Take a fresh look at your lifestyle.

8 Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Selain Belajar

0 8

Tahukah Anda bahwa otak manusia, mempunyai potensi untuk terus berkembang. Tentunya hal ini tidak bisa didapat secara instan, namun harus dilatih dengan baik. Adapun proses melatih kemampuan otak tersebut, tidak harus selalu dengan belajar. Masih ada cara-cara lainnya, yang dapat Anda lakukan, guna melatih kemampuan otak untuk terus berkembang. Dalam ulasan berikut ini, akan dibahas beberapa tips belajar atau cara meningkatkan kemampuan otak yang dimaksud, antara lain :
 

1. Meditasi 

 

Meditasi adalah cara untuk meningkatkan kinerja otak selain belajar
Photo by madison lavern on Unsplash
 
Tahukah Anda bahwa sebuah studi di Cambridge University menyatakan bahwa, melakukan meditasi, ternyata mampu meningkatkan kinerja otak, jadi lebih cerdas dan juga lebih tajam. Ada cukup banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika melakukan meditasi tersebut, antara lain mampu melatih otak agar lebih tenang, fokus dan mampu berpikir secara jernih. Selain itu, juga mampu melatih konsentrasi, kesabaran, dan juga mampu meningkatkan daya ingat.

Masih berdasarkan penelitian tersebut, seseorang sebaiknya rutin melakukan meditasi, atau melakukan aktivitas menenangkan pikiran ini selama minimal 15 menit setiap hari. Proses untuk melakukan kegiatan ini, sebaiknya dilakukan setelah bangun tidur, atau juga setelah berolahraga.

Adapun proses melakukan meditasi ini tidak terlalu sulit, dan dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti dengan mengatur pernafasan, melakukan yoga, atau bahkan menatap lilin yang sedang menyala, di sebuah ruangan yang tenang.
 

2. Berhitung 

 

Berhitung adalah salah satu cara meningkatkan otak selain belajar
Photo by Alexander Mils on Unsplash
 
Adapun cara melatih kemampuan otak lain, yang dapat Anda coba lakukan adalah, dengan cara berhitung. Ini adalah salah satu teknik sederhana, yang dapat dilakukan, untuk tetap menjaga dan meningkatkan kecerdasan otak.

Teknik sederhana yang dapat dilakukan, adalah mencoba menghitung apapun secara manual, dan bukan menggunakan kalkulator. Pola berhitung yang sebaiknya dilakukan, tidak perlu yang terlalu rumit, namun justru, yang paling sederhana. Bahkan secara tidak Anda sadari, Anda pun sering melakukan teknik ini.

Salah satu teknik atau kebiasaan rutin, yang dapat dilakukan, adalah dengan menghitung berbagai macam pengeluaran sehari-hari, misalnya saja menghitung, biaya transportasi, biaya makan sehari-hari, biaya belanja ke pasar, atau yang lainnya. Untuk melakukan kegiatan seperti ini, tentunya kurang nyaman, ketika menggunakan kalkulator.
 

3. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

 

Mengkonsumsi makanan bergizi adalah salah satu meningkatkan kinerja otak selain belajar
Photo by Brooke Lark on Unsplash
 
Adapun cara meningkatkan kemampuan otak yang tentunya dapat dilakukan, selain belajar, adalah mengkonsumsi makanan bergizi. Anda yang tidak suka belajar, namun suka makan, sebaiknya perhatikan ulasan berikut ini ! Pastinya Anda tahu, bahwa ada beberapa makanan yang memang berpengaruh baik untuk tubuh, dan banyak juga makanan yang tidak baik untuk tubuh. Mengingat makanan adalah bahan bakar sekaligus sebagai sumber energi bagi tubuh, jadi sudah pasti, Anda harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Pastinya mengkonsumsi makanan bergizi, ternyata mampu meningkatkan kecerdasan otak. Otak, ternyata membutuhkan lebih dari 20% nutrisi dan juga oksigen yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi, sebaiknya tidak sembarangan, pilih makanan yang kaya akan gizi, dan bukan makanan jenis cepat saji. Contohnya saja omega 3, minyak ikan, protein, dan juga vitamin B kompleks, kandungan-kandungan tersebut, ternyata mampu membantu merangsang kinerja otak secara lebih baik. Adapun aneka kandungan gizi tersebut dapat ditemukan pada berbagai macam bahan, seperti berbagai macam jenis ikan mackerel, tuna, atau juga salmon. Ikan-ikan jenis ini, kaya akan asam lemak omega 3 dan juga mampu membantu fungsi neuron. Selain aneka jenis ikan, ada juga aneka bahan lainnya yang juga mengandung berbagai nutrisi untuk otak, seperti alpukat, sayuran, beras merah, sereal, dan aneka buah-buahan lainnya. Bahkan beberapa jenis kacang-kacangan, seperti jenis kenari, yang kaya akan kandungan nutrisi bagi otak.

Jadi dalam hal ini, Anda sebaiknya menjaga asupan nutrisi tersebut secara baik, agar otak juga dapat bekerja dengan baik.
 

4. Olahraga

 

 
Tahukah Anda, bahwa olahraga juga ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak !

Pasalnya, ketika seseorang berolahraga, tidak hanya otot pada tubuh saja yang bergerak. Namun sistem peredaran darah dalam tubuh, juga mampu berjalan secara lancar, bahkan lebih baik. Artinya dengan berolahraga, maka tubuh mampu bekerja dan terlatih dengan baik, sehingga mampu mengatasi ketumpulan fungsi. Secara tidak langsung, ketika seseorang rajin melakukan olahraga secara rutin maka kapasitas kinerja otak, dapat terjaga dengan baik, dan tetap tajam. Hasilnya mampu meningkatkan kemampuan kognitif di otak. Ada lagi, keuntungan lain, yang akan Anda dapatkan dari kegiatan berolahraga, yaitu, mampu meningkatkan kinerja jantung dan mampu meng oksigenasi otak secara baik.

Seperti yang juga dipublikasikan oleh ‘British Journal of Sports Medicine’ dan juga ‘US National Library of Medicine’, menginformasikan, bahwa ketika seseorang rajin melakukan olahraga secara teratur, mampu menciptakan sel otak baru.

Ada cukup banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan secara rutin, seperti berenang, lari pagi, bermain basket, atau yang lainnya. Olahraga yang baik, sebaiknya dilakukan minimal 20 menit setiap harinya, bahkan akan lebih baik, jika Anda mampu melakukannya setidaknya 1 jam setiap hari. Proses ini dapat dilakukan pada pagi dan sore hari. Jika malas berolahraga berat, tidak masalah, coba saja, beberapa kegiatan berikut ini, seperti berjalan santai / jogging, melakukan yoga, atau juga bersepeda santai.
 

5. Membaca

 
Belajar dengan Metode Menghafal 
 
Berikutnya dalam cara meningkatkan kemampuan otak selain belajar, adalah dengan membaca. Tentunya belajar berbeda dengan membaca. Kebiasaan membaca ini memang tidak banyak disukai, karena banyak orang menilai, kebiasaan yang satu ini sangat membosankan, dan terkadang buat orang ngantuk.

Nyatanya seperti yang diketahui bersama buku adalah jendela ilmu, dan pastinya ada banyak sekali buku yang dapat dibaca di dunia ini. Anda tidak harus membaca kesemuanya, namun baca buku atau ulasan yang dinilai mampu dibaca. Ada banyak sekali manfaat yang didapat, dengan kegiatan yang satu ini, antara lain :

  • Kegiatan membaca ini, mampu meningkatkan kecerdasan otak. Ketika seseorang rutin melakukan aktifitas membaca setiap hari, secara tidak langsung akan memberikan pengalaman baru bagi otak. Ini yang nantinya membuat otak terus terangsang, dan tetap aktif untuk berpikir. Seperti kiasan menyebutkan bahwa ‘seperti pisau yang semakin diasah semakin tajam’, maka demikian pula dengan kinerja otak. Semakin banyak bacaan yang dibaca, maka otak juga akan pandai.
  • Mampu membuat fasih, baik dalam hal membaca, memahami kosakata yang ada, dan juga fasih dalam membuat atau menyusun sebuah percakapan.

Jadi secara tidak langsung, ketika seseorang rajin membaca, maka kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, bahkan kemampuan menganalisa sesuatu, akan meningkat dengan sendirinya. Anda dalam hal ini, sebaiknya luangkan waktu, untuk membaca berbagai macam hal, baik artikel ringan, berita selintas, yang ada di ponsel, atau yang lainya. Hal hal seperti ini, secara tidak langsung akan membuat kinerja otak bekerja, seperti halnya tubuh ketika sedang berolahraga.
 

6. Menulis Jurnal Harian

 
Cari Pilihan Lain
 
Kegiatan menulis jurnal, juga ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak ! Ketika seseorang menulis jurnal, ternyata tidak hanya mampu untuk membuat seseorang menyalurkan emosi yang ada pada dirinya. Namun, secara tidak langsung, ketika seseorang menulis jurnal, akan melatih dirinya, terutama otak, untuk berpikir secara kritis. Otak akan dipaksa mencari dan menemukan kosakata yang tepat, untuk dituangkan pada jurnal tersebut. Salah satu kelebihan dengan aktivitas menulis ini adalah, membuat seseorang mampu mengembangkan softskill dalam bidang tulis menulis.

Hal ini dapat dilihat dari beberapa ilmuwan besar dunia, yang menuangkan berbagai macam idenya dalam sebuah tulisan. Sebut saja Isaac Newton, Einstein, dan juga Thomas Jefferson. Para ilmuwan tersebut, menulis dalam buku jurnal, atau juga catatan harian.

Mungkin tidak banyak yang menyadari, bahwa pikiran terus berubah-ubah, ketika seseorang tidak menulisnya atau mencatatnya dengan baik, maka ide atau apa yang ada didalam pikiran akan hilang. Sehingga muncul istilah ‘ikatlah ilmu dengan cara menulis’. Jadi ketika seseorang menulis, dalam hal ini menulis jurnal atau juga buku harian, tentang berbagai macam hal, baik ide, atau yang lainnya. Maka suatu saat, ketika orang tersebut membacanya ulang, tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, atau bahkan menjadi pedoman untuk masa depannya.
 

7. Bermain Musik

 

 
Belajar dan bermain musik kenapa tidak! Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh Frontiers in Psychology, mengatakan bahwa ketika seseorang bermain musik, maka secara tidak langsung akan melatih kemampuan motorik dan multitasking seseorang sekaligus. Artinya, kemampuan otak yang digunakan, tidak hanya 1 bagian, namun 2 bagian sekaligus, yaitu otak kiri dan otak kanan. Tentu saja, hal ini akan memberikan pengaruh yang baik, akan kinerja dan peningkatan kemampuan kognitif otak seseorang. Selain itu, ketika seseorang bermain musik, maka secara tidak langsung, otak seseorang mampu melindunginya dari proses penuaan, dan membatu membuat bahasa yang diutarakan dengan lebih baik, sekaligus mampu meningkatkan memori dan juga IQ seseorang.

Ada cukup banyak sekali jenis alat musik dan jenis musik yang dapat Anda mainkan di dunia ini. Tentunya Anda dapat memilih salah satu jenis musik, atau juga jenis musik yang dinilai tepat, dan sesuai dengan karakter diri Anda sendiri.
 

8. Bermain Game

 

Bermain game adalah salah satu cara meningkatkan kinerja otak selain belajar
Photo by Sean Do on Unsplash
 
Banyak orang yang menyepelekan kegiatan bermain, namun justru ada banyak manfaat yang akan didapat dari bermain game tersebut. Ini adalah salah satu tips pendidikan, yang harus Anda ketahui.

Permainan, bukan hanya dibuat, untuk menghibur dan mengisi waktu kosong. Namun ternyata, bermain game ini, mampu meningkatkan kinerja otak, dan pastinya daya ingat. Apalagi, saat ini ada cukup banyak permainan yang justru mampu mengasah otak seseorang, mulai dari tingkat konsentrasi, daya ingat, refleksi otak, dan kemampuan otak lainya.

Saat ini ada cukup banyak permainan, baik online maupun offline yang dapat dimainkan, salah satunya adalah bermain teka teki seperti puzzle, ini adalah salah satu permainan yang mampu melatih kinerja otak Anda. Ada lagi jenis permainan strategi seperti bermain catur, dan yang lainnya.

Kegiatan seperti ini secara tidak langsung akan membuat otak bekerja, dan berpikir untuk mencari jalan keluar yang baik, agar mampu menyelesaikan permainan dengan baik.

Dari berbagai ulasan yang disebutkan di atas, sudah dapat dipastikan, bahwa otak manusia mempunyai potensi yang luar biasa, untuk terus berkembang, dan membuat otak jadi lebih cerdas. Jadi jangan pernah meremehkan diri sendiri, dalam hal ini otak. Dengan melakukan beberapa contoh di atas, ternyata mampu membuat otak, jadi lebih aktif, dalam berpikir, bahkan mampu meningkatkan kecerdasan otak itu sendiri.
 
 

Apakah benar meditasi bisa meningkatkan kemampuan otak selain belajar?

Iya benar, melakukan meditasi ternyata mampu meningkatkan kinerja otak, jadi lebih cerdas dan juga lebih tajam. Ada cukup banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika melakukan meditasi tersebut, antara lain mampu melatih otak agar lebih tenang, fokus dan mampu berpikir secara jernih. Selain itu, juga mampu melatih konsentrasi, kesabaran, dan juga mampu meningkatkan daya ingat. Masih berdasarkan penelitian tersebut, seseorang sebaiknya rutin melakukan meditasi, atau melakukan aktivitas menenangkan pikiran ini selama minimal 15 menit setiap hari. Proses untuk melakukan kegiatan ini, sebaiknya dilakukan setelah bangun tidur, atau juga setelah berolahraga. Adapun proses melakukan meditasi ini tidak terlalu sulit, dan dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti dengan mengatur pernafasan, melakukan yoga, atau bahkan menatap lilin yang sedang menyala, di sebuah ruangan yang tenang.

Apakah kegiatan membaca bisa meningkatkan kemampuan otak selain belajar?

• Kegiatan membaca ini, mampu meningkatkan kecerdasan otak. Ketika seseorang rutin melakukan aktifitas membaca setiap hari, secara tidak langsung akan memberikan pengalaman baru bagi otak. Ini yang nantinya membuat otak terus terangsang, dan tetap aktif untuk berpikir. Seperti kiasan menyebutkan bahwa ‘seperti pisau yang semakin diasah semakin tajam’, maka demikian pula dengan kinerja otak. Semakin banyak bacaan yang dibaca, maka otak juga akan pandai. • Mampu membuat fasih, baik dalam hal membaca, memahami kosakata yang ada, dan juga fasih dalam membuat atau menyusun sebuah percakapan.

Apakah bermain game bisa meningkatkan kemampuan otak selain belajar?

Banyak orang yang menyepelekan kegiatan bermain, namun justru ada banyak manfaat yang akan didapat dari bermain game tersebut. Ini adalah salah satu tips pendidikan, yang harus Anda ketahui. Permainan, bukan hanya dibuat, untuk menghibur dan mengisi waktu kosong. Namun ternyata, bermain game ini, mampu meningkatkan kinerja otak, dan pastinya daya ingat. Apalagi, saat ini ada cukup banyak permainan yang justru mampu mengasah otak seseorang, mulai dari tingkat konsentrasi, daya ingat, refleksi otak, dan kemampuan otak lainya. Saat ini ada cukup banyak permainan, baik online maupun offline yang dapat dimainkan, salah satunya adalah bermain teka teki seperti puzzle, ini adalah salah satu permainan yang mampu melatih kinerja otak Anda. Ada lagi jenis permainan strategi seperti bermain catur, dan yang lainnya. Kegiatan seperti ini secara tidak langsung akan membuat otak bekerja, dan berpikir untuk mencari jalan keluar yang baik, agar mampu menyelesaikan permainan dengan baik. Dari berbagai ulasan yang disebutkan di atas, sudah dapat dipastikan, bahwa otak manusia mempunyai potensi yang luar biasa, untuk terus berkembang, dan membuat otak jadi lebih cerdas. Jadi jangan pernah meremehkan diri sendiri, dalam hal ini otak. Dengan melakukan beberapa contoh di atas, ternyata mampu membuat otak, jadi lebih aktif, dalam berpikir, bahkan mampu meningkatkan kecerdasan otak itu sendiri.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x