Take a fresh look at your lifestyle.

6 Kesalahan Umum Saat Belajar dan Cara Menghadapinya

0 8

Belajar adalah aktivitas yang wajib dilakukan oleh mereka yang masih mengenyam pendidikan. Sebagai siswa dan mahasiswa, belajar menjadi pekerjaan utama. Dengan belajar akan ada suatu pemahaman baru, kemampuan baru dan juga keterampilan yang baru. Bahkan, belajar tidak hanya berlaku untuk mereka yang masih dalam status pelajar, bahkan yang sudah bekerja pun juga wajib belajar.

Pendidikan juga wajib untuk para pelajar yang sedang dalam gap year. Dengan begitu, mereka tidak perlu kaget lagi saat masuk kuliah. Tips belajar yang baik untuk mereka yang dalam gap year adalah belajar soal – soal ujian mandiri dan juga belajar akan ilmu sesuai dengan jurusan yang mau kamu ambil.

Memang belajar adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pelajar. Namun sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan dalam belajar. Kesalahan dalam belajar akan sangat berpengaruh pada banyak hal, mulai dari nilai saat di sekolah, pemahaman akan suatu topic, rumusan masalah, soal dan masih banyak lagi.

Sudah capek – capek belajar, tetapi malah melakukan kesalahan yang bisa membuat nilai jelek. Memang kesalahan belajar ini masih sering terjadi di dunia pendidikan saat ini. Nah, beberapa kesalahan umum dan tips latihan belajar ini mungkin bisa membantu kamu saat belajar.
 

Sistem Kebut Semalam 

 
Sistem Kebut Semalam pada saat mau ujian

Besok pagi ada jadwal ulangan dan kebanyakan dari kamu masih santai menonton film atau sekedar jalan – jalan bersama teman – teman dengan alasan bahwa kamu bisa belajar dengan sistem kebut semalam. Padahal di malam hari kemampuan otak untuk memahami setiap kalimat lebih susah. Belum lagi, rasa kantuk yang melanda, pastinya kamu tidak fokus untuk belajar.

Bahkan ada beberapa yang belajar hanya kalau ada ulangan saja. Memang kamu bisa menyelesaikan ujian kamu, hanya saja mungkin kamu akan mudah melupakan apa yang kamu pelajari. Padahal, setelah ulangan bisa saja materi tersebut akan muncul di Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Sekolah. Pada akhirnya hanya beberapa materi saja yang bisa kamu kuasai dan pahami.

Tips pendidikan untuk menghindari sistem kebut semalam adalah memiliki jadwal belajar yang teratur. Dibandingkan harus belajar non stop semalam, kamu akan mudah mengingat pelajaran yang kamu pelajari. Membuat jadwal belajar juga tidak perlu terlalu lama yang penting rutin, misalnya 45 menit di pagi hari, 25 menit di siang hari, 50 menit di sore dan 1 jam di malam. Tips belajar ini cukup efektif dan membuat pikiran kamu tetap dalam keadaan rileks tanpa harus belajar lama dengan sistem kebut semalam.

Selain itu, dibandingkan hangout bareng teman – teman, mengapa tidak belajar kelompok. Dengan belajar kelompok, kalian bisa mengulang materi yang akan diujikan. Bahkan, jika kamu belum mengerti bisa bertanya pada teman yang lebih paham.

Alangkah baiknya memang belajar seminggu sebelum ulangan. Kemudian, tidur lebih awal saat ada ulangan sehingga badan lebih fresh. Selain itu, sebelum berangkat kamu bisa mengulangi bacaan semalam yang akan diujikan.
 

Meremehkan Pelajaran dan Merasa Sudah Bisa

 
Meremehkan Pelajaran dan Merasa Sudah Bisa
 
Pendidikan Indonesia sekarang memang sudah berbeda, dimana kebanyakan sekarang menerapkan sekolah full day sehingga banyak siswa yang merasa kelelahan saat sudah berada di rumah. Hal ini yang membuat kebanyakan dari mereka malas untuk mengulang kembali materi yang diajarkan. Jika kamu merasa waktu kamu sudah cukup belajar di dalam kelas dan tidak mau kembali lagi mengulang materi saat di rumah, maka pemahaman akan materi tersebut hanya sedikit. Belum lagi, terkadang saat mempelajari sesuatu kamu lupa akan beberapa materi yang diajarkan. Maka dari itu, mengulang materi sangat penting dilakukan. Sepintar apapun diri kamu mengulang pelajaran sangat penting. Dengan begitu akan ada pemahaman baru yang bisa kamu dapatkan.

Mengulang materi memang cukup membosankan. Maka dari itu, tips belajar agar kamu bisa menguasai materi adalah dengan mengerjakan soal yang berhubungan dengan materi tersebut. Dibandingkan harus membaca yang mungkin bikin kamu merasa mengantuk, mengerjakan soal akan membuat kamu tertantang.

Selain itu, buat buku catatan kamu semenarik mungkin dengan beberapa gambar dan warna. Dengan begitu, kamu bersemangat untuk membaca kembali buku pelajaran kamu. Tidak ketinggalan, buat catatan kecil menggunakan sticky note untuk materi yang mudah kamu lupakan. Kemudian tempelkan pada dinding kamar sehingga kamu tidak akan mudah lupa.
 

Belajar tapi Masih Lirik Gadget 

 
Belajar tapi Masih Lirik Gadget 
 
Kehadiran gadget memang mempermudah kehidupan manusia. Belum lagi, adanya internet dimana semua informasi mudah didapatkan dengan mudah. Bahkan, banyak materi pelajaran hingga pengetahuan baru yang didapatkan dari gadget. Kehadiran gadget dan internet menjadi salah satu pengaruh terbesar saat belajar.

Bahkan, kebanyakan dari kamu saat belajar masih sering memegang gadget, mulai dari chatting, mengecek media sosial atau bermain game. Padahal kamu harus menghafal materi yang akan diujikan nantinya. Hal ini yang membuat beberapa dari kamu tidak fokus untuk belajar sehingga proses belajar merasa terganggu. Belum lagi, terkadang kamu bisa cepat lupa apa yang kamu pelajari saat dikit – dikit pegang gadget.

Latihan belajar tanpa terganggu gadget sebenarnya sangat mudah dilakukan, yakni mematikan semua notifikasi yang ada di semua aplikasi. Belajar akan tidak fokus saat langsung tahu ada notifikasi muncul pada gadget kamu. Pastinya, secara otomatis kamu akan langsung membukanya dan menghabiskan waktu beberapa menit bahkan lebih untuk membaca notifikasi yang diterima.

Bahkan tidak sampai disitu saja, mungkin saja beberapa notifikasi lainnya juga akan terus berdatangan. Tak ada salahnya untuk mematikan notifikasi aplikasi pada waktu jam belajar kamu sehingga dikit – dikit tidak melirik gadget kamu.

Hal paling penting adalah menjauhkan gadget dari pandangan mata selama belajar. Dengan begitu, kamu tidak berpikiran untuk memegang gadget saat waktunya belajar. Bila perlu titipkan pada orang tua kamu untuk menyimpannya selama kamu belajar di rumah. Orang tua pun juga bisa mengawasi waktu belajar kamu agar tidak melulu bermain gadget.
 

Belajar dengan Metode Menghafal 

 
Belajar dengan Metode Menghafal 

Pasti banyak dari kamu yang lebih sering menghafal saat sedang belajar. Contohnya saja, kamu anak SMA jurusan IPS yang pasti belajar tentang sosiologi. Pastinya, mempelajari mata pelajaran ini salah satunya adalah dengan menghafal. Bahkan masih banyak siswa SMA sekarang yang lebih sering menghafal materi dibandingkan harus memahaminya.

Padahal, menghafal saja bukan sesuatu yang baik dilakukan. Belum lagi, kemampuan otak manusia yang kebanyakan tidak bisa menghafal dalam jangka waktu yang panjang. Pastinya suatu waktu kamu akan melupakan apa yang sudah kamu hafal. Dampak lainnya dari belajar hanya menghafal saja adalah saat ada diskusi kelompok. Kebanyakan siswa yang belajar hanya menghafal justru akan lebih banyak diam karena memang kurang paham akan konsep yang sedang didiskusikan.

Nah, dibandingkan harus menghafal, tidak ada salahnya untuk memahami materi yang ada. Walaupun membutuhkan waktu yang lama, tentu tidak masalah. Namun pastikan kamu benar – benar memahaminya, baru kemudian melanjutkan ke materi selanjutnya. Memahami materi akan memudahkan kamu untuk mengingat materi apa yang kamu pelajari selama ini, bahkan dalam jangka waktu yang lama.

Sebenarnya cara memahami materi tidak sulit dilakukan. Salah satunya adalah membuat catatan kecil. Jadi saat guru sedang mengajar di kelas, buat catatan kecil. Selain itu, tips belajar agar lebih mudah memahami materi adalah menggarisbawahi materi yang penting. Cara ini juga memudahkan kamu saat mencari materi yang dibutuhkan.

Paling menarik dari belajar sebuah pelajaran sendiri adalah menggunakan bahasa kamu sendiri. Contohnya, membuat catatan belajar menggunakan bahasa kamu sendiri sehingga lebih mudah masuk. Tidak hanya itu saja, map mapping juga bisa kamu lakukan. Membuat map mapping juga akan melatih otak kamu untuk berpikir lebih kreatif lagi.
 

Hanya Terpaku pada Catatan dan Buku dari Guru Saja 

 
Hanya Terpaku pada Catatan dan Buku dari Guru Saja 
 
Saat kamu belajar hanya mengandalkan buku catatan kamu saja, ilmu yang kamu dapatkan pastinya hanya materi itu – itu saja. Pasalnya, mungkin kebanyakan dari pendidikan Indonesia menerapkan ujian berdasarkan catatan yang ada. Kalau ada materi yang tidak diujikan, alhasil banyak siswa yang enggan membaca materi lebih luas lagi. Belum lagi, sistem kebut semalam yang kamu terapkan sehingga kamu tidak bisa mengembangkan materi yang sedang kamu pelajari.

Tidak mengembangkan suatu materi pelajaran adalah kerugian yang sangat besar. Kerugian paling besar yang didapatkan adalah memiliki ilmu yang sedikit dan pemahaman materi tersebut kurang. Sangat disayangkan kalau tidak mempelajari sesuatu secara mendalam. Padahal, jaman sudah sangat canggih, sayang sayang kalau kamu hanya terpaku pada catatan dari guru.

Belajar terbaik adalah memanfaat segala sesuatu yang ada. Jangan hanya terpaku pada catatan dari guru saja. Pasalnya, memang tidak akan ada perkembangan mempelajari sesuatu dari buku yang sama. Mencari referensi materi pelajaran di internet akan sangat baik dilakukan. Salah satunya adalah mencari pembahasan dan latihan soal. Banyak kok, pembahasan dan latihan soal yang bisa kamu dapatkan dengan gratis.
 

Area Belajar yang Kurang Kondusif 

 
Area Belajar yang Kurang Kondusif 
 
Tidak semua orang bisa belajar saat banyak orang berada di sekeliling mereka. Kebanyakan orang tidak akan fokus belajar saat berada di keramaian. Bahkan, bukannya belajar konsentrasi kamu akan terpecah dengan banyaknya orang yang berlalu lalang. Alhasil, belajar kamu kurang maksimal. Buat kamu yang bosan dengan suasana kamar untuk belajar coba cari beberapa tempat untuk membuat kamu lebih fokus. Salah satunya adalah perpustakaan yang ada di sekolah atau kota kamu.

Perpustakaan umum menjadi alternative terbaik. Selain tenang, perpustakaan juga memiliki buku yang bisa mendukung belajar kamu. Selain itu, sambungan wifi bisa menghubungkan ke internet sehingga kamu bisa mencari sumber belajar. Suasana perpustakaan yang kondusif akan membuat kamu lebih betah belajar dan semakin mudah menyerap ilmu yang sedang kamu pelajari.

Tidak hanya di perpustakaan umum saja, sekarang kamu bisa belajar dengan tenang di co-working space. Bahkan tidak sedikit co-working space yang menjajakan makanan dan minuman tanpa tambahan biaya dan sudah termasuk pada biaya sewa. Bahkan kalau cocok, kamu bisa menyewanya selama 1 bulan sebagai tempat belajar dengan suasana terbaru.

Nah, itu dia beberapa kesalahan yang sering terjadi saat belajar. Coba hindari beberapa kesalahan di atas dengan tips belajar yang diberikan. Dengan begitu, belajar kamu tidak akan sia – sia dan lebih mudah menyerap materi.
 
 

Bagaimana tips untuk menghindari sistem kebut semalam?

Yaitu dengan memiliki jadwal belajar yang teratur. Dibandingkan harus belajar non stop semalam, kamu akan mudah mengingat pelajaran yang kamu pelajari. Membuat jadwal belajar juga tidak perlu terlalu lama yang penting rutin, misalnya 45 menit di pagi hari, 25 menit di siang hari, 50 menit di sore dan 1 jam di malam. Tips belajar ini cukup efektif dan membuat pikiran kamu tetap dalam keadaan rileks tanpa harus belajar lama dengan sistem kebut semalam. Selain itu, dibandingkan hangout bareng teman – teman, mengapa tidak belajar kelompok. Dengan belajar kelompok, kalian bisa mengulang materi yang akan diujikan. Bahkan, jika kamu belum mengerti bisa bertanya pada teman yang lebih paham. Alangkah baiknya memang belajar seminggu sebelum ulangan. Kemudian, tidur lebih awal saat ada ulangan sehingga badan lebih fresh. Selain itu, sebelum berangkat kamu bisa mengulangi bacaan semalam yang akan diujikan.

Bagaimana tips belajar agar kamu bisa menguasai materi?

Dengan mengerjakan soal yang berhubungan dengan materi tersebut. Dibandingkan harus membaca yang mungkin bikin kamu merasa mengantuk, mengerjakan soal akan membuat kamu tertantang. Selain itu, buat buku catatan kamu semenarik mungkin dengan beberapa gambar dan warna. Dengan begitu, kamu bersemangat untuk membaca kembali buku pelajaran kamu. Tidak ketinggalan, buat catatan kecil menggunakan sticky note untuk materi yang mudah kamu lupakan. Kemudian tempelkan pada dinding kamar sehingga kamu tidak akan mudah lupa.

Bagaimana latihan belajar tanpa terganggu dengan gadget?

Yakni mematikan semua notifikasi yang ada di semua aplikasi. Belajar akan tidak fokus saat langsung tahu ada notifikasi muncul pada gadget kamu. Pastinya, secara otomatis kamu akan langsung membukanya dan menghabiskan waktu beberapa menit bahkan lebih untuk membaca notifikasi yang diterima. Bahkan tidak sampai disitu saja, mungkin saja beberapa notifikasi lainnya juga akan terus berdatangan. Tak ada salahnya untuk mematikan notifikasi aplikasi pada waktu jam belajar kamu sehingga dikit – dikit tidak melirik gadget kamu. Hal paling penting adalah menjauhkan gadget dari pandangan mata selama belajar. Dengan begitu, kamu tidak berpikiran untuk memegang gadget saat waktunya belajar. Bila perlu titipkan pada orang tua kamu untuk menyimpannya selama kamu belajar di rumah. Orang tua pun juga bisa mengawasi waktu belajar kamu agar tidak melulu bermain gadget.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of