Take a fresh look at your lifestyle.

Fungsi DPR RI Dipakai Kongres AS pada 100 Tahun Lalu

0 9
Fungsi DPR RI Dipakai Kongres AS pada 100 Tahun Lalu

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memimpin delegasi parlemen Indonesia melakukan pertemuan dengan anggota parlemen dari Partai Demokrat Amerika (Foto: Humas DPR)

Amerika – Sistem demokrasi di Indonesia masih jauh tertinggal jika dibanding dengan Amerika Serikat (AS). Sebab, fungsi dan peran Kongres AS sangat besar baik dalam legislasi maupun penentuan budgeting pemerintah.

Demikian disampaikan anggota kongres AS David Price, saat menggelar pertemuan dengan delegasi DPR RI, di Washington DC, Kamis (2/11). Price menjelaskan, pemerintah AS sadar bahwa uang itu ada di kongres AS.

Sehingga, kata Price, Kongres AS berhak melakukan penolakan budgeting pemerintah apabila tidak sesuai bahkan bisa men-shutdown pemerintah seperti yang terjadi pada era pemerintahan Obama.

“Apa yang dialami DPR Indonesia saat ini sebenarnya telah dialami oleh Kongres AS sejak 100 tahun yang lalu. Untuk itu, DPR RI harus terus bersama bergerak sesuai UU yang berlaku bahwa DPR RI adalah kuasa rakyat,” ujar Price.

Agenda penting lainnya dalam kunjungan ini adalah pertemuan dengan Clerk of the US House of Representatives yang merupakan pejabat tinggi dilingkungan kongres AS. Lembaga sejenis Sekjen DPR ini bertanggung jawab atas dukungan administrasi, pengelolaan informasi dan data.

Pada kesempatan yang sama, wakil ketua DPR Fahri Hamzah berharap, desain reformasi parlemen Indonesia lebih baik ke depan. Hal itu dalam rangka memperkuat fungsi DPR RI.

“Tim Reformasi DPR merencanakan pemecahan UU MD3 menjadi setidaknya Empat UU. Diantaranya, UU DPR, UU DPD dan UU MPR. Dan juga UU tentang Kawasan Legislatif,” katanya.

Kunjungan kerja delegasi DPR RI berlangsung selama tiga hari di Washington DC, mulai 1 Oktober sampai 3 November 2017. Agenda kegiatan dengan mengunjungi Kongres AS, United States Partnership Indonesia (Usindo), House Democracy Partnership (HDP), Tour Library of Congress, KBRI Indonesia di Washinton DC dan United Nation PBB di New York.

TAGS : Warta DPR Pimpinan DPR Fahri Hamzah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24213/Fungsi-DPR-RI-Dipakai-Kongres-AS-pada-100-Tahun-Lalu/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments