China Sebut Kapal Perang USS Stethem Memprovokasi

China Sebut Kapal Perang USS Stethem Memprovokasi

USS Stethem tiba di Shanghai pada tahun 2015, berlayar dekat dengan Pulau Triton (Foto: AP)

Jakarata – Beijing menyebut kehadiran kapal perang Amerika Serikat di dekat pulau yang disengketakan di Laut China Selatan adalah provokasi politik dan militer yang serius.

USS Stethem berlayar dekat dengan Pulau Triton, bagian dari kepulauan Paracel yang diklaim oleh China dan negara lainnya. Negara yang dijuluki Tirai Bambu tersebut segera menanggapi dengan mengirim kapal militer dan jet tempur ke daerah tersebut.

Menurut laporan BBC pada Senin (3/7), hal itu terjadi beberapa jam sebelum Presiden AS, Donald Trump dan rekan China Xi Jinping berbicara via telepon.

Selama percakapan kedua pemimpin tersebut belangsung berlangsung, Xi mengatakan kepada Trump bahwa faktor negatif mempengaruhi hubungan AS-China, menurut laporan TV pemerintah China.

Pernyataan Gedung Putih terkai komunikasi kedua pemimpin tersesbut tidak menyinggung apakah kedua pemimpin itu membicarakan kejadian tersebut. Namun justru melaporkan, bahwa kedua pemimpin menegaskan kembali komitmen mereka terhadap semenanjung Korea

Amerika Serikat berulang kali memperingatkan China terhadap pendudukannya dan reklamasi pulau-pulau yang agresif di perairan yang disengketakan, namun Beijing mengatakan hak tersebut berada dalam hak kedaulatannya untuk melakukannya.

TAGS : Laut China Amerika Serikat Militer Jepang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18304/China-Sebut-Kapal-Perang-USS-Stethem-Memprovokasi/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz