Take a fresh look at your lifestyle.

Ini Dia! Lokasi Servis dan Harga Mobil Esemka

0 0

Apabila Anda berencana membeli mobil Esemka, sebaiknya pertimbangkan tentang minimnya tempat servis resmi. Meski sudah mengembangkan layanan pemesanan mereka, tetapi di banyak daerah tempat servisnya masih sulit diakses. Sebenarnya apakah mobil nasional ini punya tempat servis resmi?

Layanan servis adalah faktor penting ketika Anda membeli suatu merek mobil apapun itu. Dalam hal ini Esemka memang tergolong merek yang masih baru dan belum berpengalaman di pasaran. Soal harga sudah sangat bersahabat, namun keluhan konsumen selama ini tertuju pada tempat servis resminya.

Di Mana Lokasi Servis Resmi Mobil Esemka?

Pro dan kontra mobil nasional di kalangan masyarakat masih ramai menjadi perbincangan. Tidak sedikit menyangka ini adalah proyek asing karena tak jelas proses produksinya. Bahkan hal itu tetap diragukan meski kini sudah jelas Esemka diproduksi di pabrik baru yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Ini Dia! Lokasi Servis dan Harga Mobil Esemka - wartawan id

Masalahnya, peminat mobil Esemka juga tidak tahu ada berapa jumlah dealer dan tempat servis resmi. Oktober 2019 lalu akun media sosial @Esemka_Official sempat mengumumkan dealer pertama mereka. Lokasi dealer mobil Esemka itu berada di kompleks pabrik mobilnya, di Boyolali.

Tempat itulah yang kini memperlancar proses jual beli mobil, terutama secara online. Pertanyaannya, apakah tempat servis resmi juga berada di dalam kompleks pabrik? Untungnya tidak, hal itu disampaikan oleh Sabar Budi selaku Humas PT Solo Manufaktur Kreasi. Menurut penuturan Sabar pada September 2020 lalu dilansir dari Oto Detik, mereka telah memiliki mitra resmi. Untuk urusan layanan servis, penjualan suku cadang dan purna jual mobil, PT Unisat Oto International (UOI) adalah mitra resmi.

Selain urusan servis mobil, mitra asal Jakarta itu nantinya juga menangani marketing Esemka di berbagai daerah. Penjualan dan pengiriman suku cadang diserahkan kepada UOI. Meski demikian, Sabar tidak mengungkapkan secara detail mengenai lokasi servis tersebut karena dirinya belum update. Sumber lain menyebutkan bahwa UOI telah memiliki tujuh outlet di Pulau Jawa dan Sulawesi. Ketujuh outlet tersebut melayani 3S, yaitu sales, service dan spare parts seperti dikatakan Sabar. Pemilik Esemka di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi dapat melakukan servis rutin di UOI terdekat.

 

Daftar Harga Mobil Esemka Terbaru

Gaung mobil nasional seperti pasang surut selama beberapa tahun terakhir. Jika dibandingkan dengan Malaysia, bangsa ini memang tertinggal jauh di industri mobil. Hadirnya mobil Esemka pun sebenarnya menjadi angin segar. Namun sejak 2009, perkembangannya memang tidak secepat yang dibayangkan.

Banyak masyarakat bertanya-tanya mobil Esemka buatan mana. Ada yang bilang ini adalah hasil kerja sama dengan Tiongkok. Teori-teori semacam itu tak berhenti muncul di internet. Yang jelas, dinamai demikian karena awalnya mobil ini diketahui adalah buatan para siswa SMK. Meski produksi massal tertunda selama beberapa tahun, setidaknya sudah ada beberapa jenis mobil yang sudah siap dipesan.

Supaya punya gambaran, simak daftar harga mobil Esemka terbaru beserta spesifikasi singkatnya di bawah ini.

Jenis Mobil Harga on the Road
Garuda 1 Rp209.000.000
Garuda 2 Rp268.000.000
Borneo Rp300.000.000
Digdaya 2 Rp200.000.000
Niaga 1 Rp100.000.000
Bima 1.0 Rp81.000.000
Bima 1.2 Rp81.000.000
Bima 1.3 Rp110.000.000
Bima 1.3L Cek Dealer
Bima 1.8D Cek Dealer

Spesifikasi Mobil Esemka

Sejauh ini sudah ada delapan jenis mobil yang siap diproduksi di Boyolali dan segera dipasarkan di Tanah Air. Jenis-jenis tersebut adalah Bima dan variannya, Niaga, Digdaya, Borneo, serta Garuda. Anda bisa memilih transmisi sesuai keinginan, namun dari segi harga pasti juga agak berbeda.

Sayangnya, walaupun sudah lulus uji jalan dan mengantongi sertifikasi dari Kemenhub, spesifikasi jelasnya belum diungkap. Hal ini memang membingungkan calon konsumen karena pihak produsen tak kunjung memberi bocoran lebih lanjut.

Dari berbagai sumber, berikut perkiraan spesifikasi beberapa jenis mobil yang sudah beredar bocorannya.

1. Garuda 1.0

Mobil Esemka Garuda 1 muncul di beberapa rekaman video. Banyak pengamat otomotif melihat mobil tersebut mirip dengan Foday Landfort buatan Tiongkok. Tingkat kemiripannya sangat tinggi, bahkan seperti hanya mengubah emblem.

Ini Dia! Lokasi Servis dan Harga Mobil Esemka - wartawan id

Jika demikian, maka kemungkinan spesifikasinya pun tidak jauh berbeda dengan mobil tersebut. Antara lain ditopang oleh mesin Mitsubishi 4G69S4N 2.78 cc atau Diesel Turbocharged D19TCID1 1.9 liter. Kedua varian memiliki perbedaan pada torsi puncaknya.

Tetapi pada pernyataannya, pihak produsen menyebutkan Garuda 1 berbeda sama sekali dari segi spesifikasi. Mereka terinspirasi dari mobil SUV Volvo XC90. Nantinya, ini akan menjadi salah satu mobil mewah yang diproduksi Esemka dan menargetkan kalangan atas.

2. Bima 1.3L

Bima 1.3L adalah jenis kendaraan pickup, dan varian ini menggunakan mesin 1.300cc. Mobil dilengkapi dengan transmisi 5 percepatan, sama seperti pada varian 1.2L. Keunggulannya adalah pada desain eksteriornya terutama pada bagian depan.

Ini Dia! Lokasi Servis dan Harga Mobil Esemka - wartawan id

Bisa dibilang Bima 1.3L adalah yang terbaik secara tampilan di antara varian Bima lainnya. Sebagai mobil angkut, Anda juga dapat menampung lebih banyak barang di bagian belakangnya. Anda tidak perlu khawatir saat melewati medan curam seperti tanjakan atau jalan bergelombang.

3. Digdaya

Ada satu jenis merek Esemka yang ternyata punya desain cukup unik. Lagi-lagi, kabar burung mengatakan Digdaya adalah buatan Tiongkok karena sangat mirip dengan jenis mobil Foday lainnya. Memang tidak menutup kemungkinan ada kerja sama dengan merek Tiongkok itu.

Ini Dia! Lokasi Servis dan Harga Mobil Esemka - wartawan id

Akan tetapi, secara kualitas ternyata Digdaya boleh diadu. Mobil ini menggunakan mesin diesel 2.000cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 134 HP. Untuk saat ini, bocoran menyebutkan Digdaya dibekali transmisi 5 percepatan manual 4×2. Digdaya mungkin juga akan bersaing dengan mobil serupa dari Toyota atau Mitsubishi. Di kelas double cabin, kedua merek ternama itu saat ini memiliki Hilux dan Triton. Dengan berbagai fitur canggih harga Digdaya disebutkan hanya sekitar Rp200 jutaan.

4. Niaga 1.0

Pick-up lainnya adalah Niaga 1.0, walaupun bocoran spesifikasinya sama sekali belum jelas. Masyarakat hanya mengetahui mobil Niaga akan menggunakan mesin 1. Liter dan memang diperuntukkan bagi perniagaan. Keunggulannya adalah harga yang terjangkau, tak sampai Rp150 juta.

Untuk para pedagang, jelas ini merupakan kabar baik. Tetapi masyarakat harus lebih bersabar sampai mobil diproduksi massal dan dipasarkan luas di Tanah Air. Menurut beberapa sumber, harga Niaga 1.0 memang hanya sekitar Rp100 jutaan saja.

5. Bima 1.2

Bima didesain secara kompak agar memudahkan penggunanya untuk urusan angkut-angkut barang. Sesuai namanya, mesin yang digunakan berkapasitas 1.200cc dengan transmisi 5 percepatan. Secara ukuran, mobil pick-up ini cukup bisa diandalkan yaitu 4.560×1.645.x1.840 mm dan wheelbase 2.900mm.

Yang menarik adalah pemilihan warna spion yang senada dengan bodinya. Walaupun, pada velg Anda masih akan melihat penggunaan kaleng dengan ukuran 175/65/R14. Beberapa fiturnya diproyeksi dapat menyaingi mobil sejenisnya seperti DFSK Supercab 1.3.

6. Borneo

Seperti Niaga 1.0, jenis Borneo juga belum terlalu dipublikasikan. Wajar saja, karena produsen tengah fokus pada penjualan Esemka Bima. Tetapi bisa dibilang ini adalah jenis mobil yang paling ditunggu-tunggu dari PT Solo Manufaktur Kreasi.

Ini adalah mobil travel berkapasitas besar yang bisa memuat banyak penumpang. Memiliki dimensi panjang dan berbekal mesin diesel, Borneo akan mampu menjajaki berbagai jenis medan. Borneo bisa dijadikan opsi lain dari Isuzu Elf karena hanya dibanderol kurang dari Rp300 juta on the road.

Bagaimana Cara Memesan Esemka?

 

Saat ini produsen Esemka sudah memulai penjualan beberapa jenis mobil mereka. Tetapi banyak masyarakat yang masih bingung bagaimana cara beli mobil Esemka. Apakah pemesanan bisa dilakukan secara online, bisa kredit atau tidak dan lain-lain. Namun apabila Anda memang serius ingin membeli, PT Solo Manufaktur Kreasi sudah menyiapkan jalur pemesanan. Saat ini pemesanan dapat dilakukan melalui situs web resmi mereka di alamat esemkaindonesia.co.id. Bahkan sebenarnya layanan ini sudah dimulai sejak lama.

Tujuan transaksi online ini adalah agar masyarakat yang tertarik dengan mobil nasional ini bisa segera membelinya. Langkah-langkahnya pun tidak rumit, tetapi kekurangannya adalah soal pilihan. Sangat disayangkan karena situs web EsemkaIndonesia tidak memberikan terlalu banyak pilihan. Penggemar mobil SUV harus bersabar sampai produsen mengeluarkan Garuda atau jenis lainnya. Sementara saat ini mereka tengah fokus pada penjualan Bima di segmen niaga.

Langkah Pemesanan Online

  • Langkah pertama, Anda cukup kunjungi situs web seperti yang disebutkan tadi.
  • Langkah kedua, buka kanal pemesanan mobil.
  • Langkah ketiga, isi formulir dengan data yang valid termasuk jenis mobil (sejauh ini hanya ada Bima).
  • Langkah keempat, kirim formulir dan tunggu pemesanan dikonfirmasi oleh pihak terkait.

Dilihat formulir tersebut hanya seperti pendaftaran untuk pre order. Sama sekali tidak ada pilihan mobil, melainkan hanya kolom untuk mengunggah foto. Jika Anda kesulitan, sebenarnya tidak ada salahnya memesan lewat pihak ketiga.

Apakah pembayaran bisa dengan cara kredit?

Sangat disayangkan kredit mobil Esemka belum tersedia secara resmi. Dengan artian pembeli hanya bisa melakukan pembayaran cash tanpa metode cicilan seperti biasa. Kecuali membeli di dealer yang tidak resmi, kemungkinan Anda bisa mendapatkan keringanan cicilan. Sabar Budi mengatakan pihaknya masih berusaha menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan untuk urusan kredit. Tentunya ini sangat ditunggu-tunggu para pembeli. Apalagi Esemka sudah mulai diburu oleh konsumen sipil dan instansi dengan jumlah pembelian besar.

Kesimpulan

Kendala para pemesan mobil nasional ini adalah ketersediaan, jalur pemasaran dan layanan servis. Harus diakui PT Solo Manufaktur Kreasi belum terlalu maksimal dalam ketiga hal tersebut. Meski sudah bekerja sama dengan mitra-mitra mereka, tetapi masyarakat masih merasa sulit mendapatkan akses.

Belum lagi sejauh ini fokus produsen adalah menjual mobil berjenis niaga seperti Bima. Sementara untuk mobil Garuda, Borneo dan lainnya masih berupa wacana. Ditambah, dealer resmi saat ini hanya menerima pembayaran cash alih-alih bisa kredit. Harapannya, di tahun-tahun mendatang produsen mobil Esemka bisa segera berbenah memperbaiki semua layanan. Masyarakat Indonesia sudah sangat lama menantikan kehadiran mobil nasional. Ini akan menjadi harapan baru untuk bersaing di industri mobil dengan hasil karya anak bangsa.

Baca Juga : Dengan 9 Tips Ini Baret Mobil Hilang

5 Kelemahan Mobil Esemka

1. Yang perlu diperbarui adalah panel bodinya yang tidak presisi meski bentuk bodinya sudah cukup baik. 2. Lampu penerang masih mencomot dari merek mobil lain. Tentu ini tidak etis jika sudah berkategori industri roda empat. Ini sangat disayangkan 3. Masuk ke dalam interior mobil satu ini ada yang paling mencolok perhatian. detikOto terpusat pada model dashbord. Letak dashboard sepertinya masih harus diperbaiki agar maksimal dan tidak terlihat berantakan. 4. Sedangkan kain untuk pelapis atap mobil masih terlihat lipatannya. 5. Power window yang masih tersendat-sendat ketika naik-turun.

4 Langkah - Langkah Pemesanan Mobil Esemka Melalu Online

1. Langkah pertama, Anda cukup kunjungi situs web seperti yang disebutkan tadi. 2. Langkah kedua, buka kanal pemesanan mobil. 3. Langkah ketiga, isi formulir dengan data yang valid termasuk jenis mobil (sejauh ini hanya ada Bima). 4. Langkah keempat, kirim formulir dan tunggu pemesanan dikonfirmasi oleh pihak terkait.

5 Daftar Harga Mobil Esemka Terbaru

1. Garuda 1 2. Borneo 3. Digdaya 2 4. Niaga 1 5. Bima 1.0

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments