Take a fresh look at your lifestyle.

Turki Ancam Putus Hubungan dengan Israel

0 7
Turki Ancam Putus Hubungan dengan Israel

Bendera Israel berkibar di depan Kubah masjid Shakhrah dan kota Yerusalem (AFP/Thomas Coex)

Ankara – Presiden Turki, Tayyip Erdogan mengancam akan memutuskan hubungan dengan pemerintah Israel, jika Amerika secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel

Pejabat Amerika Serikat mengatakan bahwa Trump kemungkinan akan menyampaikan pidatonya pada Rabu (6/12) yang secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, sebuah langkah yang akan mematahkan beberapa dasawarsa kebijakan Amerika dan dapat memicu kekerasan di Timur Tengah.

Israel menduduki Yerusalem Timur Arab dalam perang Timur Tengah 1967.  Negara Yahudi ini kemudian menyatakan seluruh Kota Yerusalem sebagai ibu kotanya, meski tidak diakui secara internasional. Warga Palestina menginginkan Yerusalem sebagai ibukota negara mereka di masa depan.

“Saya sedih mendengar laporan bahwa Amerika Serikat bersiap untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel,” kata Erdogan dilansir Reuters, Rabu (5/12)

“Trump, Yerusalem adalah garis merah umat Islam. Merupakan pelanggaran hukum internasional untuk mengambil keputusan yang mendukung Israel sementara luka masyarakat Palestina masih berdarah,” katanya dalam sebuah rapat parlemen di Partai AK yang berkuasa.

“Kebijakan tersebut dapat memutuskan hubungan Turki dengan Israel, saya memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak mengambil langkah yang akan memperdalam masalah di wilayah ini.”

Juru bicara pemerintah Israel belum merespon pernyataan tersebu. Namun, Menteri Pendidikan Naftali Bennett, seorang mitra senior di pemerintahan koalisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menepis komentar Erdogan.

“Akan ada orang-orang yang mengkritik Yerusalem daripada simpati Erdogan,” katanya.

TAGS : Yerusalem Amerika Serikat Israel Turki

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25856/Turki-Ancam-Putus-Hubungan-dengan-Israel/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments