Take a fresh look at your lifestyle.

Wanita di Usia Senja Rentan Serangan Jantung

0 6
Wanita di Usia Senja Rentan Serangan Jantung

Ilustrasi

Jakarta – Wanita pasca menopause berjalan dengan kecepatan rata-rata setidaknya 40 menit beberapa kali per minggu sangat dianjurkan. Pasalnya, dapat menurunkan 25 persen risiko penyakit jantung.

Demilikina penelitian, Somwail Rasla, selama tinggal di Brown University. Hasil riset tersebut akan mempresentasikan pada 12 Maret di American Scientific`s 67 tahun Scientific Session di Orlando. Menjelang pembicaraan, ACA merilis sebuah abstrak dari temuan tersebut.

“Kami sudah tahu bahwa aktivitas fisik menurunkan risiko gagal jantung, tapi mungkin ada kesalahpahaman, sebab berjalan bukan satu-satunya faktor. Ada banyak sebab lain yang juga ikut berperan,” ujar Rasla.

“Berjalan bukah satu-satunya. Namun hampir sama dengan semua jenis latihan dalam hal menurunkan risiko gagal jantung. Intinya, kita dapat mencapai pengeluaran energetik yang sebanding dengan berjalan yang kita dapatkan dari jenis aktivitas fisik lainnya,” sambugnnya.

Tingkat kegagalan jantung meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita berusia 75-84 tahun memiliki tiga kali lebih besar kesempatan untuk mengalami gagal jantung, dibandingkan wanita berusia 65-74 tahun.

Olahraga yang direkomendasikan untuk mereka, wanita yang lebih tua mungkin lebih tertarik untuk sekadar berjalan daripada latihan lain yang lebih ekstrem, termasuk berolahraga di gym, kata periset.

Data untuk penelitian ini berasal dari Women`s Health Initiative, studi tentang kebiasaan dan hasil kesehatan wanita dari tahun 1991-2005. Peserta berusia antara 50 dan 79 tahun saat mereka masuk dalam studi jangka panjang.

Di antara 89.270 wanita yang diteliti lebih dari 10 tahun, ada 1.156 kasus gagal jantung rawat inap akut. Wanita yang data penelitiannya dianggap dapat berjalan setidaknya satu blok dan tidak mengalami gagal jantung, penyakit arteri koroner atau kanker.

Wanita yang berjalan setidaknya dua kali seminggu memiliki 20 persen hingga 25 persen lebih rendah risiko gagal jantung dibandingkan mereka yang berjalan lebih jarang. Selain itu, mereka yang berjalan selama 40 menit atau lebih pada suatu waktu memiliki risiko 21 persen hingga 25 persen lebih rendah yang mengambil jalan lebih pendek.

Dan wanita yang berjalan pada tingkat rata-rata memiliki risiko 26 persen lebih rendah daripada mereka yang berjalan dengan kecepatan biasa. Dengan cepat, ada risiko 38 persen lebih rendah.

“Kami benar-benar melihat wanita dengan empat kategori indeks massa tubuh yang berbeda dan menemukan hubungan terbalik yang sama antara perilaku berjalan dan risiko gagal jantung,” kata Rasla.

“Hasilnya menunjukkan bahwa bahkan wanita gemuk dan gemuk pun masih bisa mendapatkan keuntungan dari berjalan kaki untuk mengurangi risiko gagal jantung.”

Dalam analisis tersebut, beberapa faktor risiko diperhitungkan – merokok, penggunaan alkohol, riwayat keluarga dan medis, penggunaan hormon dan jumlah keseluruhan aktivitas fisik.

TAGS : Jantung Olahraga

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29892/Wanita-di-Usia-Senja-Rentan-Serangan-Jantung/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments