Take a fresh look at your lifestyle.

Virus Corona, Anies Baswedan Imbau Masyarakat Hindari Jabat Tangan Saat Salat

0 4
Virus Corona, Anies Baswedan Imbau Masyarakat Hindari Jabat Tangan Saat Salat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, Jurnas.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau kepada masyarakat, khususnya umat muslim yang ingin melaksanakan salat jumat, agar menghindari berjabat tangan atau bersentuhan dengan jamaah lainnya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona.

“Untuk sementara waktu hindari jabat tangan dan hindari cium pipi, gunakan metode lain untuk saling menyapa tanpa harus bersentuhan dan bila sedang flu atau sedang batuk maka gunakan masker. Dan bila tiba-tiba ingin bersin, maka  tutup mulut dan hidung dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan,” ujar Anies melalui imbauan di media soasial, Jumat (13/03).

Selain itu, Mantan Rektor Universitas Paramadina mengajak masyarakat untuk membawa sajadah sendiri saat hendak melakukan salat jamaah di masjid.   

“Saat berjamaah salat Jumat dan kegiatan salat jamaah lainnya di masjid sebaiknya bawa sajadah sendiri atau gunakan saputangan untuk alas sujud. Dan jangan lupa cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah kegiatan salat Jumat,” pesannya.

Ia juga meminta kepada pengurus masjid untuk menyediakan sabun cuci tangan di tempat air wudhu untuk para jamaah yang ingin mencuci tangan dengan sabun.

“Pada saat pengumuman selalu selipkan pesan ke waspadaan tentang wabah ini kepada seluruh jamaah dan ingatkan untuk rajin cuci tangan dengan sabun serta sediakan sabun di atas tempat air wudhu,” pintanya.

Untuk sementara waktu, lanjut Anies, para pengurus masjid harus menintensifkan dalam pembersihan masjid, karena kebersihan masjid adalah salah satu upaya pencegahan virus corona.

“Saya juga berpesan agar pengurus mesjid agar pembersihan masjid ditingkatkan dan ditingkatkan, karena hal ini amat sangat penting sekali,” tandasnya.

“Meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta. Mari kita tingkatkan doa dan tawakal kepada Allah semoga kota kita terhindar dari cobaan wabah ini,” pungkasnya.

TAGS : Virus Corona Anies Baswedan Salat Jumat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/68874/Virus-Corona-Anies-Baswedan-Imbau-Masyarakat-Hindari-Jabat-Tangan-Saat-Salat/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments