Take a fresh look at your lifestyle.

Lolos SNMPTN Bukan Berarti Sudah Diterima PTN Lho

0 2
Lolos SNMPTN Bukan Berarti Sudah Diterima PTN Lho

Ilustrasi (Foto: Antaranews)

Jakarta, Jurnas.com – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) M. Nasih mengingatkan agar para pendaftar yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), mengikuti proses lanjutan di PTN tujuan.

Dia menegaskan bahwa SNMPTN hanya mengumumkan lulus atau tidak lulus, bukan diterima atau tidak diterima di perguruan tinggi negeri yang dipilih.

“Karena untuk diterima, ada proses lanjutan termasuk verifikasi data rapor, portofolio, dan akademik apakah betul dengan kondisi riilnya,” kata Nasih dalam konferensi video pada Rabu (8/4) siang.

“Kalau tidak benar (datanya), maka status kelulusan akan dibatalkan atau tidak diterima,” imbuh dia.

Karena itu, lanjut Nasih, pendaftar yang lulus SNMPTN diimbau agar memantau dan membaca secara cermat ketentuan mengenai penerimaah mahasiswa baru di PTN tujuan.

Dia menyebut, ketidakcermatan dalam memenuhi ketentuan PTN, di antaranya mengenai registrasi ulang, akan berdampak pada status penerimaan.

“Misalnya verifikasi atau lapor diri dilakukan 10 april, tapi karena tidak membaca (pengumuman), lalu baru membaca 15 april, ini akan menyebabkan kelulusan saudara menjadi batal,” tegas dia.

Nasih menambahkan, bagi pendaftar yang memiliki kendala ekonomi dalam proses registrasi ulang, mengingat dampak pandemi virus corona baru (Covid-19), diharapkan segera melapor, alih-alih menunda registrasi ulang.

“Nanti para rektor juga punya kepedulian. Kelonggaran-kelonggaran tetap diupayakan,” tandas dia.

TAGS : SNMPTN 2020 LTMPT Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/70247/Lolos-SNMPTN-Bukan-Berarti-Sudah-Diterima-PTN-Lho/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments