Take a fresh look at your lifestyle.

Wabah Corona Takkan Hancurkan Ekonomi Indonesia

0 6
Wabah Corona Takkan Hancurkan Ekonomi Indonesia

Ridwan Saidi

Jakarta, Jurnas.com – Budayawan Betawi, Ridwan Saidi mengakui wabah virus corona atau Covid-19 yang telah dinyatakan sebagai pandemi global ini sudah mengganggu perekonomian indonesia.

Pasalnya, virus itu telah menyebabkan lalu lintas perdagangan internasional terhambat dan pasokan menjadi menipis.

Selain itu, virus corona juga mengakibatkan sektor pariwisata dari hotel hingga restoran babak belur.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, maka diperlukan kerjasama yang baik dan terobosan – terobosan yang inovatif dari semua pemimpin dan lapisan masyarakat. Jadi, bukan malah sibuk ke persoalan masker.

“Kita berpikir ke depan, jangan muter-muter urusan masker terus. Kita berpikir ke depan, setelah corona terus mau apa? Peluang Indonesia itu terbuka luas,” kata Babeh Ridwan di Warung Makar, Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, Kamis (12/3/20).

Memang, kata Babeh Ridwan, pada tahap awal, ekonomi Indonesia bakal melemah. Hal ini lantaran kondisi ekonomi global juga menurun. Tapi menurutnya, ekonomi Indonesia tidak akan hancur.

“Saya gak setuju kalau dikatakan hancur, karena sektor informal kuat. Kita masih bisa sarapan makan nasi uduk, kalo ga ada duit pindah ke combro, ga ada duit lagi singkong rebus kan,” ujarnya.

Lantaran ekonomi disektor UMKM masih bisa diandalkan dan kuat menghadapi berbagai gejolak seperti perang dagang China – Amerika, Virus corona dan perang dagang Arab – Rusia hingga anjloknya harga minyak mentah dunia, Babeh Ridwan tetap optimis ekonomi Indonesia tidak akan ambruk.

Pada kesempatan ini, Babeh mengajak semua pihak untuk berpikir ke depan ketika wabah corona sudah menghilang.

“Dalam kondisi pasca corona, lalu kita (mau lakukan) apa, kita harus bersiap untuk membangun Indonesia dengan base (dasar) kekuatan-kekuatan kita yang masih ada di provinsi-provinsi di Indonesia Timur,” kata dia.

“Jadi sekarang jangan ngelamun terus mikirin masker, itu maksud saya. Imbauan saya, kita mesti berpikir pasca corona terus apa (yang mau dilakukan),” ujar dia.

Sementara itu, aktivis etnis Tionghoa, Zeng wei Jian meminta pemerintah untuk menciptakan ketenangan ditengah merebaknya wabah virus Corona.

“Negara harus hadir memberi kepastian dan ketenangan,” kata dia.

Selain itu, Zeng wei Jian juga meminta pemerintah untuk segera menyiapkan skenario untuk mengantisipasi dampak terburuk yang ditimbulkan virus COVID-19 mulai dari kesehatan, keamanan dan lumpuhnya perekonomian indonesia.

“Buka komunikasi dengan pihak-pihak yang dianggap cukup berhasil menangani outbreak dan para ahli kesehatan. Kumpulkan semua dokter, konglomerat, TNI – Polri dan semua potensi bangsa untuk menghadapi scenario terburuk,” ujar dia.

TAGS : Corona Ridwan Saidi Ekonomi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68855/Wabah-Corona-Takkan-Hancurkan-Ekonomi-Indonesia/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments