Take a fresh look at your lifestyle.

Tolak Politik Dinasti, Survei: Eddy KA Berutu Berpeluang Pimpin Dairi

0 5
Tolak Politik Dinasti, Survei: Eddy KA Berutu Berpeluang Pimpin Dairi

Ilustrasi Pilkada 2018

Jakarta – Jelang Pilkada Kabupaten Dairi yang terkenal sebagai daerah penghasil kopi Sidikalang mulai ramai diperbincangkan di media media massa dan masyarakat Kabupaten Dairi.

Direktur Eksekutif INES, Chaerudin Affan mengatalkan, dari hasil pra penelitian INES di media massa dan medsos sudah banyak nama tokoh yang bermunculan yang bakal punya potensi untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Dairi.

“Tentu saja ini sangat menarik untuk diteliti bagaimana respon masyarakat Kabupaten Dairi jelang penyelenggaraan pemilihan Bupati terhadap para tokoh yang bakal maju sebagai cabup dan untuk mengukur kinerja pemkab Dairi selama 5 tahun terakhir,” kata Affan, dalam rilisnya, Jakarta, Jumat (8/12).

Menurutnya, dalam penelitian pra Survey melalui pemberitaan media massa lokal dan di sekitar masyarakat, muncul nama tokoh yang disebut-sebut bakal maju dalam Pilkada Kabupaten Dairi. Tokoh-Tokoh tersebut adalah, Depriwanto Sitohang, Eddi KA Berutu, Parlindungan Sinaga, Bukit Tambunan, Nikson Silalahi dan Sabar Panggabean.

“Yang menarik, ternyata hasil temua INES, Masyarakat Kabupaten Dairi, dengan tegas menolak adanya politik dinasti dimana anak Bupati Dairi Depriwanto Sitohang juga maju sebagai bakal calon Bupati Dairi,” terangnya.

Lantas siapakah yang akan berpeluang memimpin Kabupaten Dairi 2018 mendatang? Dari temuan surevei INES, ternyata sosok Eddy Berutu punya potensi yang sangat besar untuk terpilih sebagai Bupati Dairi.

“Hal ini disebabkan masyarakat Dairi ingin ada tokoh baru yang bisa membawa perubahan bagi kehidupan ekonomi masyarakat Dairi,” tegasnya.

Saat para responden ditanyakan, soal sejauh mana kenal dengan tokoh yang akan maju Pilkada. Didapatkan jawaban responden tertinggi menyatakan mereka tahu/mengenal Depriwanto Sitohang sebanyak 68,3 persen.

Selanjutnya ada nama Eddy Kelleng Ate Berutu yang dikenal oleh 66,7 persen responden disusul oleh Bukit Tambunan yang dikenal oleh 62,4 persen responden. Kemudian Parlindungan Sinaga yang dikenal oleh 60,3 persen responden, Nikson Silalahi 58,4 persen responden dan terakhir ada nama Sabar Panggabean yang dikenal oleh 55,6 persen responden.

Namun ketika ditanya tentang siapakah tokoh yang paling bisa diterima masyarakat, secara mengejutkan Eddy Kelleng Ate Berutu muncul sebagai tokoh yang paling bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat Kabupaten Dairi dengan 76,4 persen responden.

Selanjutnya nama Parlindungan Sinaga dengan 61,2 persen responden, disusul Depriwanto Sitohang dengan 57,4 persen responden. Bukit Tambunan 56,2 persen responden, Sabar Panggabean 54,1 persen, Nikson Silalahi dengan 52,4 persen responden.

Dalam survei kali ini, INES melibatkan 1.220 responden dari populasi jumlah penduduk Kab Dairi sebanyak 279.090 jiwa dengan margin of Error +/- 2.8 persen, dan tingkat Kepercayaan 95 persen.

Pengambilan sampel sebagai respoden dalam survei jajak pendapat Kab Dairi mengunakan Metaode Multistage Random sampling yang tersebar secara proposional di 10 Kecamatan di Kab Dairi.

Survei ini dilakukan dengan mengunakan wawancara melalui telpon kepada sebanyak 990 Responden Dan selebihnya mengunakan kuisioner tertutup melalui tatap muka dengan surveyor, yang dilakukan pada 22-November-1 Desember 2017.

TAGS : Pilkada 2018 Pilkada Dairi Hasil Survei

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26009/Tolak-Politik-Dinasti-Survei-Eddy-KA-Berutu-Berpeluang-Pimpin-Dairi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments