Take a fresh look at your lifestyle.

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori

0 41

Untuk mengetahui berapa kalori yang perlu dibakar tiap minggunya, perlu melihat beberapa faktor, seperti tujuan menurunkan berat badan, konsumsi makanan dan cara membakar kalori tersebut, Sudah tentu aktivitas fisik sangat penting untuk membakar kalori. Selain itu, aktivitas fisik punya banyak manfaat kesehatan, seperti: mobilitas sendi yang kian membaik, mencegah penyakit kronis serta meningkatkan suasana hati dan stamina. Lantas, berapa kalori yang perlu dibakar untuk dapat tubuh ideal dan bagaimana caranya? Berikut ulasannya!

Kalori sangat penting bagi tubuh manusia. Tanpa kalori, sel-sel dalam tubuh akan mati, dan organ-organ vital seperti jantung dan paru-paru tidak akan mampu melaksanakan fungsi dasarnya. dalam menambah berat badan dan juga berperan menyebabkan penyakit jantung.

Banyak penelitian dilakukan untuk memberikan data yang akurat mengenai jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Menurut Pedoman Diet 2015-2020 untuk orang Amerika, wanita cenderung membutuhkan antara 1.600 hingga 2.400 kkal sehari, dan pria dari 2.000 hingga 3.000 kkal sehari. Mengutip laman webmd.com, rekomendasi Institute of Medicine menyebutkan wanita aktif usia 31 – 50 tahun membutuhkan 2200 kkal per hari, sedangkan pria aktif usia 31 – 50 membutuhkan 2800 hingga 3000 kkal per hari.

Di Indonesia, berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, rata-rata kebutuhan untuk pria usia 30 – 49 tahun adalah 2625 kkal per hari. Sedangkan perempuan usia 30 – 49 tahun adalah 2150 kkal per hari, demikian seperti dikutip dari laman depkes.go,id.  Namun, sebenarnya kebutuhan kalori masing-masing individu berbeda-beda, tergantung dari usia, berat badan, tinggi badan, gaya hidup, kesehatan dan aktivitas fisik yang dilakukannya. Namun kisaran kalori yang umum dapat membantu jika Anda ingin mempertahankan atau menurunkan berat badan.

 

Tujuan dan Manfaat Olahraga

Selain meningkatkan kebugaran fisik, olahraga juga bisa memperbaiki dan meningkatakan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Dengan kondisi fisik yang lebih bugar dan daya pikir yang lebih baik, tentu saja pada akhirnya akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Bagi sebagian orang, aktivitas olahraga tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesehatannya. Banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga untuk tujuan hobi atau untuk mengurangi stres akibat rutinitas dan beban pekerjaan sehari-hari.

Bicara soal olahraga untuk menurunkan berat badan, terdapat beberapa yang paling ampuh membakar kalori. Olahraga tersebut tentu cocok untuk kalian yang sedang diet, mau tahu apa saja? Simak di bawah ini!

 

1. Olahraga Lari

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori
Wartawan-Ilustrasi-Olahraga-Berlari

Lari salah satu olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Lari tidak membutuhkan banyak biaya,  Saat melakukan lari, setidaknya kalian akan membakar 748 kalori dalam satu jam. Namun, hal tersebut juga tergantung dengan kecepatan dan jarak yang ditempuh. Olahraga ini paling baik dilakukan saat pagi dan sore hari ketika matahari tidak begitu terik. Kalian juga tidak boleh terlalu memaksakan diri saat berlari, jika nafas mulai tersengal-sengal, berlarilah dengan santai.

 

2. Berenang

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori
Wartawan-Ilustrasi-Olahraga-Berenang

Berenang akan memberikan penekanan yang lebih rendah terhadap otot dan persendian dibanding latihan kardio lainnya. Jadi, lebih minim rasa sakit yang ditimbulkan. Berenang dapat membantu kalian membakar kalori sebanyak 720 kalori untuk wanita, dan 840 kalori pada pria setiap satu jam. Pembakaran lemak yang terjadi juga tergantung dengan berat badan dan kecepatan yang kalian lakukan saat berenang. Energi yang dibutuhkan saat bergerak dalam air sangat tinggi, hal ini yang membuat pembakaran kalori lebih besar.

 

3. Lompat Tali

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori
Wartawan-Ilustrasi-Olahraga-Lompat-Tali

Lompat tali merupakan salah satu gerakan kardio yang efektif untuk menurunkan berat badan. Kalian hanya perlu melakukannya selama sekitar 10 menit setiap harinya. Dalam satu jam, kalian akan membakar sekitar 850 kalori untuk pria, sedangkan wanita sekitar 750 kalori. Buat yang baru memulai melakukan lompat tali, kalian tidak perlu terlalu memforsir diri hingga satu jam. Lakukan sesuai dengan kemampuan kalian. Asalkan rutin, berat badan dijamin akan cepat menurun.

 

4. Bersepeda

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori
Wartawan-Ilustrasi-Olahraga-Bersepeda

Satu jam bersepeda pada insensitas maksimum akan membantu menurunkan kalori sekitar 850 kalori. Nah, buat yang hanya bersepeda santai, kalian akan membakar kalori hingga 408 kalori. Jadi, banyak faktor yang menentukan terbakarnya kalori itu sendiri, ya.

 

5. Kick Boxing

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori
Wartawan-Ilustrasi-Olahraga-Kick-Boxing

Kick Boxing mungkin olahraga yang cukup menantang untuk dilakukan. Namun, sekarang olahraga satu ini banyak diminati, terutama oleh para selebriti lantaran ampuh untuk membakar kalori besar-besaran. Kick boxing terbilang cocok untuk wanita karena merupakan olahraga yang bisa melindungi diri dari segala macam kejahatan ketika bepergian sendirian. Kalori yang dibakar saat melakukan kick boxing juga sangat besar, Hanya dengan satu jam saja, kalian dapat membakar 582 hingga 864 kalori. Wah, olahraga ini patut dicoba!

 

6. Zumba

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori
Wartawan-Ilustrasi-Olahraga-Zumba

Gerakan zumba merupakan perpaduan antara tarian salsa, ch-cha, tango serta menyisipkan koreografi senam aerobik. Kalian akan makin bersemangat dengan irama musik latin. Zumba sendiri rupanya dapat membakar hingga 600 kalori per jam, lho. Jumlah tersebut hampir setara dengan berlari. Jika semangat melakukannya, kalian dapat membakar lebih banyak kalori dan menguatkan lebih banyak otot.

 

7. High Intensity Interval Training (HIIT)

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori
Wartawan-Ilustrasi-Olahraga-High-Intensity-Interval -raining-(HIIT)

Olahraga lainnya yang efektif menurunkan berat badan dengan membakar kalori High Intensity Interval Training alis (HIIT). Jenis olahraga kardio ini merupakan kombinasi antara olahraga berintensitas sedang dan tinggi dalam waktu yang memang ditentukan. Cara melakukan HIIT adalah dengan berlari terlebih dahulu selama 30 detik, lalu lanjutkan dengan berjalan kaki atau berlarian kecil selama 90 detik. HIIT dinilai lebih efektif karena memacu kerja jantung lebih keras sehingga asupan oksigen meningkat. Hal tersebut berarti metabolisme tubuh meningkat sehingga membakar lemak lebih banyak. Kalian dapat membakar sekitar 500-1000 kalori dalam satu jam.

 

8. Naik Turun Tangga

8 Jenis Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori
Wartawan-Ilustrasi-Olahraga-Naik-Turun-Tangga

Gerakan naik turun tangga tidak hanya membentuk tubuh bagian bawah dengan cepat. Tubuh bagian atas juga dapat meregang. Kalian dapat memadukan olahraga ini dengan dua kaki sekaligus ke satu anak tangga atau dua anak tangga. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena dapat berbahaya jika kalian terjatuh.

Namun, sebelum memulai olahraga baru, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau yang ahli dibidangnya, agar kesehatanmu tetap terjaga.

 

 

1. Apa itu kalori?

Kalori adalah takaran energi dalam makanan. Kunci berat badan sehat adalah mengetahui berapa kandungan kalori dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah energi yang dibakar oleh tubuh.

2. Apa perbedaan lemak dan kalori?

Lemak dan kalori sering dianggap hal yang sama oleh sebagian orang yang menjalani diet.Setiap gram karbohidrat dan protein setara dengan empat kalori. Sedangkan satu gram lemak setara dengan sembilan kalori. Lemak merupakan satu dari enam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

3. Makanan apa saja yang berkalori tinggi?

Makanan yang berkalori tinggi adalah Makanan berlemak dan berminyak, Kacang dan biji-bijian, Mentega kacang, Coklat hitam, Olahan buah, Alpukat, Padi-padian, Produk susu dan telur, Ikan, Daging, Quinoa, Biji chia, Makanan bebas gluten, Tahu goreng, Mi ramen, Salmon, Granola,Popcorn, Mayones, Kari.

4. Apa manfaat berolahraga untuk tubuh?

Olahraga juga bisa memperbaiki dan meningkatakan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Dengan kondisi fisik yang lebih bugar dan daya pikir yang lebih baik, tentu saja pada akhirnya akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

5. Apa saja jenis olahraga paling banyak membakar Kalori?

Olahraga Lari, Berenang, Lompat Tali, Bersepeda, Kick Boxing, Zumba, High Intensity Interval Training (HIIT), Naik Turun Tangga.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x