Take a fresh look at your lifestyle.

5 Kelebihan Promosi Dengan Cara Endorse

0 5

Arti endorse dalam pemasaran merupakan suatu bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan seseorang terhadap sebuah merek atau produk. Dukungan yang dimaksudkan biasanya dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki pengaruh atau public figure. Singkatnya, endorse adalah promosi tertentu yang memanfaatkan seorang profesional untuk menyebarkan hal positif mengenai suatu merek atau produk tertentu guna mendapatkan keuntungan dari hasil memakai nama orang terkenal yang telah mempromosikan produk atau merek miliknya.

Endorse memiliki hubungan erat dengan dunia pemasaran. Telah banyak pengusaha yang membuktikan bagaimana endorsement dari seorang profesional akan memberikan dampak positif untuk penjualan produk. Secara umum, terdapat beberapa pengertian lain dari endorse dan sangat tergantung dari bidang apa yang hendak dibahas. Untuk Anda yang belum mengetahui, kata endorse biasanya digunakan dalam bidang bisnis, pemasaran hingga asuransi. Dalam hal ini, endorse yang dimaksudkan berkaitan dengan bidang pemasaran online.

Jika Anda termasuk yang cukup aktif menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter, pasti kata-kata endorse sudah sering kali Anda dengar. Saat ini bahkan ada begitu banyak artis Instagram atau lebih dikenal dengan selebgram yang dibayar mahal untuk mengendorse sebuah produk atau brand. Saat mereka melakukan endorse atau dukungan positif terhadap suatu produk, maka para pengikut mereka akan berpotensi membeli produk tersebut. Setidaknya, dukungan profesional yang namanya sudah terkenal akan membuat produk atau brand tertentu menjadi lebih terkenal dibandingkan sebelumnya.

Fakta tersebut menjadi alasan mengapa banyak pebisnis tertarik menggunakan endorse sebagai teknik promosi kekinian. Di Indonesia sendiri, endorse bukanlah lagi perkara baru. Ada banyak pemilik toko online yang menggunakan ketenaran seorang artis untuk mempromosikan brand atau produknya. Salah satu media sosial paling banyak digunakan untuk promosi endorse ialah Instagram. Dalam teknik promosi endorse, salah satu faktor utama penentu keberhasilan ialah jumlah followers real dari endorsement seperti misalnya artis. Semakin banyak jumlah followers, maka semakin besar pula kemungkinan endorse akan berhasil. Setelah mengetahui apa itu endorse, berikut ini beberapa kelebihan melakukan promosi dengan cara endorse.

1. Promosi Lebih Efektif

 

Endorse
Sumber : https://kumparan.com/sociabuzz-blog/5-cara-agar-instagram-kamu-di-endorse

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, public figur atau orang terkenal biasanya selalu memiliki jumlah pengikut yang banyak dan senantiasa memperhatikan kegiatan-kegiatan mereka melalui laman Instagram. Tidak hanya kegiatan yang berkaitan dengan profesi saja yang akan diperhatikan, namun juga hal-hal yang bersifat pribadi yang diunggah ke media sosial selalu menjadi konsumsi publik. Setiap kali seorang profesional mempublish sesuatu ke akun media sosial, maka postingan tersebut akan terlihat oleh pengikutnya. Saat mereka mempromosikan produk atau brand tertentu, sudah pasti apa yang mereka promosikan akan terkenal.

Saat memposting produk atau brand tertentu, biasanya artis akan menambahkan tag akun Instagram penjual dan hastag yang berkaitan dengan cara promosi online suatu produk. Saat ini ada banyak artis ternama tanah air yang sering melakukan endorse untuk mempromosikan produk-produk para pebisnis kecil hingga besar. Biasanya para artis akan dibayar dengan sejumlah uang yang lumayan besar hanya dalam sekali postingan saja. Teknik promosi seperti sangat bermanfaat dan memberikan banyak keuntungan untuk pemilik produk.

Sebagai pengusaha, Anda tidak harus turun tangan atau mempersiapkan tim marketing khusus untuk menarik minat konsumen. Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang menggunakan akun media sosial. Dan siapa saja yang mengikuti orang profesional yang mendukung produk Anda merupakan calon konsumen potensial yang sebisa mungkin harus Anda manfaatkan.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

 

Menghemat Biaya Pemasaran
Photo by William Iven on Unsplash

Kelebihan melakukan promosi dengan cara endorse selanjutnya ialah menghemat biaya pemasaran. Kegiatan pemasaran jauh lebih mudah dengan menggunakan jasa endorse. Tidak hanya hemat biaya, namun endorse juga akan memberikan dampak baik untuk kegiatan pemasaran. Sederhananya, coba bayangan berapa jumlah pengeluaran kas perusahaan apabila kegiatan promosi dilakukan melalui pemasangan iklan di Televisi, koran, menggunakan tim promosi khusus yang pergi ke tempat keramaian, memasang baliho atau sejenisnya. Jelas, besaran biaya promosi yang Anda keluarkan sangat besar.

Sangat berbeda dengan promosi endorse, yang harus Anda lakukan ialah mengirimkan produk yang nantinya dipromosikan oleh seorang artis. Kemudian transfer biaya endorse sesuai tarif yang telah ditentukan oleh profesional seperti artis. Dalam memilih artis endorse, pastikan Anda hanya memilih artis yang berkompeten, aktif menggunakan sosial media dan memiliki banyak pengikut. Pastikan pula artis tersebut mampu dan cocok mempromosikan produk yang ingin Anda perkenalkan ke konsumen. Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan produk kecantikan maka jauh lebih tepat jika Anda memilih artis dengan paras yang cantik.

Atau misalkan Anda ingin mempromosikan produk perlengkapan bayi, maka pilihlah artis yang kerap membagikan kegiatan harian bersama bayinya. Begitu pula jika Anda ingin menjual produk pencerah kulit, pastikan Anda memilih artis cantik dengan kulit terawat sehingga konsumen lebih percaya dan tertarik memesan produk Anda. Tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi Anda sebagai pemilik produk, dari pihak endorse pun para artis juga akan mendapatkan keuntungan. Selain memperoleh bayaran dari jasa endorse yang dilakukannya, para artis biasanya juga akan memperoleh produk berkualitas secara gratis dari pemilik produk.

3. Meningkatkan Penjualan dan Followers

 

Meningkatkan Penjualan dan Followers
Photo by William Iven on Unsplash

Meningkatkan penjualan dan followers juga termasuk kelebihan promosi dengan cara endorse. Seorang artis pasti memiliki banyak fans yang senantiasa melihat dan mengikuti gayanya. Bahkan para fans sejati tidak ragu menggunakan produk apapun yang digunakan oleh artis idolanya. Hal inilah yang coba dimanfaatkan oleh banyak pengusaha. Kesetiaan fans bisa dijadikan jalan memperoleh keuntungan para pengusaha. Saat seorang artis melakukan endorse suatu barang, maka ada banyak pengikut artis tersebut yang ingin menggunakan produk yang sama. Akhirnya, penjual selaku pemilik produk akan mendapatkan banyak keuntungan.

Tidak mengherankan, dewasa ini begitu banyak pengusaha toko online yang memilih menggunakan jasa endorse para selebritis ternama. Cara promosi di era digital ini memang terbukti efektif meningkatkan penjualan produk. Selain kelebihan dari peningkatan penjualan produk, promosi endorse juga akan memberikan keuntungan dari sisi followers. Pasalnya, akun sosial media yang di tag atau disebutkan oleh artis akan kebanjiran followers dan pastinya membuka peluang untuk mendapatkan pelanggan tetap.

Begitupun dari sisi endorse, para artis juga akan mendapatkan keuntungan karena seperti yang dijelaskan, mereka akan mendapat sejumlah bayaran seperti yang mereka sebutkan dari awal. Sekaligus memperoleh produk gratis dan pemilik usaha. Melakukan endorse juga termasuk salah satu cara artis meningkatkan reputasinya. Tidak jarang, artis yang sering melakukan endorse malah menerima job iklan dari produk besar. Bahkan kadang biaya endorse produk sangat besar jika memang produk yang dipromosikan datang dari brand ternama.

4. Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Calon Pelanggan

 

Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Calon Pelanggan
Photo by Campaign Creators on Unsplash

Seperti yang diketahui, artis sosial media atau lebih dikenal dengan istilah selebgram memiliki ratusan hingga jutaan followers. Para artis dengan reputasi baik dan populer begitu mudah mempengaruhi pengikutnya untuk bergaya seperti dirinya. Para artis dengan mudah bisa mempengaruhi dan mengajak pengikut sosial medianya untuk melakukan, membeli dan menggunakan apapun yang digunakannya. Karena alasan inilah beberapa artis ternama lebih sering disebut sebagai influencer. Contoh Influencer pada halaman Toko baby murah

Sebagai seorang pengusaha online ataupun offline go online, Anda bisa mempromosikan produk dengan menggunakan jasa artis endorse. Pemasaran dengan menggunakan jasa orang terkenal seperti artis akan memberikan keuntungan secara tidak langsung pada reputasi perusahaan Anda sendiri. Saat para followers artis melihat dan ingin mencoba produk yang dipamerkan artis tersebut, konsumen lebih mudah percaya karena idola mereka sudah lebih dulu membuktikannya. Untuk itu, pastikan Anda memilih artis dengan reputasi baik untuk mendapatkan kepercayaan dan loyalitas para calon konsumen.

Ketika artis idola percaya menggunakan suatu produk, maka para fans dan pengikut tidak akan meragukannya. Misal, saat Jessica Iskandar mempromosikan suatu produk kecantikan di akun Instagramnya. Ia akan mendukung dan memberikan review positif mengenai produk tersebut sehingga para pengikut juga terpengaruh. Para pengikut tersebut juga semakin percaya dengan produk yang ingin Anda jual. Hal inilah yang membuat promosi dengan cara endorse produk melalui artis begitu banyak digunakan karena memberikan keuntungan terbaik. Jangan ragu untuk menggunakan jasa endorse untuk membangun kepercayaan calon konsumen Anda.

5. Produk dan Layanan Semakin Dikenal

 

Produk dan Layanan Semakin Dikenal
Photo by Igor Miske on Unsplash

Kelebihan terakhir yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa endorse produk ialah kesempatan memperkenalkan produk atau layanan ke jangkauan yang lebih luas. Artis merupakan public figure, di mana segala sesuatu yang berkaitan dengan artis selalu menjadi topik hangat di kalangan penggemar. Begitu pula dengan akun sosial media mereka, para penggemar yang mengikutinya akan terus memantau aktivitas artis termasuk saat sang idola menggunakan suatu produk. Selain diikuti penggemar, akun sosial media artis juga biasanya diikuti oleh para haters. Tak jauh berbeda dengan fans, para pembenci pun selalu memantau aktivitas artis tertentu untuk memberikan komentar-komentar sinis.

Fakta inilah yang membuat traffic yang masuk ke akun Instagram atau akun sosial media seorang artis sangat banyak. Saat Anda berkesempatan menggunakan jasa endorse produk dari artis tertentu, produk atau layanan yang Anda bawa juga akan dilihat dan dikenal oleh ratusan hingga jutaan pengikut artis. Artinya, produk atau layanan akan semakin populer dan kesempatan untuk meningkatkan penjualan semakin terbuka luas. Setiap peselancar dunia maya yang datang melihat akun sosial media artis endorse, mereka juga akan melihat produk atau layanan Anda. Untuk menghindari, komentar buruk menyerang produk Anda maka pastikan Anda lebih bijak saat memilih artis untuk melakukan endorse produk. Ada baiknya tidak menggunakan jasa endorse dari artis yang terlibat banyak kontroversi.

Demikianlah detail informasi mengenai pengertian endorse dalam pemasaran hingga beberapa kelebihan promosi dengan cara endorse. Jika Anda salah satu pelaku bisnis online maupun offline dan ingin meningkatkan keuntungan dengan promosi endorse, pastikan Anda telah memilih artis paling sesuai dan paling cocok mendukung produk atau brand yang ingin Anda tawarkan. Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari promosi endorse, diharapkan para pebisnis mampu memanfaatkan jasa endorse sebaik mungkin untuk kebutuhan promosinya. Semoga ulasan mengenai kelebihan dan arti endorse di atas bermanfaat untuk Anda.

Apa arti endorse dalam pemasaran?

merupakan suatu bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan seseorang terhadap sebuah merek atau produk. Dukungan yang dimaksudkan biasanya dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki pengaruh atau public figure. Singkatnya, endorse adalah promosi tertentu yang memanfaatkan seorang profesional untuk menyebarkan hal positif mengenai suatu merek atau produk tertentu guna mendapatkan keuntungan dari hasil memakai nama orang terkenal yang telah mempromosikan produk atau merek miliknya

Sebutkan kelebihan melakukan promosi dengan cara endorse!

1. Promosi Lebih Efektif 2. Menghemat Biaya Pemasaran 3. Meningkatkan Penjualan dan Followers 4. Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Calon Pelanggan 5. Produk dan Layanan Semakin Dikenal

Apa yang dimaksud dengan influencer?

Para artis dengan reputasi baik dan populer begitu mudah mempengaruhi pengikutnya untuk bergaya seperti dirinya. Para artis dengan mudah bisa mempengaruhi dan mengajak pengikut sosial medianya untuk melakukan, membeli dan menggunakan apapun yang digunakannya.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x