Yuk, Kenali Negara Paling Bahagia di Dunia

Yuk, Kenali Negara Paling Bahagia di Dunia

Biara Sarang Harimau salah satu destinasi paling populer Bhutan

Jakarta – Sepertinya masih banyak orang yang belum pernah mendengar tentang negara Bhutan. Namun hal ini sepertinya dapat dimaklumi, mengingat Bhutan adalah salah satu negara yang paling mengisolasi diri dari dunia. Hal ini dilakukan karena warganya memilih mempraktikan gaya hidup yang sesuai dengan ajaran yang telah diturunkan oleh Budha. Karenanya Negara Bhutan dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. 

Negara Bhutan merupakan negara yang terletak di Asia Selatan, berada diantara India dan Tiongkok. Luas negara ini sekitar 38-45 ribu km dan memiliki 750 ribu penduduk. Bhutan merupakan salah satu negara terkecil di dunia, Bhutan juga termasuk sebagai salah satu dari 43 negara yang wilayahnya sebagian besar tertutupi lembah dan pegunungan.

Ibukota Bhutan adalah Thimpu, dan ibukota ini termasuk satu diantara dua ibukota negara di Asia yang tidak memiliki lampu lalu lintas

Bhutan masih menganut sistem pemerintahan monarki semi-konstitusional, namun bisa dibilang Bhutan adalah negara kerajaan. Kerajaan ini dipimpin oleh Jigme Khesar Namgyel Wangchuck yang merupakan Druk Gyalpo atau “Raja Naga” kelima negara tersebut, disebut demikian karena arti kata Bhutan adalah Negeri Naga Guntur (mendapat julukan itu karena seringnya terjadi badai dahsyat yang berasal dari Himalaya).

Secara konstitusional Bhutan dipimpin oleh Perdana Menteri terpilih Tshering Tobgay, yang telah memimpin negara ini sejak 2013 silam.

Bahasa resmi yang digunakan adalah Dzongkha. Penduduk Bhutan dapat menggunakan dua macam mata uang, yakni Ngultrum ataupun Rupe India. 

Negara Kerajaan yang dipimpin Jigme Khesar Namgyel Wangchuk ini menjadi satu-satunya negara yang memberlakukan kewajiban konstitusional khusus untuk melindungi lingkungannya. Setidaknya 60 persen daratannya ditutupi hutan.

Sepertiga penduduk negaranya berusia di bawah 14 tahun. Selain itu Bhutan merupakan negara yang paling cinta terhadap alamnya, Bhutan bahkan dipenuhi dengan lembah dan pegunungan yang indah. 

Jadi jangan harap ada gedung-gedung pencakar langit atau euphoria yang sudah biasa ada di seluruh kota di dunia, negara ini bahkan menjadi salah satu negara terakhir yang memperkenalkan televisi pada masyarakatnya, itupun setelah pemerintah mencabut larangan TV dan Internet 11 tahun yang lalu.

TAGS : Internasional Bhutan Kerajaan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/17169/Yuk–Kenali-Negara-Paling-Bahagia-di-Dunia/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz