Take a fresh look at your lifestyle.

Trump Komentari Dialog Korut dengan Korsel

0 4
Trump Komentari Dialog Korut dengan Korsel

Presiden Amerika Seriakat Donald Trump dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly (Foto: Yuri Gripas/Reuters)

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan kesediaan Korea Utara (Korut) berdialog dengan tetangga Koreanya, dapat menjadi kabar baik dan  juga dapat menjadi kabar baruk.

Pekan lalu, Kim Jong-un mengatakan negaranya terbuka untuk berdialog dengan Seoul dan bisa ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, PyeongChang bulan depan.

Ucapan Kim tersebut membangkitkan harapan, ketegangan di semenanjung dapat segera berakhir menyusul pengujian senjata nuklir Utara yang berulang kali dan rudal balistik yang semakin kuat.

“Sanksi dan lainnya mulai  menggerogoti Korut,” kicau Trump, mengacu pada sanksi internasional atas program rudal nuklir dan balistik Pyongyang.

“Tentara berbahaya melarikan diri ke Korsel. Manusia Roket sekarang ingin berbicara dengan Koresel untuk pertama kalinya. Tapi, kita lihat apakah  itu kabar baik atau buru!”

Pemerintah Korsel menanggapi tawaran Kim dengan mengusulkan pembicaraan antar-Korea Selasa (9/1) depan. Ini merupakan perundingan pertama sejak Desember 2015 dan kemungkinan menjadi pusat partisipasi Utara di Olimpiade.

Pertandingan Musim Dingin akan diadakan di kota alpine sekitar 80 kilometer selatan perbatasan antar Korea 9-25 Februari. Seoul  bertekad untuk meredakan ketegangan dengan Pyongyang menjelang acara tersebut untuk memastikan keberhasilannya dan membuka jalan bagi hubungan antar Korea yang lebih baik.

Presiden  Moon Jae-in  menyerukan penundaan latihan tahunan militer Korsel-AS untuk menghindari provokasi rezim Pyongyang, yang memandang latihan itu sebagai latihan invasi.

Senator AS Lindsey Graham (R-SC) mengatakan bahwa partisipasi Korea Utara dalam Olimpiade akan memberi legitimasi terhadap rezim yang paling tidak sah di planet ini.

“Saya yakin Korsel akan menolak keputusan absurd ini dan sepenuhnya percaya bahwa jika Korea Utara pergi ke Olimpiade Musim Dingin, kami tidak melakukannya,” katanya melaui akun Twitter-nya, Senin (2/1).

TAGS : Korea Selatan Korea Utara Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27259/Trump-Komentari–Dialog-Korut-dengan-Korsel-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments