Take a fresh look at your lifestyle.

Trump: Saudi Berbohong tentang Kasus Khashoggi

0 5
Trump: Saudi Berbohong tentang Kasus Khashoggi

Putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Foto: Bandar Algaloud/Saudi Kingdom Council/Anadolu Agency)

Jakarta – Presiden AS Donald Trump mengatakan dia yakin Arab Saudi berbohong dalam akun mereka tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi .

Dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post Sabtu malam, Trump mundur dari pernyataannya bahwa laporan Arab Saudi tentang keadaan seputar kematian Khashoggi di konsulat Turki negara itu kredibel.

“Jelas sudah ada penipuan dan ada kebohongan,” kata Trump. “Kisah mereka ada di mana-mana.”

Khashoggi, seorang warga AS dan kolumnis kontribusi Washington Post, belum terlihat sejak mengunjungi konsulat Saudi 2 Oktober untuk mendapatkan dokumen pernikahan yang direncanakannya.

Arab Saudi awalnya mengatakan Khashoggi meninggalkan kedutaan tanpa cedera meskipun rekaman kamera keamanan menangkap masuknya, tetapi bukan keluarnya, tetapi pada hari Jumat menegaskan dia tewas dalam perkelahian di konsulat.

Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senator Bob Corker , R-Tenn., Dan Senator Lindsey Graham , SS.C., telah menyatakan skeptisisme mengenai penjelasan Arab Saudi.

“Mula-mula kami diberi tahu bahwa Tuan Khashoggi konon meninggalkan konsulat dan ada penolakan kosong terhadap keterlibatan Saudi. Sekarang, perkelahian pecah dan dia terbunuh di konsulat, semua tanpa sepengetahuan Putra Mahkota,” tulis Graham di Twitter. “Sulit untuk menemukan `penjelasan` terbaru ini sebagai kredibel.”

Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al-Jubeir mengatakan bahwa negara itu sedang menyelidiki kematian Khashoggi dan 18 orang yang dicurigai terlibat akan dihukum sesuai dengab perbuatannya.

“Ini adalah operasi yang merupakan operasi nakal,” katanya. “Ini adalah operasi di mana individu berakhir melebihi otoritas dan tanggung jawab yang mereka miliki. Mereka membuat kesalahan ketika mereka membunuh Jamal Khashoggi di konsulat dan mereka berusaha menutupi itu.”

Teman – teman Khashoggi telah menuntut Arab Saudi menyediakan tubuhnya untuk upacara pemakaman dan para pejabat Turki percaya bahwa dia terpotong-potong dan mengatakan ada rekaman audio dan video sebagai bukti.

Trump mengatakan kepada The Washington Post bahwa ia mengetahui klaim bahwa pencatatan kejadian di dalam konsulat itu ada, tetapi ia belum diberi kesempatan untuk meninjau rekaman tersebut.

“Saya sudah mendengar semua tentang video atau rekaman. Tidak ada yang akan mendapatkannya lebih cepat daripada saya. Tidak ada yang bisa menunjukkannya,” katanya.

Trump mengatakan dia tidak percaya Putra Mahkota Arab Saudi Mohammedbin Salman harus diganti, menambahkan dia belum menerima informasi bahwa dia bertanggung jawab atas kematian Khashoggi dan ayahnya, Raja Salman “tidak tahu tentang itu.”

“Tidak ada yang memberitahuku bahwa dia bertanggung jawab. Tidak ada yang memberitahuku bahwa dia tidak bertanggung jawab. Kami belum mencapai titik itu. Aku belum mendengar keduanya,” katanya.

 “Ada kemungkinan dia tahu tentang hal itu sesudahnya. Bisa jadi sesuatu di dalam gedung itu menjadi sangat kacau. Mungkin saat itulah dia mengetahui hal itu. Dia bisa saja tahu bahwa mereka membawanya kembali ke Arab Saudi.”

Trump menambahkan terlalu dini untuk mengatakan bagaimana atau apakah dia akan menyetujui Arab Saudi, mencatat sejarah negara itu membeli peralatan militer dari Amerika Serikat dan membantu operasi AS di Timur Tengah.

“Aku akan senang jika dia tidak bertanggung jawab,” kata Trump.



TAGS : Trump Saudi Khashoggi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42619/Trump-Saudi-Berbohong-tentang-Kasus-Khashoggi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments