Take a fresh look at your lifestyle.

Virus Corona Mewabah di AS, Trump Salahkan Obama

0 6
Virus Corona Mewabah di AS, Trump Salahkan Obama

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (Foto: PressTV)

Washington, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyalahkan pendahulunya atas proses pengujian virus corona yang lambat di negara itu. Ia mengatakan mantan Presiden Barack Obama membuat perubahan yang hanya memperumit masalah.

Trump menyalahkan Obama pada Jumat (13/3) ketika Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menuai kecaman selama beberapa hari terakhir setelah wabah virus corona masuk ke negara itu.

Alih-alih menggunakan test kit Organisasi Kesehatan Dunia untuk penyakit, yang dipuji sebagai sangat efektif dan dapat diandalkan di seluruh dunia, CDC justru memulai membuat tes sendiri yang memperlambat mendiagnosis pasien. Belum lagi ragu tentang efektivitasnya.

“Selama beberapa dekade, @CDCgov melihat, dan mempelajari, sistem pengujiannya, tetapi tidak melakukan apa-apa,” kicau Trump.

“Itu akan selalu tidak memadai dan lambat untuk pandemi skala besar, tetapi pandemi tidak akan pernah terjadi, mereka berharap,” tambahnya. “Presiden Obama membuat perubahan yang hanya memperumit masalah.”

Trump juga mengatakan, tanggapan pemerintahan Obama terhadap virus flu babi H1N1 adalah bencana skala penuh, dengan ribuan orang sekarat, dan tidak ada yang berarti dilakukan untuk memperbaiki masalah pengujian, sampai sekarang. 

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News pada 4 Maret, Trump menyerarang Obama terkait penanganan wabah H1N1. Ia mengklaim Gedung Putih era Obama tidak melakukan apa-apa.

Pemerintahan Obama mengeluarkan dua deklarasi darurat nasional selama wabah H1N1 pada tahun 2009.

Coronavirus novel, atau COVID-19, adalah penyakit pernapasan baru yang muncul di Cina Desember lalu dan telah menyebar di seluruh dunia, menghentikan industri, membuat perjalanan macet, menutup sekolah, dan memaksa pembatalan acara-acara publik.

WHO pada Rabu (11/3) menyatakan COVID-19 sebagai pandemi, menunjuk lebih dari 118.000 kasus penyakit virus korona di lebih dari 110 negara dan wilayah di seluruh dunia dan risiko berkelanjutan penyebaran global lebih lanjut.

Lebih dari 137.000 orang telah terinfeksi oleh virus di 131 negara dan teritori dan lebih dari 5.000 orang telah meninggal, sebagian besar di Cina, menurut penghitungan Reuters.

Di AS, ada lebih dari 1.700 kasus COVID-19 dan setidaknya 40 kematian. Lusinan negara bagian dan Washington, DC., Telah mengeluarkan deklarasi darurat dan beberapa negara telah membatalkan sekolah selama beberapa minggu mendatang.

Para ahli kesehatan AS telah mengkritik administrasi Trump karena meremehkan epidemi dan tertinggal dalam upaya pengujian, membuatnya sulit untuk mengukur skala penuh wabah di Amerika Serikat dan mengurangi penularan virus.

TAGS : Barack Obama Amerika Serikat Donald Trump Virus Corona

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68922/Virus-Corona-Mewabah-di-AS-Trump-Salahkan-Obama/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments