Take a fresh look at your lifestyle.

Perbedaan Kuda Poni dan Kuda Biasa, Sejarah Kuda Poni dan 23 Macam Jenisnya

0 93

Jika gemar menonton film kartun My Little Pony pasti mengetahui kalau hampir semua karakternya adalah kuda poni. Kuda-kuda Poni ini terlihat lebih kecil dari kuda yang biasa kita lihat di peternakan Kuda.

Namun, sebenarnya Kuda Poni dan Kuda biasa itu berbeda lalu Apa saja perbedaan keduanya? Berikut adalah perbedaan dari Kuda Poni dan Kuda biasa :

  • Tinggi

Perbedaannya adalah antara Kuda biasa dan Kuda Poni yaitu dari tingginya. Seekor kuda biasanya dianggap sebagai kuda yang setidaknya memiliki tinggi kurang lebih mencapai 1,2 meter. Sedangkan Kuda Poni memiliki tinggi yang kurang dari 1,2 meter. Bibit kuda poni, selain lebih pendek dari kuda biasa juga memiliki karakteristik lain yang membuatnya berbeda dari ras kuda.

  • Proporsi Tubuh

Kuda poni dan kuda biasa memiliki perbedaan dalam struktur tulang, otot, dan proporsi tubuh mereka secara keseluruhan. Mereka memiliki kaki yang lebih pendek dan dada yang lebih lebar, serta tulang yang lebih berat, leher lebih tebal dan kepala lebih pendek. Misalnya, kuda poni cenderung kekar dan kuat untuk ukurannya daripada kuda biasa. Mereka lebih toleran terhadap cuaca dingin dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.  Secara fisik, kuda poni biasanya memiliki bulu yang lebih tebal yang membantu melindungi mereka dari hawa dingin. Kuda poni juga cenderung sangat cerdas dan dari sudut pandang manusia, berarti kuda poni mungkin lebih sedikit sulit diatur daripada kuda.

 

Sejarah Kuda Poni

Photo by Carlos Fernando Bendfeldt on Unsplash

Pada abad ke-20 Kuda poni awalnya dikembangkan sebagai hewan domestifikasi yang disesuaikan dengan lingkungan alam, Kuda Poni dianggap sebagai bagian dari subtipe “rancangan” khas Eropa Utara, banyak jenis kuda poni memiliki darah Arab dan darah lainnya. Umumnya, kuda poni dianggap salah satu hewan yang cerdas dan ramah, tetapi kadang digambarkan sebagai hewan yang keras kepala atau licik.

Kuda poni hewan yang sangat terlatih dan cocok untuk anak-anak belajar naik kuda. Kuda poni yang lebih besar biasanya dikendarai oleh orang dewasa. kuda poni adalah kuda yang tingginya kurang dari 58 inci atau 147 cm, tetapi ada beberapa yang memiliki tinggi 56 inci atau 142 cm hingga 59 inci atau 150 cm.

Sampai saat ini, ternyata masih banyak orang yang menggunakan kuda ini sebagai alat transportasi dan katanya kuda kecil ini juga dapat meringankan pekerjaan manusia. Kuda poni ini biasanya juga digunakan sebagai kuda tunggang di tempat-tempat rekreasi dan biasanya mereka akan memberikan harga Rp. 20.000 untuk sekali putaran.

Hewan kecil pemakan rumput ini, jika mereka sangat kelaparan mereka dapat pula memakan daun dan tunas muda. Disamping itu kuda kecil yang satu ini juga memiliki penglihatan dan pendengaran yang cukup tajam lho. Kuda juga termasuk dalam mamalia berkuku ganjil. Kuda, keledai dan zebra memiliki kesamaan yang membuatnya berbeda hanyalah kulit saja.

 

Jenis – jenis dari Kuda Poni

Photo by Mahkeo on Unsplash
Photo by Mahkeo on Unsplash

Salah satu jenis kuda yang berasal dari pengelompokkan modern groups adalah tipe pony horse. Kuda poni memiliki ciri-ciri yang khas, yaitu tinggi badan kurang dari 1,5 m, memiliki punggung yang relatif pendek, tinggi badan dengan tanah lebih kecil dari panjang badannya (kaki panjang), wajah cenderung berbentuk pendek, telinga berbentuk kecil dan suka bergerak (agresif).

Jenis-jenis kuda pony yang tingkat eksistensinya masih berada yaitu kuda iceland. Kuda Iceland adalah kuda yang memiliki tinggi 1,3 m dan umumnya kuda tersebut dipelihara secara semi extensive. Kuda Iceland banyak digunakan untuk sebagai ternak kerja dan dibeberapa event internasional digunakan untuk berkompetisi. Selanjutnya jenis kuda pony lainnya adalah Kuda Sumbawa. Kuda Sumbawa umumnya kecil dengan tinggi rata-rata 1,27 m dan mempunyai kepala yang besar dengan leher yang pendek serta warna dominan adalah dun (krem).

Kuda Sumbawaini diperkirakan berasal dari bangsa China, Portugis, dan India dan dibawa ke Indonesia. Selain Kuda Sumbawa, Indonesia juga memiliki kuda yang tergolong kuda poni yaitu Kuda Batak dan Kuda Jawa, kedua kuda ini lebih cenderung dimanfaatkan sebagai alat transportasi.

Dibawah ini adalah 23 Ras dari Kuda Poni terpopuler :

  1. American sport pony
  2. American quarter pony
  3. British riding pony
  4. Chincoteague pony
  5. Connemara pony
  6. Dales pony
  7. Dartmoor pony
  8. Exmoor pony
  9. Fell pony
  10. German riding pony
  11. Gotland pony
  12. Hackney pony
  13. Highland pony
  14. Kerry bog pony
  15. Shetland pony
  16. Moorland pony
  17. Mountain pony
  18. New forest pony
  19. Pennine pony
  20. Pony of the Americas
  21. Welara pony
  22. Welsh pony
  23. Welsh cob

 

Tips Memilih Kuda Poni Yang Baik

Photo by Chris Liverani on Unsplash
Photo by Chris Liverani on Unsplash

Bila anda seorang pemula, mungkin gambaran yang ada pada anda  saat memilih kuda hanya dengan melihat kuda dari segi Fisik, Jenis Kelamin dan Warnanya semata. Gambaran seperti ini adalah wajar namun perlu di ketahui.

Sebetulnnya banyak faktor yang harus di fahami sebelum memilih kita kuda. seperti, untuk apa anda membali kuda? untuk kuda pacu (Equestrian), sekedar untuk tunggangan di rumah, atau untuk diternakkan di ambil anak keturunanya, dan terakhir adalah faktor Budget yang harus anda siapkan.

 

Berikut tips memilih Kuda yang baik:

  • Menentukan fungsi dan manfaat membeli kuda serta budget yang harus disiapkan.
  • Kuda Sport baik Pacu ataupun Tunggang (Equestrian) menuntut jenis dan fisik tersendiri. Anda harus melihatnya mulai Dari Konstruksi, Tinggi, Kondisi Badan/Postur, Pedigree ( Garis Keturunan ) maupun Kesehatan Kuda. Dan satu lagi yang penting adalah SERTIFIKAT (BRK). Semua kuda untuk tujuan olahraga harus bersertifikat yang diterbitkan oleh Biro Regristrasi Kuda.
  • Kuda Sport baik Pacu ataupun Tunggang (Equestrian) menuntut jenis dan fisik tersendiri. Anda harus melihatnya mulai Dari Konstruksi, Tinggi, Kondisi Badan/Postur, Pedigree ( Garis Keturunan ) maupun Kesehatan Kuda. Dan satu lagi yang penting adalah SERTIFIKAT (BRK). Semua kuda untuk tujuan olahraga harus bersertifikat yang diterbitkan oleh Biro Regristrasi Kuda.
  • Hal tesulit melakukan penilaian terhadap seekor kuda adalah kondisi fisik dan kontruksinya. Bagaimana posturnya ? Atletiskah? cacat fisikkah? Jalannya tegak dan lurus kah? langkahnya benar atau silangkah? matanya, telinganya, napasnya, kerongkongannya, perutnya, dadanya, kakinya, kukunya dsb. Ada banyak yang mesti dilihat. Dan itu menjadi hal yang menentukan dalam memilih dan memberi penilaian harga kuda.
  • Kalau semua sudah baik, masih ada lagi yang harus diperiksa yaitu Perangai si kuda, kharakter si kuda. Kuda suka menggigit, kuda suka menendang, kuda suka berdiri, kuda suka berhenti berlari dll. Itu semua harus dipertimbangkan sebelum anda memilihnya.
  • Yang terakhir adalah budget yang anda harus keluarkan untuk membali kuda. Harga kuda sangat bervariasi, tergantung, Jenis Kelamin, Pedigree, Tinggi Kuda (klas), RAS kuda (Sandel, Pony/G, KPI, Thoroughbred), Prestasi Kuda, Prestasi Induknya, Prestasi Bapaknya, Warna, dan Ciri-Ciri Fisik Si Kuda.

Bagi seorang yang sudah berpengalaman soal kuda warna kuda diberi bobot paling rendah. Namun Kelamin dan Pedigree serta Prestasi memiliki bobot paling tinggi.

Dalam dunia kuda jenis kelamin jantan memiliki harga lebih rendah dibanding betina. Di dunia kuda harga kuda jantan lebih rendah dari betina, Kecuali kuda jantan tersebuti dinobatkan sebagai pejantan profesional, baru harganya melejit sampai 1 milyar bahkan lebih.

 

Tips dan Trik Cara Mudah Merawat kuda Sendiri

Photo by Rex Pickar on Unsplash
Photo by Rex Pickar on Unsplash

Bagaimana cara merawat kuda yang baik dan benar? Tips bagaimana cara merawat kuda yang baik untuk pemula,Perawatan kuda yang baik dan benar itu meliputi dari beberapa tindakan yaitu Grooming,straping dan memandikan kuda.

  • Grooming

grooming atau bisa di sebut juga pembersihan badan kuda dengan menggunakan sikat besi dan sikat halus, Yang dilakukan searah bulu kuda atau membentuk bulatan pada badan kuda.fungsi dari Grooming adalah untuk membersihan badan kuda dari kotoran atau tungau (kutu) yang berada pada badan kuda.

  • Straping

Pengertian strapping adalah pembersihan badan kuda dengan menggunakan kain halus dan sikat halus pada bagian kaki kuda dan kepala kuda.fungsi dari strapping ini sama dengan fungsi dari grooming yang saya jelaskan di atas yang membedakan hanya bagian yang di bersihkannya saja.Grooming dan Strapping sebaiknya di lakukan satu hari sekali untuk menjaga kebersihan badan kuda dan terhindar dari penyakit kulit.

  • Memandikan Kuda

Memandikan kuda dilakukan apabila kondisi badan kuda berlumuran lumpur atau tanah tindakan ini sebaiknya bisa kita lakukan dua minggu sekali. Hal yang perlu kita perhatikan dalam memandikan kuda adalah tekanan air yang kita alirkan ke badan kuda bila kita memandikan dengan mengunakan selang, Karena apabila kita menggunakan tekanan air yang besar bisa menyebabkan si kuda tersebut trauma atau takut.

Sebagaimana layaknya manusia, agar menjadi unggulan, kuda perlu gizi dan perawatan yang baik. Selain rumput lokal, makanan utamanya ialah sejenis rumput Australia, juga horse pellets yang berupa jagung, gandum-ganduman, dan bunga matahari. Bagaimanapun juga sempurnanya kondisi kuda, perlu pemberian pakan yang benar, pelatihan, dan program kebugaran untuk mengenali kemampuan atletiknya secara menyeluruh

Makanannya merupakan salah satu faktor kritis yang menentukan penampilan dari seekor kuda. Bagian dari sistem pencernaan adalah untuk merubah nutrisi menjadi produk akhir yang dapat diserap melalui dinding sel usus, kemudian ikut aliran darah dan digunakan oleh tubuh. Dalam pemeliharaan kuda atlit hendaklah sang pemilik mampu mencocokan keperluan nutrisi dan kandungan makanan yang tersedia dari pakan yang diberikan terhadap orientasi jenis olahraga berkuda yang akan dilaksanakan selama dalam pelatihan. Pemberian makanan yang benar dan seimbang pada kuda diperlukan untuk kesehatan secara keseluruhan, mempertahankan temperatur tubuh, mengganti jaringan-jaringan tubuh yang rusak, membangun dan mempertahankan kondisi tubuh dan untuk persediaan energi dalam rangka pergerakannya.

 

 

1. Apa perbedaan Kuda Poni dan Kuda Biasa?

Perbedaannya adalah antara Kuda biasa dan Kuda Poni yaitu dari tingginya. Seekor kuda biasanya dianggap sebagai kuda yang setidaknya memiliki tinggi kurang lebih mencapai 1,2 meter. Sedangkan Kuda Poni memiliki tinggi yang kurang dari 1,2 meter.

2. Apakah Kuda Poni cocok untuk anak - anak untuk belajar naik Kuda?

Kuda poni hewan yang sangat terlatih dan cocok untuk anak-anak belajar naik kuda.

3. Sebutkan 23 Ras dari Kuda Poni terpopuler

1. American sport pony 2. American quarter pony 3. British riding pony 4. Chincoteague pony 5. Connemara pony 6. Dales pony 7. Dartmoor pony 8. Exmoor pony 9. Fell pony 10. German riding pony 11. Gotland pony 12. Hackney pony 13. Highland pony 14. Kerry bog pony 15. Shetland pony 16. Moorland pony 17. Mountain pony 18. New forest pony 19. Pennine pony 20. Pony of the Americas 21. Welara pony 22. Welsh pony 23. Welsh cob

4. Apa Kuda Poni perlu gizi dan perawatan yang baik?

Kuda perlu gizi dan perawatan yang baik. Selain rumput lokal, makanan utamanya ialah sejenis rumput Australia, juga horse pellets yang berupa jagung, gandum-ganduman, dan bunga matahari. Bagaimanapun juga sempurnanya kondisi kuda, perlu pemberian pakan yang benar, pelatihan, dan program kebugaran untuk mengenali kemampuan atletiknya secara menyeluruh.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments