Take a fresh look at your lifestyle.

Uni Eropa Dukung Larangan Penjualan Senjata ke Saudi

0 5
Uni Eropa Dukung Larangan Penjualan Senjata ke Saudi

Warga Yaman lebih melihat serangan drone (Qatar News Agency / Twitter)

London – Anggota Parlemen Uni Eropa mendukung kebijakan larangan penjualan senjata ke Arab Saudi. Saudi dituding telah melanggar hak asasi manusia (HAM) di Yaman, yang menyebabkan krisis kemanusiaan di negara tersebut.

Dikutip dari Memo, Uni Eropa juga sepakat untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dalam waktu dekat ke Yaman, serta mencari solusi politik di negara yang dilanda perang saudara itu. Beberapa anggota parlemen setuju, 13 menolak, dan 81 lainnya abstain.

Seperti diketahui, Arab Saudi memimpin aliansi militer di Yaman untuk melawan kelompok Houthi sejak 2015. Invasi tersebut dilakukan atas restu Presiden Yaman Abd Rabuuh Mansur Hadi.

Sudah dua tahun sejak perang tersebut, krisis kemanusiaan di Yaman makin menjadi-jadi. Lebih dari 11 juta anak-anak Yaman menderita kekurangan gizi. Bahkan, dalam dua tahun terakhir, 5.000 anak terbunuh akibat perang.

Selain itu, laporan terbaru dari Persatuan Bangsa-Bangsa menemukan 7 juta rakyat Yaman terancam mati gara-gara kelaparan. Blokade darat, laut, udara yang ditempuh oleh Saudi telah menyebabkan harga pangan pokok dan bahan bakar melejit tajam.

TAGS : Yaman Timur Tengah Arab Saudi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25627/Uni-Eropa-Dukung-Larangan-Penjualan-Senjata-ke-Saudi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments