Take a fresh look at your lifestyle.

Wow! Kulit Babi Guling Sultan Murah di Denpasar

0 0

Babi guling tercatat sebagai warisan budaya Indonesia sejak tahun 2011. Awalnya babi guling digunakan untuk sajian untuk upacara keagamaan. Beberapa tahun terakhir kulit babi guling menjadi incaran para pecintanya. Semakin menjamurnya warung makan nasi babi guling di Bali, konsep yang muncul pun ada berbagai macam dari makanan kaki lima seperti angkringan bahkan restaurant mewah. Satu porsi babi guling harganya dimulai dari Rp.15.000 sampai dengan Rp.75.000 tergantung dengan campurannya. Biasanya juga, setiap daerah memiliki bumbu base genep dan ciri khas lawar yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan membahas babi guling termurah di Bali.

Dari tahun 2020, muncul trend kulit babi guling sultan. Biasa harga dari kulit sultan ini sekitar Rp. 75.000. Heran! Warung Nojas menjual kulit babi guling sultan dengan harga Rp.39.000 dengan kualitas dan ukuran yang sama dengan harga pada umumnya. Bali terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, makanan khas Bali juga enak dan membuat semua orang ketagihan karena makanan khas Bali memiliki rasa yang pedas dengan rempah-rempahnya. Makanan khas Bali berasal dari perpaduan budaya China, India, dan Timur Tengah. 

Ketika kalian mencicipi makanan khas Bali, pasti kalian akan menjumpai campuran bumbu seperti cabai, bawang outih, minyak kelapa, bawang merah dan lainnya untuk memperkuat cita rasa makanannya. Beberapa makanan khas Bali yang terkenal di kalangan masyarakat adalah lawar, ayam betutu, telur bumbu bali, sate babi dan babi guling. Babi guling adalah makanan yang terbuat dari anak babi guling yang perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela lalu dipanggang sambil diputar-putar sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna tersebut menjadi kecokelatan dan renyah. Walaupun murah tapi kualitasnya tidak kalah jauh. Selain itu juga, warung ini menyediakan pemandangan yang asri. Penasaran? Mari kita bahas!

 

Babi Guling Nojas

Suasana asri di Warung Babi Guling Nojas
Suasana asri di Warung Babi Guling Nojas

Sangat bervariasi! Makanan yang ada di Warung Babi Guling Nojas ini mulai dari nasi campur biasa, nasi campur pisah, nasi campur untuk anak-anak, daging babi goreng tepung, kikil babi, sate, dan masih banyak lagi. Untuk varian minum yang dijual pun ada 4 jenis minuman yaitu es teh, es jeruk, es kelapa, dan es temulawak. Wahh… memang biasanya paling enak ketika makan masakan tradisional khas Bali itu ditemani dengan es temulawak sih… Jadi makin segar! Selain menjual keripik, makanan penutup pun ada disini. Warung makan ini juga menjual es krim dengan rasa yang bervarian. 

Buka pada tanggal 6 November 2021, warung nasi babi guling nojas ini awalnya adalah Warung Nojas yang menjual makanan khas Bali lainnya seperti rujak, tipat dan lainnya. Karena pada tahun 2021 sedang ramainya nasi babi guling, maka Warung Nojas merubah bisnisnya menjadi berjualan babi guling. Terletak di JL. Noja Saraswati No.3, Kesiman, warung makan ini buka dari jam 09.00 – 10.00 WITA. Biasanya jika kita menemukan warung makan babi guling yang terdapat di dekat wilayah wisata seperti Seminyak atau Canggu, ternyata sekarang ada di Denpasar. Jadi warga kota Denpasar pun tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati babi guling dengan pemandangan yang indah.

Kulit Babi guling murah di nojas

Harganya mulai Rp.15.000 sampai dengan Rp.35.000. Setiap harinya, Babi Guling Nojas ini mengguling sampai 3 ekor babi guling yang berukurang 50-70kg beratnya. Walaupun baru beberapa bulan buka, ratusan porsi yang terjual setiap harinya membuktikan bahwa Babi Guling Nojas memang disukai dengan banyak orang karena harga yang murah tetapi kualitasnya yang luar biasa. Menu teristimewanya adalah paket sultan dengan harga Rp.39.000 saja. Biasanya untuk menu seperti ini ditakar dengan harga Rp75.000 tetapi herannya Babi Guling Nojas berani menjual hampir setengah harga dari pasarnya. Dalam satu porsinya sudah termasuk lawar, sayur urap, oret, sate, kerupuk babi, daging babi, nasi, dan kulit babi.  

Warung makan babi guling ini tidak hanya menyajikkan makanan, tetapi menyajikan pemandangan alam yang indah, yaitu air terjun dari sungai Ayung dan Dam Ooongan di JL. Noja sehingga kalian tidak perlu jauh-jauh mencari suasana yang indah ke Ubud atau daerah lainnya, di kota Denpasar pun ada. Air terjun sungai Ayung dan Dam Oongan sendiri pun memiliki kisah sejarah yang mendalam. Singkatnya, Dam yang berarti bendungan, sementara Oongan atau Wongan adalah manusia. Jadi Dam Ooang dapat diartikan sebagai bendungan yang dibangun dari tubuh manusia untuk menghasilkan aliran air yang mengaliri sawah-sawah milik petani.

“Awal-awal buka, kami hanya mengguling 1 ekor babi perharinya. Tetapi lama-kelamaan pas sudah makin viral, kami bisa mengguling sampai 3 ekor babi perharinya. Karena sehari bisa terjual lebih dari 100 porsi nasi babi guling. Yang makan pun kebanyakan keluarga.” Jelas Krisna, anak dari sang owner.

Sudah terkenal dan banyak didatangi wisatawan, biasanya wisatawan lokal yang datang kesini berasal dari Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Tetapi kata sang owner, lebih banyak wisatawan yang berasal dari Bandung. Kalau wisatawan dari mancanegara biasanya berasal dari Nigeria dan Australia. Wahh… lihat deh mereka rela walaupun jauh-jauh nginepnya tapi tetap makannya di Warung Babi Guling Nojas. Apa lagi dong alasannya selain cita rasa yang enak dan pemandangan yang indah apalagi di tambah harga yang murah. 

Alamat : Jl. Noja Saraswati no. 24

Jam Operasional : 09.00 – 22.00 WITA

Range Harga : Rp. 15.000 – Rp. 39.000

Sosial Media : Instagram: @babigulingnojas

                          TikTok: @babigulingnojas

Kulit Babi Guling Hanya 39 Ribu

@babigulingnojas Babiguling cuma 20k 1 porsi + es teh hanya di babigulingnojas #HelloBrightSkin #JNE #babiguling #babigulingnojas #fypシ ♬ suara asli – babigulingnojas

Harganya mulai Rp.15.000 sampai dengan Rp.35.000. Setiap harinya, Babi Guling Nojas ini mengguling sampai 3 ekor babi guling yang berukurang 50-70kg beratnya. Walaupun baru beberapa bulan buka, ratusan porsi yang terjual setiap harinya membuktikan bahwa kulit babi guling disini memang disukai dengan banyak orang karena harga yang murah tetapi kualitasnya yang luar biasa. Menu teristimewanya adalah paket kulit babi guling sultan dengan harga Rp.39.000 saja. Biasanya untuk menu seperti ini ditakar dengan harga Rp75.000 tetapi herannya Babi Guling Nojas berani menjual hampir setengah harga dari pasarnya. Dalam satu porsinya sudah termasuk lawar, sayur urap, oret, sate, kerupuk babi, daging babi, nasi, dan kulit babi. 

Yang menarik perhatian para pecinta babi guling adalah kulit dari babi guling tersebut yang glowing, renyah dan garing. Kira-kira apa sih rahasianya? Sebelum babi diguling di atas api, babi tersebut dibaluri dengan bumbu khusus seperti air kelapa, minyak, kecap, saus tomat, kunyit, dan bahkan minuman bersoda. Waktu mengguling babi juga berbeda-beda, tergantung pada ukuran dari babi tersebut. Biasanya membutuhkan waktu 1-3 jam untuk hasil akhir yang garing di bagian luarnya dan juicy di bagian dalamnya. Setiap beberapa menit, kulit babi diolesis dengan minyak agar tetap glowing dan tidak pecah ketika diguling.

Satu porsi babi guling di Warung Babi Guling Nojas
Satu porsi babi guling di Warung Babi Guling Nojas

Sangat bervariasi! Makanan yang ada di Warung Babi Guling Nojas ini mulai dari nasi campur biasa, nasi campur pisah, nasi campur untuk anak-anak, daging babi goreng tepung, kikil babi, sate, dan masih banyak lagi. Untuk varian minum yang dijual pun ada 4 jenis minuman yaitu es teh, es jeruk, es kelapa, dan es temulawak. Wahh… memang biasanya paling enak ketika makan masakan tradisional khas Bali itu ditemani dengan es temulawak sih… Jadi makin segar! Selain menjual keripik, makanan penutup pun ada disini. Warung makan ini juga menjual es krim dengan rasa yang bervarian. 

Bahkan pernah dilakukan pengujian tentang kulit babi guling Bali lebih disukai dibandingkan babi landrace. Hal ini disebabkan karena proses penggulingan babi yang memiliki teknik yang detil. Berdasarkan dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa orang-orang menyukai aroma kulit babi guling. Makanya sangat diherankan mengapa Warung Babi Guling Nojas berani menjual porsi makanan yang murah dan menjual kulit babi guling sultan yang harganya Rp. 39.000 dengan kualitas yang sama dengan harga yang lebih mahal. Tidak bisa dipungkiri, ketika kita berbelanja pun kita akan mencari harga yang termurah dengan kualitas yang terjamin. Salah satunya ini lah dia, ketika makan di Warung Babi Guling Nojas. 

Lokasi Strategis

Untuk sampai di warung makan ini, kira-kira membutuhkan waktu 16 menit dari pusat kota Denpasar. Warung Babi Guling Nojas ini dekat di daerah yang banyak dikenal oleh wisatawan, yaitu Sanur. Untuk lahan parkirnya juga luas. Sudah tersedia parkiran motor dan mobil juga. Walaupun tidak dapat menampung banyak mobil di parkirannya, tetapi teneng saja! Ada tukang parkir dari banjar yang akan membantu terkait parkir dan keamanannya. Ini juga adalah salah satu dukungan dari pemerintahan setempat dalam mendukung usaha-usaha yang ada di lingkungannya. 

Selain memiliki area yang luas, warung makan ini menyediakan banyak fasilitas. Kalian dapat menikmati makanan di outdoor maupun semi indoor. Disebut semi indoor karena tempatnya tidak benar-benar tertutup, tapi tetap di dalam bangunan. Tempat makannya di dekat kasir dan dapur. Terdapat 2 lantai disini. Untuk bagian atasnya memang nyaman karena ada banyak stop kontak dan ada wifi gratis sehingga nyaman untuk nongkrong berlama-lama. Jika datang beramai pun tetap aman karena memang areanya luas.

Mainan anak-anak di Warung Babi Guling Nojas
Mainan anak-anak di Warung Babi Guling Nojas

Terdapat mainan anak-anak seperti perosotan dan ayunan yang bisa menjadi hiburan. Warung makan ini terbukti cocok untuk semua kalangan yang datang baik bersama teman, pacar, maupun keluarga. Dengan pemandangan yang indah tersedia di depan mata ketika makan dan harga makanan perporsinya yang sangat murah, membuat terheran-heran bukan? Apalagi dengan pelayanannya yang super ramah dan cepat. Bahkan warung makan ini juga melayani catering untuk acara-acara. Walaupun sudah tergolong sangat bagus, Warung Babi Guling Nojas tetap bertekat untuk selalu berusaha meningkatkan cita rasa dan kualitas dan ciri khas dari rasa makanan yang dijual. Sehingga kedepannya ini dapat menjadi masukan dan bahan evaluasi bagi mereka.

Silahkan pesan disini! Gojek, Grab, dan Travelokaeats

FAQ:

Kenapa babi guling banyak disukai orang?

Kebanyakan orang menyukai babi guling karena rasanya yang pedas dan bumbunya yang sangat khas berasa. Makanan Bali terkenal dengan rasanya yang pedas dan bumbunya yang berani.

Apakah babi guling makanan khas Bali?

Ya, babi guling adalah makanan khas Bali secara turun-temurun. Dahulu babi guling hanya digunakan sebagai persembahan untuk persembahyangan umat Hindu. Tetapi, sekarang sudah menjadi kuliner khas Bali.

Apa saja isian dari satu porsi nasi babi guling?

Terdiri dari nasi putih, irisan babi guling yang gurih renyah, lawar, urap, jeroan, kulit ayam, hingga sambal.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments