Take a fresh look at your lifestyle.

Menggunakan 4 Trik Tersembunyi Dari Whatsapp

0 7

Whatsapp sebagai aplikasi yang populer saat ini sekaligus juga menjadi aplikasi yang sangat penting bagi sebagian besar orang. Hampir sama fungsinya dengan Short Message Service (SMS) yang biasa Anda gunakan sebelum aplikasi ini muncul. Namun bedanya, Whatsapp menyajikan berbagai jenis fitur yang membuat Anda tidak hanya melakukan pengiriman pesan layaknya SMS dan telepon, tetapi juga mampu untuk melakukan video call, mengirim file dokumen, dan juga gambar.

Hal inilah yang kemudian membuat aplikasi Whatsapp semakin digemari dan merupakan bagian dari aplikasi primer yang harus ada di smartphone Anda. Tidak hanya di smartphone, bahkan Anda juga bisa menggunakannya dengan melalui PC atau laptop dengan menggunakan Whatsapp Web.
 

Fitur Unggulan Apa Saja yang Dimiliki Whatsapp?

 

 
Jika Anda men-download aplikasi Whatsapp, maka akan banyak sekali fitur unggulan yang bisa digunakan. Keseluruhan dari fitur-fitur ini sangatlah bermanfaat untuk Anda dalam berkomunikasi setiap harinya. Apa saja fitur-fitur unggul tersebut?
 

1. Pengiriman Pesan Teks

 
Seperti halnya dengan SMS, Anda bisa mengirim pesan melalui Whatsapp yang biasa disebut dengan chatting. Tampilannya adalah berupa dialog antara Anda dan lawan komunikasi Anda. Bahkan Anda pun juga bisa membubuhkan emoticon dengan berbagai bentuk dan juga tersedia GIF yang bisa Anda gunakan di sela-sela aktivitas chatting Anda.
 

2. Telepon

 
Anda juga bisa bertelepon dengan mereka yang juga memiliki akun Whatsapp. Bahkan Anda juga bisa tersambung dengan beberapa orang untuk saling terhubung dan berbicara. Dalam hal ini juga memungkinkan Anda untuk bisa mengirim pesan suara dari suara Anda sendiri layaknya merekam dan kemudian akan bisa didengarkan dengan lawan komunikasi Anda atau penerima pesan.
 

3. Pengiriman Foto

 
Pengiriman foto atau gambar sangat memungkinkan Anda kirimkan melalui aplikasi ini. Anda bisa mengambil foto atau gambar dari galeri di smartphone Anda atau menggunakan kamera secara langsung. Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama dan langsung bisa dilihat oleh penerima pesan.
 

4. Pengiriman Dokumen

 
Jika Anda memiliki file tugas-tugas yang harus dikirimkan, maka selain menggunakan email, Anda juga bisa memanfaatkan Whatsapp. Anda bisa mengirim tugas sekolah maupun berkas-berkas kantor yang harus segera untuk diproses atau digunakan.
 

5. Membagikan Lokasi

 
Ketika ada teman atau saudara Anda yang akan berkunjung ke rumah Anda dan mereka tidak mengetahui alamat tersebut secara jelas, maka untuk menghindari salah jalan bisa dengan menggunakan GPS yang dibagikan kepada teman atau saudara Anda tersebut. Fitur ini sangat memudahkan bagi siapa saja untuk bepergian tanpa takut salah arah.
 

Kelebihan Menggunakan Whatsapp

 

Sudah berapa lama Anda menggunakan Whatsapp? Dan kelebihan apa saja yang bisa Anda dapatkan? Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp ada beberapa kelebihan yang diberikan dan akan sangat memberikan Anda keuntungan dengan menggunakannya. Apa saja kelebihan tersebut?
 

1. Lebih Hemat

 
Jika dibandingkan dengan menggunakan SMS dan telepon yang bisa menguras pulsa Anda, namun dengan menggunakan Whatsapp, Anda membutuhkan jaringan internet dan kuota. Dan biaya yang harus dikeluarkan pun lebih sedikit dibandingkan dengan pulsa. Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan WiFi yang tidak akan menggunakan kuota Anda sama sekali.
 

2. Waktu Yang Lebih Efisien

 
Bagi Anda yang sibuk dan selalu memiliki pekerjaan-pekerjaan yang harus segera dikirimkan dalam waktu yang cepat, maka Whatsapp adalah solusinya. Bahkan Anda bisa menggunakan Whatsapp Web agar aplikasi ini bisa Anda gunakan di komputer. Sehingga pengetikan akan lebih mudah dan cepat. Pekerjaan Anda pun akan sangat terbantu dan lebih cepat di dalam mengirimkannya.
 

3. Fitur Cepat Untuk Mencari Pesan

 
Dari banyaknya pesan yang Anda terima, kemungkinan untuk mencari pesan yang Anda cari akan kesulitan. Namun dengan menggunakan Whatsapp, Anda bisa menemukannya dengan mudah dan cepat. Hanya dengan menggunakan Whatsapp Web dan mengetikkan kata yang Anda cari di kotak pencarian yang terletak di pojok kanan atas, maka pesan yang Anda cari bisa segera ditemukan.
 

4. Mem-back up Pesan

 
Fitur yang ditawarkan oleh Whatsapp ini sangat menarik. Di mana memungkinkan bagi Anda untuk membackup pesan yang Anda inginkan. Sehingga sewaktu-waktu Anda ingin melihat atau membaca pesan tersebut, masih bisa Anda lakukan. Bahkan Anda bisa mem-back up pesan tersebut dalam hitungan minggu, bulan, hingga tahun.
 

5. Tersedia Fitur Stories

 
Fitur ini menjadi salah satu fitur yang digemari di dalam Whatsapp. Di mana Anda bisa memposting foto, video, maupun tulisan. Anda juga bisa melihat story-story yang dibagikan oleh orang lain yang terdapat di kontak Anda. Bahkan Anda juga bisa mengaturnya untuk siapa saja yang bisa melihat story Anda tersebut.
 

4 Trik Tersembunyi Whatsapp

 

Adanya fitur-fitur unggulan yang cukup banyak yang dimiliki oleh Whatsapp, maka sebagian besar orang akan menggunakan fitur tersebut. Di mana fitur-fitur tersebut sangat mudah untuk diketahui dan bisa langsung digunakan. Namun, selain adanya fitur-fitur unggulan yang sudah diketahui oleh pengguna Whatsapp, ada juga fitur-fitur lain yang biasa disebut dengan fitur tersembunyi atau fitur rahasia yang juga sangat bermanfaat untuk bisa Anda gunakan dalam melakukan aktivitas chatting setiap waktunya.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Whatsapp sangat lah bisa diandalkan oleh para penggunanya. Whatsapp juga memiliki 4 trik tersembunyi dari Whatsapp yang perlu untuk Anda ketahui untuk membuat aktivitas di aplikasi ini semakin menyenangkan. Namun, masih sebagian orang saja yang menggunakannya. Berikut ini adalah adalah trik-trik yang harus Anda ketahui.
 

1. Mengubah Font Yang Unik

 
Pernahkan Anda membuat font atau tulisan yang Anda ketikkan di pesan Whatsapp berbentuk miring, tebal, dan mencoret kata tersebut? Hal ini bisa Anda lakukan di aplikasi ini. Untuk bisa membuat tulisan Anda tebal, maka Anda bisa melakukannya dengan cara memberikan tanda bintang pada dua sisi kata yang Anda ketikkan dan akan Anda beri tebal. Sedangkan untuk membuat miring tulisan Anda, maka Anda bisa memberi tanda garis bawah pada kedua sisi kata yang akan Anda buat miring. Dan jika Anda akan membuat tulisan yang dicoret, Anda perlu untuk memberikan garis yang berlekuk tilde pada dua sisi kata yang akan Anda coret tersebut. Cukup mudah untuk dilakukan bukan?
 

2. Laporan Jumlah Pesan

 
Hal ini akan membuat Anda menjadi tahu siapa-siapa saja yang paling sering Anda kirimi pesan, mengecek mengenai pesan yang Anda kirim maupun diterima, mengecek banyaknya pembagian lokasi yang sudah Anda lakukan, dan banyaknya panggilan yang keluar maupun yang masuk. Cara yang bisa Anda lakukan ketika Anda sudah membuka aplikasi Whatsapp adalah memilih menu Pengaturan yang dilanjutkan dengan membuka Panel Data dan Penyimpanan.

Setelah itu Anda perlu untuk memilih Penggunaan Jaringan atau pun Penggunaan Penyimpanan. Di halaman itu lah Anda bisa menjumpai daftar dari obrolan Anda yang berdasarkan dengan ruang penyimpanan yang digunakan. Anda bisa mengecek banyaknya teks yang sudah Anda kirimkan pada penerima pesan Anda dengan cara mengklik satu dari obrolan dan kemudian Anda akan disajikan dengan data yang berbentuk statistik. Bukan hanya dalam bentuk pesan teks, tetapi Anda juga bisa mengecek banyaknya dari video, foto, pesan suara, dokumen-dokumen, stiker, dan GIF, dan banyaknya penyimpanan yang sudah digunakan.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak melakukan pengecekan ini, namun dengan adanya tips teknologi ini akan membuat Anda semakin penasaran dan berubah pikiran untuk segera mengeceknya.
 

3. Obrolan Favorit Secara Permanen

 
Untuk bisa memiliki obrolan favorit secara permanen ini bisa Anda lakukan di smartphone Anda, iPhone, dan juga di komputer. Ketika Anda menggunakan smartphone, maka Anda perlu untuk menahan ketukan pada obrolan yang ingin Anda beri tanda pin dan ketuklah ikon pin tersebut dan akan muncul pada bagian layar sebelah atas. Untuk bisa melepaskan sematan obrolan tersebut, Anda harus menahan ketukan Anda dan ketuk lah ikon delete atau hapus pin.

Sedangkan jika Anda menggunakan iPhone, maka Anda harus menggeser ke sebelah kanan yang ditujukan pada obrolan yang akan Anda beri tanda pin. Ketuklah pin tersebut, dan hal tersebut kemudian akan mengunci obrolan ke bagian atas dari aplikasi Anda. Anda bisa membatalkannya dengan cara menggeser ke sebelah kanan pada obrolan yang disematkan kemudian ketuk dan lepaskan sematan.

Dan jika Anda menggunakan komputer untuk membuka Whatsapp, maka Anda bisa meng-klik tanda panah yang terletak di bawah di sebelah kanan obrolan. Dan pilihlah ”Sematkan” untuk bisa menyematkan obrolan tersebut. Selain itu Anda juga bisa membatalkan obrolan dengan cara melakukan cara yang sama dengan sebelumnya, namun Anda harus melepaskan sematan dari obrolan. Di sini Anda akan dibatasi untuk bisa melakukan penyematan obrolan favorit yang Anda pilih maksimal 3 obrolan ke bagian atas dari obrolan Anda yang dilakukan pada whatsapp desktop Anda.
 

Atasi Whatsapp Yang Error

 

Atasi Whatsapp Yang Error
Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Whatsapp Anda juga memiliki memori yang jika kepenuhan bisa menyebabkan aplikasi ini menjadi bermasalah bahkan error. Sedangkan Whatsapp adalah aplikasi penting yang bisa menghubungkan komunikasi Anda dengan orang lain. Jika komunikasi Anda terlambat, maka Anda juga akan tertinggal atau terlambat untuk mengetahui informasi. Oleh karena itu, Anda juga perlu untuk selalu mengecek memori Whatsapp Anda dan melakukan pembersihan jika sudah terlalu penuh. Namun, bagaimana jika Whatsapp Anda tiba-tiba mengalami error? Apa yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya? Berikut tips dan triks untuk Anda.
 

1. Meng-install Kembali

 
Hal ini biasa dilakukan pengguna Whatsapp jika mereka menemui kondisi Whatsapp-nya eror atau melakukan update atau memperbarui dengan melalui Play Store yang ada di smartphone Anda. Jika Anda gagal, maka Anda bisa menghapus aplikasi Whatsapp yang ada di smartphone dan kemudian memasangnya kembali untuk mendapatkan aplikasi yang baru.
 

2. Me-restart Smartphone

 
Untuk error yang masih dalam level ringan, misalnya Anda kesulitan untuk mengirimkan pesan, maka Anda bisa mencoba untuk me-restart smartphone Anda terlebih dahulu. Setelah smartphone on kembali, Anda bisa mencoba untuk mengirimkan pesan kembali.

Sebagai aplikasi yang pokok, penggunaan smartphone perlu untuk dimaksimalkan. Mengetahui adanya fitur-fitur tersembunyi atau fitur rahasia akan semakin mengoptimalkan penggunaan Whatsapp Anda dan semakin banyak pekerjaan Anda yang terbantu. Begitu pun jika sewaktu-waktu Whatsapp Anda bermasalah, segera lakukan pengecekan agar komunikasi dapat terus terhubung dengan lancar.
 
 

Fitur Unggulan Apa Saja Yang Dimiliki Whatsapp?

1. Pengiriman Pesan Teks 2. Telepon 3. Pengiriman Foto 4. Pengiriman Dokumen 5. Membagikan Lokasi

Apa Kelebihan Menggunakan Whatsapp?

1. Lebih Hemat 2. Waktu Yang Lebih Efisien 3. Fitur Cepat Untuk Mencari Pesan 4. Mem-back up Pesan 5. Tersedia Fitur Stories

Sebutkan 3 Trik Tersembunyi Whatsapp!

1. Mengubah Font Yang Unik 2. Laporan Jumlah Pesan 3. Obrolan Favorit Secara Permanen

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of