetapi jika pengguna dari aplikasi Tiktok ini masih di bawah umur, konten yang sifatnya negatif bisa mempengaruhi anak untuk mengikuti tindakan negatif tersebut. Apalagi jika mengingat batasan usia pengguna aplikasi Tiktok ini adalah 13 tahun.

  • Mengenai Keamanan Komunikasi 

Selain memperbolehkan videonya ditonton oleh para pengguna aplikasi Tiktok yang ada di seluruh dunia, ternyata masalah komunikasi yang dimiliki oleh aplikasi Tiktok ini juga bisa disebut mengundang bahaya. Hal ini disebabkan karena dalam aplikasi Tiktok ini, siapa saja bisa mengirimkan pesan singkat dan memberikan komentar pada video yang anda buat.

Mungkin anda melihat hal ini tidak berbahaya, akan tetapi jika anda mengetahui kasus dari seorang polisi di US yang melaporkan bahwa ada predator yang mengirimkan pesan melalui DM pada anaknya yang masih di bawah umur pasti anda sebagai seorang orang tua juga akan merasa takut bukan?

Pada dasarnya aplikasi Tiktok ini memang merupakan aplikasi yang cukup banyak mendapatkan perhatian mengenai keamanannya. Bahkan di Indonesia sendiri pernah dilakukan banned terhadap aplikasi Tiktok ini karena dianggap sering memunculkan konten negatif. Akan tetapi bagi anda yang masih ingin bermain aplikasi Tiktok, anda juga bisa bermain aplikasi Tiktok ini dengan aman dengan menggunakan beberapa tips teknologi berikut ini.
 

Tips 1 : Buat Akun Anda Private

 
Bagi anda yang ingin bermain Tiktok dengan aman, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengubah akun anda menjadi akun pribadi atau private. Untuk mengubah akun anda menjadi akun private, maka anda bisa menggunakan langkah di bawah ini.

  • Buka halaman profil anda
  • Cari tombol dengan 3 titik di bagian kanan atas layar, klik
  • Pilih menu privacy and Safety
  • Aktifkan toggle private account.

Ketika anda membuat akun anda secara Private, maka setiap video yang anda buat tidak bisa dilihat secara publik. Hanya akun-akun tertentu yang sudah anda izinkan saja yang bisa melihat video yang anda buat tersebut. Akan tetapi perlu anda perhatikan, ketika anda membuat akun aplikasi Tiktok menjadi Private, maka foto dan bio yang anda pasang di akun aplikasi Tiktok anda akan tetapi terlihat. Hal ini perlu diperhatikan jika anda adalah orang tua yang ingin melindungi anak ketika bermain aplikasi Tiktok ini.
 

Tips 2 : Batasi Akses Pada Video Anda 

 
Selain membatasi siapa saja orang yang bisa melihat video anda, ternyata aplikasi Tiktok saat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk memilih siapa saja orang yang bisa melakukan interaksi dengan video anda. Contoh dari interaksi ini seperti mengunduh video anda, membuat komentar mengirimkan pesan pada akun anda dan masih banyak lagi yang lainnya. Fitur ini adalah fitur yang bisa digunakan oleh orang tua yang ingin melindungi anaknya agar tidak dihubungi oleh orang asing yang tidak dikenal dan orang yang memiliki niat buruk pada anak anda.

Untuk membatasi siapa saja yang boleh mengunduh video anda, berikut ini adalah langkah yang bisa anda lakukan.

  • Buka halaman profil anda
  • Cari tombol dengan 3 titik di bagian kanan atas layar, klik
  • Pilih menu privacy and Safety
  • Pilih allow download

Pada dasarnya, setting umum yang diberikan oleh aplikasi Tiktok adalah memperbolehkan siapapun untuk mengunduh video dari akunnya, akan tetapi jika anda tidak ingin, maka anda bisa menggunakan fitur ini untuk menghindarinya. Akan tetapi jika orang ketiga yang ingin mengunduh video anda memanfaatkan fitur download dari aplikasi lain, maka mereka akan tetapi bisa mengunduh video anda meski anda sudah mengaktifkan larangan ini.
 

Tips 3 : Melakukan Block

 
Selain membatasi orang yang bisa melakukan komentar dan interaksi pada akun dan video anda, salah satu tips lain yang bisa dilakukan agar kegiatan bermain dengan aplikasi Tiktok ini menjadi lebih aman untuk dilakukan adalah dengan melakukan block pada orang-orang yang tidak anda inginkan.

Langkah aman bermain Tiktok dengan cara melakukan block pada orang yang tidak anda inginkan ini bisa dilakukan dengan membuka halaman akun dari orang yang ingin anda block. Setelah itu cari tombol dengan 3 titik lalu cari menu block.

Ketika anda melakukan block pada salah satu akun, maka akun yang anda block ini tidak bisa akan bisa melihat video dari akun tersebut begitu juga dengan sebaliknya. Untuk melihat video dari salah satu user kembali, maka anda bisa melakukan unblock pada user tersebut. Caranya bisa dilakukan dengan mencari akun tersebut, menekan tombol 3 titik dan setelah itu melakukan unblock. Selain itu, anda juga bisa melakukan unblock akun dengan melakukan manage akun yang di blokir di halaman privacy and Safety anda.
 

Tips 4 : Membatasi Siapa yang Bisa Melakukan Duet 

 
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Tiktok ini adalah melakukan duet dengan banyak orang. Orang-orang yang bisa melakukan diet ini bisa dipilih dan dibatasi dengan menggunakan fitur dari aplikasi Tiktok. Dengan begitu, anda bisa melindungi diri anda dan anak anda dari orang asing yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menghindari akun anda mendapatkan request download, maka anda bisa menekan tombol disable pada fitur tersebut. Atau anda juga bisa memilih siapa saja orang yang bisa melakukan duet dengan anda dari fitur yang telah disediakan oleh Tiktok.
 

Tips 5 : Melakukan Report Konten 

 
Salah satu cara menggunakan aplikasi Tiktok dengan aman adalah dengan membatasi konten buruk yang beredar di timeline anda. Untuk membatasi konten negatif beredar di timeline anda dan timeline orang lain, maka anda bisa melakukan report konten. Report konten ini adalah salah satu fitur yang bisa anda dapatkan dari aplikasi Tiktok pada setiap video yang beredar di aplikasi tersebut.
 

Tips untuk Orang Tua 

 

 
Tips yang disebutkan di atas merupakan tips yang sangat efektif untuk dilakukan untuk orang dewasa, sayangnya bahaya utama dari aplikasi Tiktok ini adalah untuk anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda harus mengetahui apa saja ya bisa dilakukan untuk membuat anak anda tetap aman ketika bermain aplikasi Tiktok ini.

  • Jangan Melarang Anak

Aplikasi Tiktok adalah aplikasi yang populer, oleh karena itu akan sangat sulit untuk melarang anak-anak anda untuk memainkan aplikasi ini. Bahayanya jika anda melarang anak untuk memainkan aplikasi ini, anak akan bermain aplikasi ini secara sembunyi-sembunyi, jika hal ini terjadi, maka akan sangat sulit bagi anda untuk mengontrol apa yang anak anda lakukan dan apa yang anak anda lihat di akun aplikasi Tiktok yang dimilikinya.

  • Ikuti Akunnya 

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengontrol konten apa saja yang dibuat anak anda adalah dengan mengikuti akun anak anda. Meski anda tidak menggunakan aplikasi Tiktok ini secara aktif tapi akan sang penting bagi anda untuk memiliki aplikasi ini terlebih jika anak anda penggemar aplikasi ini.

  • Lihat Tiktok Bersama Anak 

Selanjutnya, hal ya paling tepat untuk dilakukan guna mengedukasi anak anda mengenai tontonan yang baik dan yang kurang baik untuk dilihat. Pastikan anda untuk tidak terlalu menggurui anak, tapi usahakan untuk melakukan diskusi dengannya sehingga ia bisa melakukan tindakan preventif sendiri.

Perlu anda ketahui bahwa aplikasi Tiktok bukan merupakan aplikasi yang hanya dianggap berbahaya di Indonesia. Di luar negeri, aplikasi ini juga sangat banyak mendapatkan perhatian mengenai keamanan yang dimilikinya. Aplikasi Tiktok ini disebut menjadi salah satu aplikasi yang di benar-benar dijadikan salah satu aplikasi yang diawasi oleh pemerintah mengenai penggunaannya. Keputusan ini merupakan keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah sejak bulan November tahun 2019 yang lalu. Jadi anda sudah tahu bukan bahwa aplikasi Tiktok ini memang benar-benar harus diperhatikan bukan?

Demikianlah tips and triks untuk menghindari kejahatan ketika bermain Tiktok. Semoga bermanfaat!
 
 

Apa itu aplikasi Tiktok?

Aplikasi Tiktok adalah salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan sharing video. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat video singkat berdurasi 60 detik untuk menunjukkan kreativitas anda. Karena tujuannya untuk membuat video yang kreatif ini, maka makin banyak orang yang mengunduh aplikasi Tiktok untuk membuat konten yang menarik.

Apa saja Bahaya dari aplikasi Tiktok ?

• Mengenai konten yang dibagikan Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi Tiktok adalah sebuah aplikasi yang bisa gunakan untuk mengunggah video singkat. Video singkat ini bisa berisi konten yang bebas. Konten tersebut bisa saja berisi konten yang baik dan yang kurang baik untuk di lihat. Bukan hanya konten yang bisa dibagikan merupakan konten yang bebas, selain satu konten yang ada di aplikasi Tiktok ini juga bisa disebut cukup membahayakan karena penyebaran konten video bisa dilakukan secara meluas berdasarkan pengaturan umum dari aplikasi Tiktok ini. Ya, ketika anda membuat video dengan menggunakan aplikasi Tiktok ini, anda bisa membuat video anda bisa dilihat oleh seluruh orang di dunia yang terhubung dengan aplikasi ini. Hal ini menyebabkan apapun yang muncul di ponsel anda juga bisa berasal dari mana saja. Hal inilah yang membahayakan. Jika anda adalah orang yang sudah dewasa dan bisa membuat keputusan mengenai konten yang baik dan yang kurang mungkin aplikasi Tiktok ini bisa menjadi aplikasi yang menghibur, akan tetapi jika pengguna dari aplikasi Tiktok ini masih di bawah umur, konten yang sifatnya negatif bisa mempengaruhi anak untuk mengikuti tindakan negatif tersebut. Apalagi jika mengingat batasan usia pengguna aplikasi Tiktok ini adalah 13 tahun. • Mengenai keamanan komunikasi Selain memperbolehkan videonya ditonton oleh para pengguna aplikasi Tiktok yang ada di seluruh dunia, ternyata masalah komunikasi yang dimiliki oleh aplikasi Tiktok ini juga bisa disebut mengundang bahaya. Hal ini disebabkan karena dalam aplikasi Tiktok ini, siapa saja bisa mengirimkan pesan singkat dan memberikan komentar pada video yang anda buat. Mungkin anda melihat hal ini tidak berbahaya, akan tetapi jika anda mengetahui kasus dari seorang polisi di US yang melaporkan bahwa ada predator yang mengirimkan pesan melalui DM pada anaknya yang masih di bawah umur pasti anda sebagai seorang orang tua juga akan merasa takut bukan?

Apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat anak tetap aman ketika bermain aplikasi Tiktok ?

• Jangan melarang anak Aplikasi Tiktok adalah aplikasi yang populer, oleh karena itu akan sangat sulit untuk melarang anak-anak anda untuk memainkan aplikasi ini. Bahayanya jika anda melarang anak untuk memainkan aplikasi ini, anak akan bermain aplikasi ini secara sembunyi-sembunyi, jika hal ini terjadi, maka akan sangat sulit bagi anda untuk mengontrol apa yang anak anda lakukan dan apa yang anak anda lihat di akun aplikasi Tiktok yang dimilikinya. • Ikuti akunnya Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengontrol konten apa saja yang dibuat anak anda adalah dengan mengikuti akun anak anda. Meski anda tidak menggunakan aplikasi Tiktok ini secara aktif tapi akan sang penting bagi anda untuk memiliki aplikasi ini terlebih jika anak anda penggemar aplikasi ini. • Lihat Tiktok bersama anak Selanjutnya, hal ya paling tepat untuk dilakukan guna mengedukasi anak anda mengenai tontonan yang baik dan yang kurang baik untuk dilihat. Pastikan anda untuk tidak terlalu menggurui anak, tapi usahakan untuk melakukan diskusi dengannya sehingga ia bisa melakukan tindakan preventif sendiri.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of