Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Hemat Kuota Saat Bermain Game Online

0 0

Game online adalah jenis game yang paling populer akhir-akhir ini. Untuk memainkannya, Kamu harus selalu terkoneksi dengan internet.

Jika tidak menggunakan koneksi WiFi, game online tentu saja bisa menghabiskan banyak kuota. Namun tenang saja, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa hemat kuota saat main game.

Langsung saja, inilah tips lengkapnya:

Tips Hemat Kuota Saat Main Game

Game Online - Wartawan

Photo by Florian Olivo on Unsplash 

 

1. Batasi Penggunaan Kuota

Cara paling efektif untuk menghemat kuota adalah membatasi penggunaannya. Setiap smartphone biasanya memiliki fitur untuk membatasi kuota.

Apabila tidak ada fitur tersebut, Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Koneksi internet akan terputus apabila sudah mencapai batas kuota.

Dengan begitu, kuota Kamu tidak akan tersedot dan habis tanpa sepengetahuan. Selain membatasi penggunaan kuota, Kamu juga bisa mengaktifkan mode hemat kuota.

2. Pilih Game Berukuran Kecil

Ada banyak sekali jenis game online yang bisa Kamu mainkan. Tapi jika Kamu termasuk gamers yang sering bermain game namun takut kuota cepat habis, cobalah memainkan game berukuran kecil.

Game berukuran kecil biasanya menggunakan grafik yang tidak terlalu tinggi. Oleh sebab itu, kuota yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Meskipun begitu, Kamu tetap bisa mendapatkan game yang menghadirkan keseruan dan tantangan menegangkan. Salah satu contohnya yaitu game Among Us.

3. Bermain di Tempat yang Sinyalnya Lancar

Sinyal yang buruk bisa membuat baterai ponsel cepat habis. Pasalnya ponsel akan bekerja lebih agar bisa mendapatkan sinyal.

Bukan hanya baterai saja, sinyal yang buruk juga membuat kuota terbuang percuma. Koneksi yang putus nyambung akan membuat kuota cepat habis.

Karena hal itu, Kamu sebaiknya mencari tempat dengan sinyal lancar ketika akan bermain game online.

4. Tutup Aplikasi Lain Saat Bermain Game

Tidak sedikit orang yang bermain game bersamaan dengan membuka aplikasi lain misalnya aplikasi musik, Youtube, atau sosial media.

Jika Kamu hobi melakukan multitasking, maka Kamu harus siap-siap untuk kehabisan baterai dan kuota. Fokus saja bermain game agar kuota tidak cepat habis.

5. Matikan Fitur Update Otomatis

Para gamers pasti akan merasa bosan jika memainkan gameplay yang sama berulang kali. Oleh sebab itu, pengembang akan melakukan update-update untuk memperbarui beberapa hal.

Biasanya update game dilakukan paling tidak beberapa bulan sekali atau ada juga yang beberapa minggu sekali.

Agar kuota tidak tersedot secara otomatis, Kamu harus mematikan fitur auto update atau update otomatis. Aktifkan saja fitur tersebut ketika smartphone tersambung ke WiFi.

6. Jangan Terlalu Sering Streaming

Streaming - Wartawan

Photo by Tech Daily on Unsplash

 

Hiburan yang ada di ponsel tidak hanya game saja. Ada beberapa jenis hiburan lain seperti film, Youtube, dan juga musik.

Jika kuota internetmu terbatas, sebaiknya jangan terlalu sering streaming aplikasi hiburan. Apalagi jika Kamu lebih suka bermain game dibandingkan menonton.

Hemat saja kuotamu untuk memainkan game yang Kamu anggap lebih seru.

7. Cek Kuota Secara Rutin

Beberapa jenis aplikasi bisa memakan kuota yang besar tanpa Kamu sadari. Jadi Kamu harus rajin cek kuota.

Cari tahu aplikasi apa saja yang paling banyak memakan kuota. Setelah ditemukan, batasi penggunaan kuota pada aplikasi tersebut. Apalagi jika aplikasi yang memakan banyak kuota adalah aplikasi yang kurang penting.

Itulah tips hemat kuota saat bermain game online yang bisa Kamu coba. Jika mencari permainan yang tidak menggunakan banyak kuota, Kamu bisa memainkan game di plays.org. Di website tersebut ada banyak sekali game ringan yang tidak menghabiskan kuota. Langsung saja pilih permainan kesukaanmu dan mainkan sekarang juga.

Baca Juga: 8 Tempat Download Game PC Terlengkap 

Apa saja tips hemat kuota saat sedang bermain game online ?

Batasi penggunaan kuota untuk menghemat kuota, pilih game yang berukuran kecil, bermain ditempat yang sinyalnya lancar, tutup aplikasi lain saat bermain game agar tidak menghabiskan baterai dan kuota, matikan fitur update otomatis, jangan melakukan streaming pada saat bermain game, cek kuota secara rutin,

Apa yang dimaksud dengan game online ?

Game online adalah jenis game yang harus memiliki terkoneksi dengan internet.

Mengapa cek kuota secara rutin itu perlu di lakukan ?

karna tanpa kamu sadari bahwa ada beberapa aplikasi yang bisa memakan kuota besar, jadi kamu harus rajin cek kuota. Cari tahu aplikasi apa saja yang paling banyak memakan kuota. Setelah ditemukan, batasi penggunaan kuota pada aplikasi tersebut. Apalagi jika aplikasi yang memakan banyak kuota adalah aplikasi yang kurang penting.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments