Trump Batal Hadiri KTT Asia-Pasifik di Bangkok

Trump Batal Hadiri KTT Asia-Pasifik di Bangkok

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak akan berpartisipaso dalam KTT Asia-Pasifik di Bangkok, Thailand minggu depan. Langkah ini dinilai mengecewakan negara-negara Asia yang khawatir dengan pengaruh China yang semakin luas.

Dikatakan oleh Sekretaris Perdagangan Wilbul Ross, Trump diperkirakan akan menghadiri forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (Edi Chile pada pertengahan November.

Sementara pejabat paling senior dari pemerintahannya akan berada di Bangkok minggu depan, ketika Thailand menjadi tuan rumah KTT tahunan itu.

Ross dijadwalkan akan memimpin delegasi AS ke Forum Bisnis Indo-Pasifik yang mengelompokkan pejabat pemerintah dan eksekutif bisnis di sela-sela EAS.

Trump, telah menunjuk penasihat keamanan nasional Gedung Putih Robert O`Brien sebagai utusan khusus untuk KTT di Bangkok, menurut Gedung Putih.

David Stilwell, asisten sekretaris Departemen Luar Negeri untuk Asia Timur dan Pasifik, juga akan berada di Bangkok, tetapi delegasi AS ounya daya tawar lebih tinggi dari negara regional lainnya termasuk, Jepang, India dan China.

Meskipun mendeklarasikan Indo-Pasifik “satu-satunya wilayah paling konsekuensial bagi masa depan Amerika” dalam laporan strategi Pentagon tahun ini, administrasi Trump telah terus mengurangi kehadiran AS di pertemuan EAS dan ASEAN.

Sementara Trump menghadiri KTT AS-ASEAN di Manila pada 2017, ia belum pernah menghadiri pertemuan EAS secara penuh. Wakil Presiden Mike Pence mewakili Amerika Serikat pada pertemuan-pertemuan di Singapura tahun lalu.

TAGS : KTT Asia-Pasifik Donald Trump Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61716/Trump-Batal-Hadiri-KTT-Asia-Pasifik-di-Bangkok/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz