Take a fresh look at your lifestyle.

Masjid Al Aqsa Kembali Dibuka Untuk Semua Warga Palestina

0 4
Masjid Al Aqsa Kembali Dibuka Untuk Semua Warga Palestina

Ribuan orang yang dilarang memasuki al-Aqsa salat di jalanan (Foto: Lior Mizrahi)

Jerusalem – Ribuan warga Palestina  kembali memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki, setelah pemerintah Israel mencabut pembatasan usia yang diberlakukan sebelumnya pada Jumat (28/7).

Otoritas keagamaan Waqf Islam yang mengelola majelis tersebut mengumumkan, semua gerbang akan dibuka untuk orang-orang Palestina dari segala umur.

Sebelumnya pada hari itu, polisi Israel menutup akses ke tempat kompleks tersebut untuk pria di bawah usia 50 tahun, dan menutup beberapa gerbang majemuk tersebut.

Pengumuman tersebut baru datang beberapa jam sebelum salat dimulai. Ribuan orang salat di jalanan dan berada di luar gerbang majemuk. Menurut pejabat agama, 10.000 jamaah berhasil masuk ke dalam kompleks Masjid Al-Aqsa untuk menunaikan salat Zhuhur, dikutip Al Jazeera pada Jumat (28/7)

Protes kecil terhadap pembatasan ini pecah setelah salat di berbagai kota dan kota di Tepi Barat yang diduduki. Menurut laporan Bulan Sabit Merah, Israel melepaskan tembakan langsung, peluru karet dan gas air mata di kerumunan. Kemudian, seorang pemuda ditembak mati oleh tentara Israel yang dituduh melakukan upaya menusuk, selatan Bethlehem di dekat blok permukiman Gush Etzion.

Namun, saksi lokal mengatakan, tentara Israel menembaki Abdullah Taqatqa yang berusia 24 tahun saat ia berada 20 meter dari mereka. Protes juga terjadi di sepanjang perbatasan Jalur Gaza, yang menelan nyawa Abdelrahman Abu Humeisa yang berusia 16 tahun oleh tentara Israel.

Tujuh warga Palestina lainnya terluka oleh tembakan langsung di Jabaliya timur, sebelah utara jalur timur dan timur wilayah Bureij, di tengahnya

Meski begitu, menurut pantauan, Stefanie Dekker dari Al Jazeera, yang melaporkan dari luar Gerbang Damaskus, mengatakan situasi di sana sangat damai. “Ada beberapa bentrok di sekitar Gerbang Singa dan Wadi Joz, namun secara umum semuanya berjalan dengan relatif damai,” katanya, merujuk pada sebuah lingkungan Palestina di utara Kota Tua.

TAGS : Yerusalem Palestina Israel Mesjid Al-Aqsa

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19434/Masjid-Al-Aqsa-Kembali-Dibuka-Untuk-Semua-Warga-Palestina/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x