Take a fresh look at your lifestyle.

Dengan 9 Tips Ini Baret Mobil Hilang

0 0

Meski sudah dijaga sedemikian rupa, ada kejadian yang membuat mobil Anda baret, entah itu karena kesalahan menyetir atau yang lainnya. Kemudian, Anda akan berpikir adakah cara mudah untuk menghilangkan baret mobil?

Pergi ke bengkel mungkin menjadi alternatif termudah untuk membuat lapisan cat mobil kembali mulus. Namun, jika kondisi goresan yang ada di bodi mobil masih ringan, Anda sebenarnya tidak perlu buru-buru ke bengkel. Goresan yang sifatnya ringan tersebut bisa disamarkan atau dihilangkan dengan beberapa cara sederhana, misalnya menggunakan senyawa, penghilang goresan , deterjen, dan lain sebagainya.

9 Tips Ini Baret Mobil Hilang

Setidaknya ada 9 cara menghilangkan baret mobil yang harus dicoba sebelum membawa mobil Anda ke bengkel. Berikut penjelasan lengkapnya.

With 9 Tips Ini Baret Mobil Hilang - wartawan id

 

1. Menggunakan Air

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan goresan pada mobil adalah dengan menggunakan air. Terkadang, goresan yang ada pada mobil bukan goresan akibat benda tajam, melainkan tanah yang mengering. Oleh karena itu, coba dulu langkah pertama ini sebelum mencoba langkah lainnya.

Anda hanya perlu kanebo atau kain lap yang dibasahi dengan air. Kemudian, gosokkan secara perlahan ke permukaan bodi mobil yang terdapat goresan. Jika baret belum hilang juga, Anda bisa lanjut ke beberapa langkah berikut ini.

2. Menggunakan Compound

Cara kedua ini menjadi cara yang paling umum dipakai untuk mengatasi masalah bodi mobil yang baret. Mekanik atau bikers sering menggunakan compound untuk menyamarkan lecet pada bagian cat kendaraan, terutama untuk kondisi lecet yang tidak terlalu dalam. Sebelum Anda menggunakan compound, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, compound pada dasarnya merupakan bahan yang sering digunakan untuk menghaluskan lapisan cat usai proses pengecatan.

Bahan ini kemudian digunakan untuk perawatan kendaraan, baik mobil atau motor. Karena bahan ini mampu mengikis lapisan cat, bagian bodi mobil yang lecet atau tergores pun bisa dihilangkan dengan menggosokkan compound. Di pasaran, ada dua jenis compound yang tersedia, yakni compound kasar dan compound halus. Compound kasar berwarna kuning atau coklat, sementara compound halus berwarna merah atau putih.

Jenis yang mana yang paling direkomendasikan untuk Anda?

Pemilihan compound mobil sebenarnya disesuaikan dengan tingkat keparahan goresan. Akan tetapi, karena Anda bukan ahli, disarankan untuk memilih compound halus saja. Compound ini memiliki daya kikis yang rendah.

Cara menggunakan compound sangat mudah. Pertama, bersihkan dulu bagian bodi mobil yang tergores, kemudian keringkan dengan lap. Kedua, aplikan kompon pada bodi mobil secara merata, kemudian gosok perlahan menggunakan lap kering dengan permukaan halus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gosokkan lap sambil ditekan-tekan. Ulangi proses ini berkali-kali sampai goresan pada mobil tersamarkan.

3. Menggunakan Scratch Remover

Scratch remover merupakan cairan khusus yang memang didesain untuk menghilangkan baret pada mobil. Di toko otomotif, Anda pun bisa dengan mudah menemukan produk ini. Penggunaan scratch remover untuk menghilangkan goresan pada mobil pun sangat mudah. Langkah pertama, Anda perlu mencuci mobil Anda, kemudian mengeringkannya. Jika tidak ada waktu untuk mencuci mobil, cukup cuci bagian mobil yang terdapat goresan.

Kemudian, Anda tinggal menuangkan cairan ke dalam kain atau busa aplikator, kemudian gosokkan pada bagian bodi mobil yang baret. Gosok dengan kuat hingga goresan menjadi halus dan menghilang. Terakhir, seka bagian yang tadi dibersihkan. Untuk hasil maksimal, Anda bisa mengulang beberapa kali langkah di atas.

Scratch remover cocok digunakan untuk cara menghilangkan goresan pada mobil berwarna hitam atau warna-warna lainnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cairan ini memang didesain untuk menghilangkan baret mobil. Di toko online scratch remover rata-rata dijual dengan harga Rp50.000 untuk kemasan 100 ml. Harga yang cukup murah daripada harus pergi ke bengkel.

4. Menggunakan Obat Nyamuk Cair

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk menghilangkan goresan pada bodi mobil adalah dengan memanfaatkan obat nyamuk cair.

Ya, Anda tidak salah baca.

Obat nyamuk cair termasuk lifehack untuk menghilangkan goresan mobil yang sudah dipraktikkan oleh banyak orang. Untuk membuktikan efektif atau tidaknya cara ini, Anda bisa mencobanya sendiri. Bahan yang diperlukan cukup sederhana, yakni obat nyamuk cair dan kanebo atau lap.

Seperti cara-cara sebelumnya, sebelum mengaplikasikan bahan untuk menghilangkan baret, Anda perlu membersihkan bodi mobil. Setelah bersih dan kering, Anda bisa mulai perawatan. Gunakan kanebo kering agar perawatan lebih maksimal. Kanebo basah dikhawatirkan akan mengurangi khasiat dari cairan obat nyamuk.

Tuangkan obat nyamuk cair ke kanebo kering lalu gosokkan pada permukaan mobil yang tergores. Oleskan secara melingkar dan rata. Tunggu selama 10 – 20 detik, lalu gunakan air untuk membilas. Jika bodi mobil masih belum sempurna, Anda bisa mengulangi tahapan di atas. Pastikan mengganti kanebonya ya. Anda wajib menggunakan kanebo kering agar hasilnya lebih maksimal.

5. Menggunakan Pasta Gigi

Cara lainnya untuk menghilangkan baret mobil adalah dengan menggunakan pasta gigi. Cara ini cocok untuk kondisi goresan yang ringan. Kandungan dalam pasta gigi bisa mengikis cat sehingga baret pun bisa hilang.

Bagaimana cara mengaplikasikannya?

Sama seperti cara-cara sebelumnya, Anda hanya perlu menyediakan kanebo. Kali ini, kanebo yang dibutuhkan adalah kanebo basah. Kemudian, sediakan juga pasta gigi sebagai bahan untuk menghilangkan baret.

Tuangkan pasta gigi secukupnya pada kanebo yang sudah dibasahi. Gosokkan dengan arah melingkar pada bodi mobil yang tergores. Arah gosokan melingkar ini bertujuan agar proses pemolesan rata di seluruh permukaan mobil yang tergores. Setelah menggosok-gosokkan dengan kuat, bisa permukaan mobil dengan air. Jika goresan masih ada, ulangi lagi langkah di atas hingga goresan hilang.

6. Menggunakan Minyak Rem

Selanjutnya, alternatif lain yang bisa dipakai untuk menghilangkan baret mobil adalah dengan memanfaatkan minyak rem. Cara ini juga banyak digunakan oleh banyak orang untuk merawat mobil yang terkena baretan.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Pertama, ambil minyak rem seperlunya kemudian tuangkan pada kanebo kering. Gosokkan kanebo tersebut ke bagian mobil yang tergores. Setelah itu, langsung bersihkan dengan air dan lap dengan kain kering sampai bersih.

Lakukan proses tersebut berkali-kali sampai goresan hilang.

7. Menggunakan Cairan Amonia

Dalam dunia otomotif, cairan amonia biasanya dipakai untuk membersihkan kerak yang ada pada bagian kaca mobil. Selain itu, jika mobil Anda tergores di bagian kaca, Anda juga bisa menggunakan cairan ini untuk mengatasinya.

Bahan yang dibutuhkan adalah 15 ml cairan amonia, 500 ml air, dan kanebo kering. Campurkan 15 ml cairan ammonia dan 500 ml air ke dalam wadah. Kemudian, celupkan kanebo kering ke campuran air tersebut. Gosok-gosokkan pada bagian kaca mobil yang tergores.

Diamkan selama beberapa saat untuk memastikan cairan amonia terserap. Kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi hingga goresan memudar. Setelah menggunakan cairan amonia untuk menghilangkan baret, sebaiknya lanjutkan dengan mencuci mobil secara menyeluruh. Cairan amonia memiliki bau yang cukup tajam. Jika mobil tidak segera dicuci setelah di-treatment menggunakan cairan ini, bau tersebut akan susah hilang.

8. Menggunakan Amplas

Kemudian, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi baret mobil adalah dengan menggunakan amplas. Namun, cara ini agak tricky. Jika Anda salah mengaplikasikannya, goresan tidak akan hilang, tetapi malah akan bertambah. Amplas biasanya digunakan untuk menghaluskan sebuah permukaan. Dengan fungsi tersebut, amplas sebenarnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada permukaan mobil.

Cara menggunakannya sama seperti menggunakan amplas pada umumnya. Anda hanya perlu menggosokkan amplas ke bagian mobil yang terdapat baret. Gosokkan secara perlahan-lahan dan hati-hati. Jika Anda tidak hati-hati atau asal menggosok, baret mobil justru akan semakin parah.

9. Mengecat Ulang

Terakhir, jika kondisi baretan sudah cukup berat, solusinya adalah dengan mengecat ulang bodi mobil. Cara terakhir ini biasanya dilakukan oleh mekanik di bengkel. Akan tetapi, jika ingin mencobanya sendiri, Anda pun bisa melakukannya di rumah.

Yang perlu diperhatikan adalah proses mengecat mobil berbeda dengan mengecat tembok karena permukaan keduanya berbeda. Anda harus mempelajari cara mengecat mobil dengan baik agar hasilnya sempurna. Jika kondisi baretan sudah sangat parah, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel. Mekanik yang sudah berpengalaman bisa membantu menghilangkan baret yang parah tersebut.

Cara Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

Setelah memastikan mobil sempurna tanpa goresan, saatnya menjaga bodi mobil agar tetap kinclong. Ada beberapa cara mudah untuk menjaga lapisan cat agar tetap mengkilap seperti baru. Kuncinya ada di perawatan sehari-hari. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lapisan cat mobil.

1. Segera Mencuci Mobil Setelah Terkena Hujan

Air hujan mengandung zat asam. Apabila mobil yang habis terkena hujan dibiarkan begitu saja hingga kering kembali, ini akan merusak lapisan cat mobil. Zat asam bisa memudarkan warna cat mobil. Zat ini juga bisa membuat cat mobil berjamur. Oleh karena itu, setelah terkena hujan, sebaiknya segera cuci mobil Anda. Tak perlu mencuci secara keseluruhan. Jika memang tidak ada waktu, cukup bilas dengan air bersih.

2. Memarkir Mobil di Garasi Berkanopi

Selain hujan, panas matahari juga bisa membuat warna cat mobil memudar. Oleh karena itu, Anda perlu memarkirkan kendaraan Anda di garasi yang berkanopi. Jika tidak memiliki tempat parkir berkanopi, cukup parkirkan kendaraan di tempat yang teduh.

Kemudian, yang perlu diperhatikan lagi adalah jangan menutup mobil memakai sarung mobil. Meski diklaim dapat membantu menjaga cat, nyatanya sarung mobil justru membuat permukaan mobil menjadi lembab. Permukaan yang lembab menyebabkan mobil bodi mobil mudah berjamur.

3. Gunakan Wax Secukupnya

Terakhir, menggunakan wax untuk cat mobil memang sudah menjadi perawatan umum. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan, ya. Wax yang berlebihan akan membuat lapisan cat terkikis. Gunakan seperlunya. Memastikan mobil kinclong dan mulus memang perlu usaha. Setelah berhasil mengatasi baret mobil, Anda perlu melakukan perawatan yang baik pada bodi mobil. Cara-cara ini bisa diaplikasikan untuk membantu menjaga keindahan mobil Anda. Setelah membaca ulasan ini, kira-kira cara manakah yang akan Anda coba untuk menghilangkan baret mobil?

Baca Juga : Ini Dia! Lokasi Servis dan Harga Mobil Esemka

5 Tips Ini Baret Mobil Hilang

1. Menggunakan Air. 2. Menggunakan Compound. 3. Menggunakan Scratch Remover. 4. Menggunakan Obat Nyamuk Cair. 5. Menggunakan Pasta Gigi.

3 Cara Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

1. Segera Mencuci Mobil Setelah Terkena Hujan. 2. Memarkir Mobil di Garasi Berkanopi. 3. Gunakan Wax Secukupnya.

5 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik

1. Fix It Pro Scratch Repair Pen. 2. Automotive Paint. 3. Polishing Compound. 4. ScratchX 2.0. 5. Clean Finish Polishing Compound.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments