Take a fresh look at your lifestyle.

Trump Anggap Kolumnis Khashoggi Sudah Meninggal Dunia

0 4
Trump Anggap  Kolumnis Khashoggi Sudah Meninggal Dunia

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Osman Orsal/Reuters)

Washington – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menganggap kolumnis Washington Post yang menghilang, Jamal Khashoggi, “kemungkinan besar” telah meninggal dunia. Juga menyatakan, akan memberi sanksi berat jika Riyadh terbunuh membunuhnya.

“Kecuali mukjizat terjadi, saya menganggapnya telah meninggal dunia,” kata dia kepada New York Times.



Namun Trump mengatakan, sedang menunggu hasil penyelidikan. “Tentu saja kami akan mengeluarkan pernyataan, pernyataan yang sangat tegas, tetapi kami masih menunggu hasil dari tiga investigasi berbeda,” kata Trump jelang kampanye di Montana.

Trump juga bertekad akan memberi hukuman `sangat berat` jika Riyadh terbukti membunuh Khashoggi. Sebelumnya, presiden AS enggan membatalkan penjualan senjata ke Arab Saudi, karena hal itu sama saja dengan “menghukum AS”.

Khashoggi menghilang sejak memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Di hari yang sama, 15 warga Saudi – termasuk beberapa pejabat – tiba di Turki dengan dua pesawat dan menyambangi konsulat.

Pada Rabu, unit investigasi TKP tiba di kediaman resmi Konsul Jenderal Saudi Mohammad al-Otaibi pukul 16.40 waktu setempat (1340GMT). Al-Otaibi telah pulang ke Riyadh sehari sebelumnya.

Tim gabungan Turki-Saudi menyelesaikan investigasi pada Kamis pagi setelah menggeledah kediaman konjen dan konsulat Saudi di Istanbul.

Sementara itu, Wakil Presiden Mike Pence mengatakan “dunia berhak mendapat jawaban”.  “Jika spekulasi-spekuasi itu benar terjadi, jika orang tak berdosa kehilangan nyawa di tangan kekerasan, tindakan itu harus dikutuk,” ujar Pence dilansir Anadolu.

“Jika seorang wartawan tewas karena kekerasan, ini adalah penghinaan besar terhadap pers yang bebas dan independen di seluruh dunia. Tentu saja akan ada konsekuensinya,” kata dia lagi.

TAGS : Jamal Khashoggi Donald Trump Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/42503/-Trump-Anggap–Kolumnis-Khashoggi-Sudah-Meninggal-Dunia/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments