Wacana Kemdikbud Rekrut Peneliti Murni untuk Kampus

Wacana Kemdikbud Rekrut Peneliti Murni untuk Kampus

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mewacanakan rekrutmen peneliti murni, yang akan ditempatkan di berbagai perguruan tinggi.

Direktur Sumber Daya Iptek Dikti (SDID) Kemdikbud Ali Ghufron Mukti mengatakan, peneliti tersebut nantinya hanya bertugas melakukan penelitian dan melahirkan inovasi, serta berkolaborasi dengan dosen.

“Umumnya (sekarang) di perguruan tinggi itu dosen yang meneliti. Dosen punya tanggung jawab tridharma. Kalau peneliti, bisanya meneliti, hanya satu atau dua. Salah satunya di IPB (Institut Pertanian Bogor, Red),” kata Ghufron kepada awak media pada Kamis (21/11) di Jakarta.

Untuk para peneliti ini, lanjut Ghufron, harus memiliki jenjang karir dan karya yang jelas, sebagaimana yang sudah umum diterapkan di berbagai perguruan tinggi di luar negeri.

“Misalnya nanti peneliti dari LIPI atau BPPT, mereka bisa jadi dosen. Tapi pekerjaan pokok mereka tetap di lembaga penelitian,” jelas dia.

Dengan adanya peneliti murni tersebut, Ghufron berharap para dosen juga bisa belajar lebih dalam seputar penelitian, dengan cara melakukan kerja sama. Dengan demikian, dosen juga terbantu dalam hal ini.

“Itu yang ingin kami fokuskan dengan menjalin kerja sama lintas kementerian antara Kemdikbud dan Kemristek, agar penelitian dan inovasi bisa lebih optimal karena ada tenaga peneliti,” tandas dia.

TAGS : Peneliti Murni Kemdikbud Ali Ghufron Mukti

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/62727/Wacana-Kemdikbud-Rekrut-Peneliti-Murni-untuk-Kampus/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz