Take a fresh look at your lifestyle.

UNICEF Serahkan 450 Tenda Kelas Darurat untuk Sulteng

0 5
UNICEF Serahkan 450 Tenda Kelas Darurat untuk Sulteng

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dan Country Representative UNICEF Indonesia Debora Comini (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta – Lembaga kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNICEF, menyerahkan bantuan pendidikan untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, berupa 450 tenda kelas darurat, dan 200 kotak perlengkapan sekolah dan mainan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Country Representative UNICEF Indonesia Debora Comini, kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, pada Selasa (16/10) di Kantor Kemdikbud Jakarta.



Mendikbud mengatakan, bantuan UNICEF sangat membantu meringankan beban pemerintah untuk menormalisasi pendidikan di kawasan terdampak bencana di Sulteng.

Pasalnya, tenda kelas darurat yang dimiliki pemerintah, hampir seluruhnya telah digunakan untuk kelas sementara di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca bencana gempa bumi. Sementara dari data terakhir yang diperoleh, baru 18 tenda kelas darurat yang terpasang di Sulteng.

“Tenda Kemdikbud semua sudah dipasang di NTB. Sisanya kami akan memesan yang baru. Namun tentu ada prosedur yang harus dilalui, yakni proses lelang,” kata Muhadjir kepada awak media.

Sembari menunggu tenda darurat untuk kebutuhan kelas sementara, lanjut Muhadjir, dirinya telah meminta kepala sekolah dan komite se-Sulteng untuk membangun kelas darurat sendiri, dengan menggunakan material yang ada di sana.

Pemerintah, dalam hal ini Kemdikbud, memfasilitasi terpal untuk atap, dan uang sebesar Rp30 juta per kelas untuk biaya pemasangan.

“Hari ini terpal sudah dikirim dari Surabaya,” terangnya.

Sementara Debora menerangkan, hari ini (16/10) baru 65 tenda sudah mendarat di Balikpapan, Kalimantan Timur, setelah didatangkan dari lokasi suplai UNICEF di Dubai.

Sisa 135 tenda dan 200 kotak perlengkapan akan menyusul pada Rabu dan Kamis, sebagai bagian pengiriman tahap pertama.

“Kami tahu bahwa pendidikan adalah alat pemulihan penting dalam situasi darurat seperti ini, saat anak-anak bersekolah dapat dirawat, dipastikan keberadaannya, dan dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Debora.

TAGS : Pendidikan UNICEF Kemdikbud Palu Donggala

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42326/UNICEF-Serahkan-450-Tenda-Kelas-Darurat-untuk-Sulteng/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments