Take a fresh look at your lifestyle.

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menentukan Jurusan Kuliah

0 9

Dapat melanjutkan pendidikan ke tingkatan yang lebih tinggi lagi adalah impian semua orang. Kuliah merupakan tingkat pendidikan yang rata-rata ditempuh oleh siswa setalah lulus SMA. Secara ideal, seorang siswa harus sudah memikirkan jurusan kuliah yang akan diambil ketika lulus SMA. Hal ini bertujuan agar siswa menjadi lebih mudah, seperti yang ingin lulus di jurusan Ilmu Komunikasi saat SMA memasuki jurusan IIS atau Ilmu-ilmu Sosial, dan yang ingin lulus di kedokteran memasuki jurusan MIA atau Matematika Ilmu Alam. Sangat banyak kasus, siswa yang tidak memikirkan jurusan kuliah secara benar akan kesusahan ketika lulus SMA dan mulai memikirkan kuliah. Hal ini yang menjadikan alasan mengapa mempertimbangkan jurusan kuliah saat memasuki SMA adalah hal yang penting.

Orang tua adalah teman diskusi yang tepat ketika membicarakan jurusan kuliah. Lakukan komunikasi dua arah, antara siswa dan orang tua. Pastikan memahami apa maksud dan tujuan orang tua mengingkan jurusan kuliah tersebut dan utarakan pendapat siswa. Hal ini terbukti efektif untuk siswa agar bisa menentukan hal yang perlu dipertimbangkan. Seperti yang sudah diketahui, terdapat rumpun ilmu Saintek (Sains dan Teknologi) dan Soshum (Sosial dan Humaniora) di Indonesia. Klasifikasi jurusan terdapat rumpun ilmu secara umum sama di Indonesia di setiap universitasnya, tetapi beberapa universitas memiliki pengecualian. Seperti Fakultas atau Sekolah Bisnis di IPB yang hanya menerima siswa dari rumpun SAINTEK. Hal ini jika dibandingkan dengan universitas lain, Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan rumpun SOSHUM.

Hal-hal dasar seperti yang sudah disebutkan di atas, adalah hal yang harus dipahami siswa sebelum memasuki dunia perkuliahan. Jalur yang ada untuk memasuki perguruan tinggi negeri ada 3 pada umumnya, yaitu jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang sering disebut jalur undangan. Di Jalur SNMPTN ini, tidak semua siswa dalam satu angkatan berhak mengikutinya, diadakan dulu pengurutan nilai terhadap satu angkatan kelas 12 lalu diambil kuota banyak siswa yang dapat mengikuti SNMPTN sesuai dengan akreditasi sekolah. Tidak diperlukan ujian tulis, pada SNMPTN dibutuhkan nilai rapor dari semester 1 hingga 5. Jalur selanjutnya ada SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri menggunakan nilai UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer yang diadakan 2 kali. Di jalur ini, semua siswa kelas 12 dan 3 tahun ke belakang dapat mengikuti SBMPTN. Jalur terakhir adalah Jalur Mandiri, setiap universitas memiliki nama sendiri untuk jalur mandiri seperti SIMAK di UI, UTUL untuk UGM, UM di Undip, dan SM di ITB. Beberapa kampus menggunakan ujian tulis untuk jalur mandirinya, tetapi beberapa universitas seperti ITB, UNY, UPNVJ, dan ITS menggunakan nilai UTBK. Sebelum melangkah lebih jauh berikut 3 Hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan jurusan perkuliahan:

1. Ekonomi atau Biaya Kuliah

Biaya Kuliah yang tinggi

Untuk biaya kuliah di Universitas Negeri, menggunakan ukuran UKT dengan kepanjangan Uang Kuliah Tunggal yang menyesuaikan dengan jumlah pendapatan orang tua. Tentu saja , jumlah yang harus dibayar di setiap semesternya ini berbeda-beda, tergantung jurusan dan program studi yang dijalani. Pada umunya, kuliah di fakultas kedokteran memiliki tingkatan UKT yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan atau program studi lainnya. Untuk itu, hal ini benar-benar harus dipertimbangkan saat menentukan jurusan perkuliahan. Apakah sudah siap berkuliah di fakultas kedokteran dengan biaya sekian? Atau di Teknik Elektro dengan biaya yang sudah ditentukan? Cermati UKT kuliah yang akan kamu masuki, lalu bicarakan dengan orang tua. Orang tua memiliki andil yang sangat banyak, karena doa merekalah yang bisa melancarkan jalan seorang siswa dalam lulus ujian untuk perkuliahan.

Untuk kamu yang memiliki rencana kuliah di luar kota atau bahkan merantau jauh ke provinsi lain, biaya seperti indekos, makan, tugas, transportasi juga harus dipertimbangkan secara baik-baik. Indekos apa yang diinginkan, tentu saja semakin lengkap fasilitas seperti AC, Kamar Mandi yang terletak di dalam, Pemanas air akan menambah biaya indekos. Kamu pasti dapat bertahan hidup dimana saja, jika gaya hidup dan kebutuhan kamu berjalan lurus. Hitung semua kebutuhan yang kira-kira akan menjadi primer dan bicarakan dengan orang tua. Apakah kamu akan menggunakan transportasi umum seperti Trans atau transportasi online? Atau bahkan berencana membeli kendaraan? Walaupun terlihat sepele, biaya transportasi adalah elemen penting karena merupakan kebutuhan pokok. Karena itu, pikirkan secara benar jika menggunakan transportasi umum dirasa lebih menguntungkan, kenapa menjadi alasan untuk tidak menjadi penikmat transportasi umum?

Keadaan ekonomi, sesungguhnya bukan menjadi penghalang. Saat ini, tersedia banyak bentuk beasiswa. Salah satu beasiswa dari pemerintah adalah KIP atau Kartu Indonesia Pintar. Jika terdaftar dengan KIP, kamu tidak perlu membayar UKT dan mendapat uang saku setiap bulannya. Di universitas, juga tersedia banyak beasiswa yang berasal dari lembaga-lembaga. Beasiswa memiliki banyak bentuk seperti Beasiswa untuk buku kuliah, skripsi, penelitian, konferensi antar mahasiswa, dan yang lainnya. Tugas kamu sebagai mahasiswa adalah belajar dengan sungguh-sungguh untuk memajukan bangsa menjadi lebih baik lagi ke depannya. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada dan jangan pernah disia-siakan. Beasiswa pada umumnya terlampir di Majalah Dinding atau Mading setiap jurusan, untuk itu kamu harus cukup jeli saat membaca informasi di Majalah Dinding.

2. Komitmen yang Dijalani

Komitmen yang harus dijalani

Komitmen adalah hal yang sangat susah untuk dibangun dan dijalani. Komitmen untuk terus berjuang di jurusan kuliah sangat susah, banyak kasus yang berhenti kuliah karena merasa tidak sesuai minat. Hal ini lah mengapa kamu harus mempertimbangkan jurusan kuliah dengan cermat. Semua ilmu pasti sangat berguna, tetapi semua akan suka mempelajari dan mendalami hal yang disukai. Jika berhenti di tengah-tengah masa kuliah kamu, kamu bukan hanya membuang watu tetapi juga membuang tenaga, pikiran, emosi, dan biaya. Jangan memutuskan jurusan yang ingin kamu jalani karena perkataan orang lain atau hanya sekedar ingin dikatakan hebat. Karena pada akhirnya, kamu yang akan menjalani dunia perkuliahan. Jika kamu mengambil jurusan tidak sesuai minat dan bakat, kamu akan berat menjalani dunia perkuliahanmu.

Konsisten juga menjadi pertimbangan untuk menentukan jurusan kuliah. Jika sejak kelas 10 hingga 12 jurusan kamu selalu berubah-ubah, kamu harus mulai konsultasikan dengan yang lebih berpengalaman seperti guru BK, Senior yang sudah lulus, ataupun guru di bimbingan belajar kamu. Komitmen yang dimiliki hendaknya tidak menggebu di awal, tetapi konsisten hingga lulus di jurusan impian dan menjalani status sebagai mahasiswa. Jangan mudah terlahirkan dengan gangguan atau distraksi. Ketika kamu sudah mulai komitmen saat mempertimbangkan jurusan kuliah, banyak gangguan yang akan datang. Seperti belajar yang tidak konsisten lagi, ingin sama dengan teman, dan sosial media yang terlalu membuat candu. Fokus terhadap apa yang ingin kamu gapai di depan. Ikuti cara orang-orang sukses menjalani hidupnya. Contoh senior-senior yang lulus PTN dengan komitmen yang tidak pernah berubah.

Komitmen adalah salah satu cara yang susah untuk dijalani, tetapi jika berhasil, kamu akan mendapatkan kesuksesan. Terapkan metode belajar yang efektif untuk lulus di perguruan tinggi negeri. Jika bisa, mulai dari kelas 10. Manfaatkan kecanggihan internet, download soal-soal ujian masuk perguruan negeri yang banyak tersedia. Ikuti try out yang sering diadakan. Maksimalkan diri untuk berjuang selama SMA agar bisa lulus di perguruan tinggi negeri yang diimpikan. Kurangi waktu untuk bermain yang tidak penting, buat kesepakatan dengan orang tua dengan serius belajar di bimbingan belajar yang terpercaya. Saat ini, bimbingan belajar memiliki tips pendidikan dan trik tersendiri untuk siswanya agar bisa lulus di perguruan tinggi negeri. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada dengan melakukan hal yang tidak terlalu penting di masa ini. Jika dipresentasikan, lebih banyak siswa yang gagal dalam seleksi masuk PTN karena menganggap remeh hal tersebut.

3. Pilihan Lain

Cari Pilihan Lain

Tips pendidikan terakhir adalah kamu harus memiliki pilihan lain atau alternatif. Seperti perkataan yang sudah sangat sering didengar, manusia berencana tetapi tuhan yang memutuskan. Selalu rencanakan pilihan lain. Banyak sekali kasus, siswa yang sangat percaya diri akan lulus di SNMPTN atau jalur undangan, saat pengumuman dirinya dinyatakan tidak lolos. Hal tersebut akan membuat seorang siswa merasa sangat tertekan sehingga tidak semangat untuk belajar di persiapan ujian selanjutnya. Jika dari awal sudah memiliki alternatif lain kamu pasti bisa menghadapi itu semua. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu harus bisa menjalani keputusan yang di atas. Lengkapi usaha kamu dengan berdoa semaksimal mungkin. Hindari rasa menyepelekan suatu hal yang kecil, karena bisa saja hal ini merupakan awal dari hal besar.

Ikuti semua jenis ujian mandiri jika kamu berniat berjuang sampai akhir. Jangan langsung menyerah ketika mendapatkan tulisan “GAGAL”. Setidaknya, kamu sudah harus membuat skema apa saja jenis ujian yang akan kamu ikuti jika gagal di rencana pertama. Memiliki alternatif lain akan membuat pertimbangan kamu dalam memilih jurusan menjadi lebih sempurna. Catat tanggal semua ujian perguruan negeri yang ingin kamu ikuti dan susun baik-baik. Usahakan tepat waktu saat ujian berlangsung dan taati semua aturan. Hampir semua universitas memiliki ujian mandirinya sehingga kamu harus terus berusaha untuk lulus di perguruan tinggi negeri. Jika kamu lebih rinci, beberapa perguruan tinggi negeri membuka jalur penerimaan bibit unggul yang ditujukan untuk pemegang sertifikat seperti kesenian tingkat nasional atau olahraga seperti sepak bola, karate, dan jenis olahraga lainnya yang berpotensi lainnya.

Sejak SMA, usahakan untuk mengumpulkan sertifikat sebanyak-banyaknya. Banyak kompetisi yang bisa diikuti seperti Penelitian Ilmiah, Videografi, Tari tradisional, dan yang lainnya. Hal ini sangat berguna untuk portofolio universitas. Aktif dalam organisasi seperti OSIS, PMR, Palang Merah, dan organisasi lainnya. Ada banyak kesempatan pertukaran ke SMA luar negeri, manfaatkan kesempatan seperti ini. Selagi menambah pengalaman, kesempatan yang berkembang dikemudian hari untuk kami semakin banyak pula. Dengan adanya internet, banyak situs-situs pertukaran pemuda yang bisa diikuti. Hal ini dapat menjadi alternatif lain untuk kamu yang telah mempertimbangkan jurusan kuliah kamu sejak kelas awal di masa SMA, jangan sia kan hal yang sudah ada dan terus semangat.

Bagaimana caranya ingin kuliah tetapi terhalang ekonomi?

Keadaan ekonomi, sesungguhnya bukan menjadi penghalang. Saat ini, tersedia banyak bentuk beasiswa. Salah satu beasiswa dari pemerintah adalah KIP atau Kartu Indonesia Pintar. Jika terdaftar dengan KIP, kamu tidak perlu membayar UKT dan mendapat uang saku setiap bulannya. Di universitas, juga tersedia banyak beasiswa yang berasal dari lembaga-lembaga. Beasiswa memiliki banyak bentuk seperti Beasiswa untuk buku kuliah, skripsi, penelitian, konferensi antar mahasiswa, dan yang lainnya. Tugas kamu sebagai mahasiswa adalah belajar dengan sungguh-sungguh untuk memajukan bangsa menjadi lebih baik lagi ke depannya. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada dan jangan pernah disia-siakan. Beasiswa pada umumnya terlampir di Majalah Dinding atau Mading setiap jurusan, untuk itu kamu harus cukup jeli saat membaca informasi di Majalah Dinding.

Bagaimana mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri?

Komitmen adalah salah satu cara yang susah untuk dijalani, tetapi jik berhasil, kamu akan mendapatkan kesuksesan. Terapkan metode belajar yang efektif untuk lulus di perguruan tinggi negeri. Jika bisa, mulai dari kelas 10. Manfaatkan kecanggihan internet, download soal-soal ujian masuk perguruan negeri yang banyak tersedia. Ikuti try out yang sering diadakan. Maksimalkan diri untuk berjuang selama SMA agar bisa lulus di perguruan tinggi negeri yang diimpikan. Kurangi waktu untuk bermain yang tidak penting, buat kesepakatan dengan orang tua dengan serius belajar di bimbingan belajar yang terpercaya. Saat ini, bimbingan belajar memiliki tips pendidikan dan trik tersendiri untuk siswanya agar bisa lulus di perguruan tinggi negeri. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada dengan melakukan hal yang tidak terlalu penting di masa ini. Jika dipresentasikan, lebih banyak siswa yang gagal dalam seleksi masuk PTN karena menganggap remeh hal tersebut.

Alternatif apa selain belajar untuk meraih masuk nya ke PTN?

Sejak SMA, usahakan untuk mengumpulkan sertifikat sebanyak-banyaknya. Banyak kompetisi yang bisa diikuti seperti Penelitian Ilmiah, Videografi, Tari tradisional, dan yang lainnya. Hal ini sangat berguna untuk portofolio universitas. Aktif dalam organisasi seperti OSIS, PMR, Palang Merah, dan organisasi lainnya. Ada banyak kesempatan pertukaran ke SMA luar negeri, manfaatkan kesempatan seperti ini. Selagi menambah pengalaman, kesempatan yang berkembang dikemudian hari untuk kami semakin banyak pula. Dengan adanya internet, banyak situs-situs pertukaran pemuda yang bisa diikuti. Hal ini dapat menjadi alternatif lain untuk kamu yang telah mempertimbangkan jurusan kuliah kamu sejak kelas awal di masa SMA, jangan sia kan hal yang sudah ada dan terus semangat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of