Take a fresh look at your lifestyle.

Cari Fakta, Pansus Angket KPK akan Sambangi Napi Tipikor

0 5
Cari Fakta, Pansus Angket KPK akan Sambangi Napi Tipikor

Wakil Ketua Pansus Angket KPK dari Fraksi PDIP, Risa Mariska

 

Jakarta – Panitia Khusus Hak Angket KPK di DPR akan menemui beberapa narapidana kasus tindak pidana korupsi di Lapas Suka Miskin Bandung dan Rumah Tahanan Pondok Bambu Jakarta Timur pada 6 Juli 2017.

“Tanggal 6 Juli Pansus KPK akan ada dua kunjungan yaitu ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Sukamiskin (Bandung) dipimpin Pak Agun (Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunanjar) dan Pondok Bambu Jakarta dipimpin saya,” kata Wakil Ketua Pansus itu Risa Mariska di Gedung Nusantara III DPR Jakarta, Senin.

Keputusan tersebut sesuai hasil rapat internal yang berlangsung tertutup di Gedung Nusantara III DPR Jakarta, Senin.

Risa menjelaskan maksud kunjungan tersebut dalam rangka menggali dan mendapatkan informasi tentang apa saja yang dirasakan para narapidana korupsi. Dia mencontohkan mengenai proses penyelidikan dan penyidikan kasus ketika masih ditangani KPK.

“Apakah ada penyimpangan atau hal-hal yang dirasa merugikan atau melanggar HAM, kita sering dengar. Tapi kami tidak bisa bilang itu menjadi fakta sehingga Pansus harus mencari faktanya,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ia menjelaskan sebelum mendatangi kedua tempat tersebut, Pansus telah mengirimkan surat ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) soal data narapidana korupsi.

Menurut dia, Pansus menunggu surat balasan dari Kemenkumham sehingga bisa menentukan jumlah napi tipikor yang akan ditemui Pansus di kedua tempat tersebut.

“Saat ini kita masih menunggu mengenai data-datanya namun untuk pekan ini tentatif pasti suratnya akan direspons segera. Kami masih menunggu surat Kemenkumham,” katanya.

Anggota Pansus Angket KPK Mukhamad Misbakhun menjelaskan pihak-pihak yang akan ditemui Pansus adalah semua orang yang menjadi narapidana sejak KPK berdiri pada 2002.

Selain itu dia mengatakan Pansus rencananya akan mendatangi kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Selasa (4/6) pukul 13.00 WIB yang dipimpin Ketua Pansus Angket Agun Gunandjar menanyakan terkait audit BPK terhadap KPK.

“Kami akan menanyakan audit BPK terkait (keuangan) lembaga KPK,” katanya.

 

TAGS : Pansus KPK tipikir napi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18296/Cari-Fakta-Pansus-Angket-KPK-akan-Sambangi-Napi-Tipikor/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x