Take a fresh look at your lifestyle.

7 Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik

0

Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik – Sampah plastik di Indonesia semakin meningkat seiring dengan banyak berkembangnya industri minuman di Indonesia. Pertumbuhan industri pengolahan minuman yang sangat pesat ini tentunya menjadi salah satu faktor penyebab terus meningkatnya jumlah sampah plastik di Indonesia.

Seperti kita ketahui bersama bahwa hasil akhir dari produk minuman saat ini kebanyakan menggunakan plastik sekali pakai sebagai pilihan packaging yang menarik. Produk minuman tersebut sangat banyak dan mudah untuk ditemui, baik di warung-warung kecil hingga mall-mall besar. Jumlah sampah plastik yang terus meningkat menjadi masalah yang segera harus ditangani, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, namun kita juga memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga lingkungan.

Apa yang bisa kita lakukan? Kita bisa ikut mengolah limbah plastik yang ada di rumah kita menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bagaimana caranya? Berikut beberapa inspirasi dalam mengolah atau memanfaatkan limbah plastik di sekeliling kita menjadi sebuah produk yang bisa digunakan kembali sebagai sesuatu yang bermanfaat.

Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik

 

Pengolahan Limbah Plastik Botol Bekas

Pengolahan limbah dapat dilakukan secara kreatif dan inovatif, dimana menjadikan sebuah sampah plastik sebagai produk baru yang memiliki kegunaan serta bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari manusia, bahkan dapat juga menjadi produk yang memiliki nilai komersial.

Botol bekas adalah salah satu barang yang dianggap menjadi limbah paling mengganggu untuk kelestarian alam ini. Pasalnya botol plastik sendiri adalah salah satu packaging yang menarik dan semakin lama penggunanya semakin bertambah tiap tahunnya, digunakan sebagai kemasan penjualan produk dalam bentuk cair.

Namun sayangnya belum banyak masyarakat kita yang sadar akan bahaya pencemaran lingkungan dari kurangnya pengolahan limbah botol bekas tersebut. Dalam artikel kali ini, kami akan berusaha membahas mengenai berbagai cara memanfaatkan limbah botol bekas yang ada sebagai produk baru yang bermanfaat dan dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

 

Manfaat Pengolahan Limbah Botol

Salah satu manfaat yang cukup penting dalam pengolahan limbah botol bekas adalah menjadikan diri kita sebagai manfaat untuk alam dan lingkungan. Dimana kita ikut serta dalam mengurangi polutan pencemaran lingkungan dengan mengolah kembali botol bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat. Selain itu tentu ide-ide kreatif yang kita miliki, juga akan tersalurkan dengan baik dalam proses pengolahan limbah botol tersebut.

Selain bermanfaat bagi lingkungan, ternyata banyak yang sudah berhasil menjadikan produk hasil pengolahan limbah botol bekas sebagai salah satu mata pencaharian tambahan. Dimana produk yang dibuat memiliki banyak peminat, yang kemudian diproduksi dalam jumlah banyak dan dijual kembali. Dari barang bekas yang tidak bernilai, disulap menjadi barang bernilai dan bermanfaat.

Baca Juga : Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas

Jika orang lain bisa, maka Anda juga pasti bisa melakukannya. Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan botol-botol bekas di rumah. Pastikan untuk memisahkan antara sampah plastik, kertas dan sampah basah di rumah. Jika sudah terkumpul sampah botol yang Anda miliki, segera lakukan beberapa cara kreatif dan inovatif berikut ini. Simak beberapa cara pengolahan kerajinan dari limbah plastik berikut ini.

Contoh kerajinan dari bahan limbah botol plastik sebenarnya sangat banyak, dalam artikel kali ini kita akan meringkasnya untuk Anda, dari yang mudah hingga yang cukup rumit untuk dikerjakan.

1. Pot Tanaman / Pot Bunga Berbentuk Binatang

Inspirasi Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas
sumber foto: www.cepotpredator2.blogspot.com

Bagian bawah botol bekas yang memiliki bentuk lengkungan unik bisa Anda jadikan pot berbentuk binatang. Cocok Anda letakkan di dalam rumah atau di luar rumah, menambah visual yang unik pada rumah Anda.

Bahan & Alat

  • Botol Plastik Bekas Ukuran Besar / Sedang
  • Pisau/ Kater / Gunting
  • Pewarna / Cat
  • Tanah & Pupuk
  • Tanaman / Bibit

Cara Membuat

Potong botol plastik dengan pisau/ kater atau gunting yang sudah disiapkan. Ukurannya dikira-kira saja, sesuaikan dengan kebutuhan. Di sisi bagian potongan botol bisa Anda bentuk telinga binatang, seperti telinga kucing, tikus atau panda. Beri pewarna / cat dan gambarkan hidung, mata dan mulut. Jangan lupa melubangi bagian bawah botol, agar air yang disiramkan tidak mengendal dalam botol. Masukkan tanah, pupuk, bibit/ tanaman yang sudah disiapkan ke dalam botol. Pot unik Anda sudah jadi.

 

2. Lampu Hias

Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik
sumber foto: www.brilio.net

Selain menjadi pot unik, botol plastik juga bisa digunakan sebagai lampu hias yang tak kalah uniknya. Berikut bahan dan peralatan yang harus Anda siapkan.

Bahan & Alat

  • Botol Plastik Bekas
  • Sendok Plastik Bekas
  • Lampu / Bohlam Kecil (sesuaikan dengan ukuran botol)
  • Obeng
  • Lem
  • Cat
  • Tiang / Tongkat Kecil (untuk tempat berdirinya lampu)

Cara Membuat

Potong botol seukuran buah nanas. Potong sendok plastik dan gunakan ujungnya saja (sisihkan gagang sendok). Satukan potongan sendok tadi dengan botol menggunakan lem, tempelkan pada botol seperti bentuk kulit luar buah nanas. Setelah semua sisi botol tertutup dengan sendok, cat dengan pewarna. Pasangkan lampu serta tiang penyangga agar lampu bisa berdiri. Kini lampu hias untuk meja kamar Anda sudah siap digunakan.

 

3. Celengan

Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik
sumber foto: www.adahobi.com

Botol plastik bekas juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengedukasi anak tentang pentingnya menabung dan menyisihkan uang jajan. Buatkan anak celengan berbentuk binatang sesuai kreatifitas Anda. Kali ini kami akan memberikan cara membuat celengan berbentuk babi.

Bahan & Alat

  • Botol Plastik
  • Pisau/ Gunting/ Kater
  • Lem
  • Cat
  • Mata Boneka

Cara Membuat

Potong botol plastik menjadi dua, kemudian gabungkanlah kembali. Lubangi botol bekas tersebut untuk digunakan sebagai lubang memasukkan uang. Cat botol bekas dengan warna yang diinginkan. Tambahkan hiasan hidung babi dengan menggunakan tutup botol, beri mata dengan mata boneka, pasangkan juga kaki babi dengan menggunakan tutup botol. Celengan berbentuk babi sudah siap digunakan untuk menabung / menyimpan uang.

 

4. Dompet Uang Receh Mini

Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik
sumber foto: www.adahobi.com

Mengolah botol bekas jadi dompet mini yang unik, salah satu contoh kerajinan dari limbah plastik. Penasaran dong gimana cara membuatnya? Tak perlu berlama-lama lagi, berikut cara membuatnya.

Bahan & Alat

  • 2 Botol Bekas Ukuran Kecil / Sedang
  • Gunting
  • Lem
  • Resleting

Cara Membuat

Potong kedua botol pada bagian bawah botol. Lubangi bagian tengahnya untuk benang / tali. Satukan kedua bagian bawah botol tadi dengan reseleting yang sudah dijait pada masing-masing botol. Satukan dengan lem. Domper mini dari botol plastik siap untuk dimanfaatkan sebagai penyimpan uang receh.

 

5. Kalender

Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik
sumber foto: www.hipwee.com

Kalender dinding tentu sudah biasa, kali ini kami ajak Anda membuat kalender anti mainstream. Caranya sangat amat mudah.

Bahan & Alat

  • Tutup Botol
  • Magnet
  • Lem
  • Pewarna
  • Kertas Kalender

Cara Membuat

Warnai atau hias tutup botol sesuai dengan selera. Kemudian tempelkan magnet dengan lem pada bagian sisi tutup botol. Setelah jadi, tutup botol siap digunakan untuk menempelkan kertas kalender. Selain bisa digunakan sebagai kalender anti mainstream, tutup botol ini juga bisa digunakan sebagai penghias kulkas atau penjepit pesan dan pengingat di kulkan Anda. Sangat sederhana bukan? Ayo segera coba praktikkan di rumah.

 

6. Hiasan Bunga Cantik

Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik
sumber foto: www.saatsantai.com

Bunga yang tidak pernah layu, bunga plastik. Indah sebagai hiasan ruangan dan tidak butuh banyak tenaga untuk merawatnya, cukup dibersihkan jika sudah mulai berdebu. Patut dicoba untuk menambah hiasan di rumah Anda

Bahan & Alat

  • Botol Plastik
  • Gunting / Alat Pemotong Lain
  • Cat Warna

Cara Membuat

Potong botol seperti kelopak bunga, gunting ujung botol menjadi lancip. Warnai botol yang sudah berbentuk kelopak bunga tadi dengan cat warna. Tata seperti bunga sesuai dengan kreatifitas Anda, tambahkan daun, putik dan tangkai bunga. Kemudian masukan dalam vas yang juga bisa dibuat dari bahan botol plastik. Hias dan buat secantik mungkin sesuai dengan keinginan Anda.

 

7. Tempat Pensil / Pulpen

Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik
sumber foto: www.netz.id

Kerajinan dari bahan limbah plastik selanjutnya adalah tempat pensil. Selain bisa digunakan sebagai tempat pensil di meja belajar. Botol plastik juga bisa difungsikan sebagai desgrep loh. Jadi bisa dibawa kemana-mana juga. Unik dan bisa dibuat sesuai kreatifitas sendiri.

Bahan & Alat

  • Botol Plastik
  • Gunting / Kater

Cara Membuat

Potong botol sesuai bentuk yang diinginkan. Jika digunakan untuk keperluan penyimpan pensil/ pulpen di rumah. Bisa dibuat lebih sederhana dengan memotong bagian corong botol, bentuk bagian atas potongan seperti bentuk lekukan atau semacamnya. Hiasi atau warnai dengan cat sesuai keinginan. Botol sudah dapat diletakkan di meja belajar / meja kerja sebagai tempat meletakkan pensil/ pulpen Anda.

Jika digunakan sebagai desgrep atau kotak pensil. Bisa menggunakan dia botol. Satu botol potong bagian corongnya dan botol lain gunakan bagian bawah botol (sebagai tutup). Tautkan kedua bagian botol menggunakan resleting. Bisa juga menggunakan botol dengan ukuran berbeda agar langsung bisa ditutupkan. Kini kotak pensil siap untuk digunakan.

 

Sangat banyak sekali cara untuk memanfaatkan limbah plastik di sekitar kita, khususnya botol plastik. Kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan untuk dapat menciptakan produk yang terlihat cantik, unik dan tentunya berdaya guna.

Memanfaatkan “sampah” menjadi kerajinan yang bisa dijual tentu akan sangat bermanfaat. Sangat banyak cara membuat kerajinan dari plastik. Anda bisa membuat beberapa produk sederhana yang telah kami tuliskan di atas. Bisa juga membuatnya sesuai dengan kreativitas sendiri.

Intinya adalah berusaha memanfaatkan sampah yang dapat didaur ulang atau difungsikan kembali menjadi barang yang bermanfaat atau memiliki daya guna. Sehingga sampah tersebut tidak akan membahayakan lingkungan dan alam tempat kita tinggal.

Nah, demikianlah informasi mengenai berbagai cara mengolah botol plastik yang sudah tidak terpakai menjadi produk atau kerajinan plastik yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kreativitas dan inovasi akan membantu Anda membuat produk kerajinan yang lebih baik lagi. Bukan hanya bisa digunakan untuk diri sendiri atau keluarga, produk Anda juga bisa dijual belikan. Selain mengisi waktu luang dan memanfaatkan sampah plastik, Anda juga dapat menghasilkan uang tambahan dari hasil menjual produk kerajinan unik dari botol plastik.

Jadi tunggu apalagi untuk mencoba dan mengeksplorasi kreativitas Anda? Lakukan sekarang dan jadikan diri ikut menolong kelestarian alam dengan tidak menambah sampah yang susah hancur seperti sampah plastik. Selamat mencoba dan semoga artikel 7 Produk Kerajinan Berbahan Dasar Botol Plastik ini bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of