Take a fresh look at your lifestyle.

Pengertian Freelance, Contoh Pekerjaan dan Syarat Menjadi Freelance

0 11

Secara umum, Freelance adalah seseorang yang bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan klien atau orang yang memberikan pekerjaan tersebut. Kontrak kerja freelance biasanya hanya berisi proyek yang akan dikerjakan, biaya dan timeline pengerjaan. Menjadi seorang freelancer dapat dilakukan secara full time ataupun part time. Sebagian freelancer, menjalankan profesi ini di luar pekerjaan utamanya. Namun, sebagian orang lainnya juga ada yang berprofesi sebagai freelancer sebagai pekerjaan utamanya.
 

Contoh Pekerjaan Freelance

 

Contoh Pekerjaan Freelance - Wartawan
Photo by Brad Neathery on Unsplash
 
Berikut contoh pekerjaan freelancer yang perlu kamu ketahui, yaitu :
 

1. Penulis Freelance

 
Penulis merupakan salah satu pekerjaan freelance yang cukup banyak digemari. Apalagi kebutuhan terhadap artikel konten yang berkualitas saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan dunia digital dan internet.

Untuk menjadi penulis freelance dibutuhkan kemampuan membuat tulisan yang menarik, rapi, dan sistematis. Selain itu juga dibutuhkan komitmen yang tinggi dan manajemen waktu yang baik agar dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Penulis freelance dapat dibayar per artikel, per bulan, maupun per proyek, tergantung kesepakatan awal dengan klien.
 

2. Jasa Desain Grafis

 
Jasa desain grafis juga merupakan salah satu pekerjaan freelance yang menjanjikan. Selain jasa membuat desain grafis, Anda juga dapat menjual template desain, seperti template logo, template presentasi, template poster, dan lain sebagainya. Saat ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan, hampir menyamai kebutuhan para pemilik website dalam mencari penulis konten karena konten akan semakin menarik dengan tambahan gambar atau ilustrasi yang relevan. Anda juga bisa mengunjungi Sribu untuk memiliki design berkualitas.
 

3. Editor Freelance

 
Pekerjaan editor freelance erat kaitannya dengan dunia penulisan. Ada beragam pekerjaan editor yang ditawarkan secara freelance, mulai dari editor konten website, editor buku, hingga proofreader.
 

4. Fotografer Freelance

 
Kemampuan mengambil gambar atau foto yang menrik dan eksotis dapat menjadi peluang usaha freelance yang menjanjikan. Foto-foto yang menarik dapat dijual di beragam situs penyedia langganan foto berbayar seperti shutterstock, stockfresh, Alamy, dan lain sebagainya. Ada situs fotografi yang memberikan royalti dari setiap foto yang terjual, ada juga yang memberikan honor dari banyaknya jumlah unduhan foto.
 

Syarat Menjadi Freelance 

 

Syarat menjadi Freelance - Wartawan
Photo by Thiago Barletta on Unsplash
 
Menjadi seorang freelancer tidak selalu mudah dan menyenangkan. Seseorang harus memiliki keterampilan khusus dan juga pengalaman di suatu bidang. Sesuai dengan arti freelance yang disebutkan sebelumnya, adapun beberapa syarat menjadi freelancer adalah sebagai berikut :
 

1. Memiliki Keahlian Tertentu

 
Menjadi freelancer tentu harus memiliki keahlian tertentu yang ditawarkan kepada orang lain sehingga ada yang mau menggunakan jasanya. Selain itu, para freelancer juga harus memiliki contoh hasil kerja dan pengalaman yang cukup baik agar bisa sukses menjalankan profesi ini dan mendapatkan suatu project.
 

2. Mengenal Dunia Internet

 
Pada umumnya perusahaan atau seseorang yang membutuhkan freelancer akan mencarinya melalui internet. Itulah sebabnya setiap orang yang berprofesi sebagai freelancer sangat dekat dengan dunia internet. Untuk menawarkan dan mempromosikan keahlian dan jasanya kepada orang lain, para freelancer biasanya mendaftarkan diri dan mempublish hasil kerjanya di berbagai situs marketplace freelance. Jika Anda ingin memiliki Design Berkualitas, Anda bisa mengunjungi Website Freelancer Sribu.
 

3. Fleksibel dan Cepat Beradaptasi

 
Para pekerja lepas dapat mengerjakan tugasnya secara bebas, dimanapun dan kapanpun. Ini bisa menjadi keuntungan sekaligus tantangan bagi seorang freelancer. Kebebasan tersebut harus didukung dengan rasa tanggung jawab yang tinggi karena satu konsumen yang kecewa akan berdampak besar bagi karirnya. Seorang pekerja lepas harus fleksibel dan mudah beradaptasi dengan situasi yang dihadapinya dalam bekerja.
 

4. Harus Mampu Mengatur Waktu

 
Pekerja lepas harus memiliki aturan dan komitmen dalam menjalankan profesinya. Kesepakatan freelancer dengan pemberi kerja harus ditepati, dan hal ini seringkali berhubungan dengan tenggat waktu penyelesaian tugas.
 
Baca Juga : 5 Kelebihan Promosi Dengan Cara Endorse
 
 

Apa yang dimaksud Freelance?

Secara umum, Freelance adalah seseorang yang bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan klien atau orang yang memberikan pekerjaan tersebut. Kontrak kerja freelance biasanya hanya berisi proyek yang akan dikerjakan, biaya dan timeline pengerjaan. Menjadi seorang freelancer dapat dilakukan secara full time ataupun part time. Sebagian freelancer menjalankan profesi ini di luar pekerjaan utamanya. Namun, sebagian orang lainnya berprofesi sebagai freelancer sebagai pekerjaan utamanya.

Sebutkan Contoh Pekerjaan Freelance!

Contoh Pekerjaan Freelance, yaitu : Penulis Freelance, Jasa Desain Grafis, Editor Freelance, Fotografer Freelance

Sebutkan Syarat menjadi Freelance!

1. Memiliki Keahlian Tertentu 2. Mengenal Dunia Internet 3. Fleksibel dan Cepat Beradaptasi 4. Mampu Mengatur Waktu

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments