Take a fresh look at your lifestyle.

Cak Imin Sebut Toleransi Harus Terintegrasi Dalam Kurikulum Pendidikan

0 5
Cak Imin Sebut Toleransi Harus Terintegrasi Dalam Kurikulum Pendidikan

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar

Surabaya – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan,  penanaman nilai toleransi harus terintegrasi dalam kurikulum pendidikan. Sebab, menurutnya gejala intoleransi agama yang memunculkan radikalisme serta fundamentalisme merupakan ancaman yang serius bagi NKRI.

Kasus-kasus intoleransi agama di Indonesia, kata Cak Imin, pada umumnya didominasi oleh kekerasan dan penyerangan, penyebaran kebencian, pembatasan berpikir, penyesatan dan pelaporan kelompok yang diduga sesat, yang berujung pada pembatasan aktifitas keagamaan serta konflik tempat ibadah.

Sedangkan pelaku tindakan intoleransi agama pada umumnya justru berasal dari ormas keagamaan, kelompok masyarakat, dan individu.

“Bentuk-bentuk kekerasan yang dilakukan dengan mengatasnamakan agama oleh kelompok tertentu, jika terus dibiarkan akan menjadi ancaman yang serius bagi bangsa Indonesia. Tidak diragukan lagi,  radikalisme yang telah mewujud dalam tindakan kekerasan seperti  bom bunuh diri, telah menyebarkan rasa takut dan ngeri di masyarakat,” kata Cak Imin, Rabu (13/9) lewat siaran pers, di Jakarta.

Karena itu, tegas Cak Imin, upaya untuk memperkokoh kebhinekaan harus memperhatikan tiga aspek, yakni penegakkan hukum secara tegas terhadap pelaku tindak kekerasan, ormas-ormas keagamaan harus didorong untuk mengedepankan dialog dan kerjasama serta penanaman nilai-nilai toleransi.

“Penanaman nilai toleransi ini harus diajarkan sejak dini dan berkelanjutan kepada anak-anak mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi,” tegasnya.

Toleransi, jelas dia, harus diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan atau setiap mata pelajaran agama dan budaya, sehingga sikap toleran tertanam kokoh dan menyatu dalam jiwa setiap siswa. Cara penafsiran dan pemahaman tunggal terhadap ajaran agama perlu dihindarkan sehingga siswa terbiasa berpikir terbuka dan menghargai perbedaan.

TAGS : PKB Muhaimin Iskandar Cak Imin Toleransi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21708/Cak-Imin-Sebut-Toleransi-Harus-Terintegrasi-Dalam-Kurikulum-Pendidikan/

 

Sekolah TK Islam Terbaik di Depok

Playgroup Depok

Playgroup Terbaik di Depok

Sekolah SD yang bagus di Depok

Kelompok Bermain (KB) di Tanah Baru Depok

TK Islami Depok

Sekolah SD favorit di Depok

Simak Info Jual Media Pembelajaran

Lokasi Jasa Pembuatan Elearning

Jual Software Media Pembelajaran

Dimana Jual Media Pembelajaran Sekolah

Review Media Pembelajaran

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments