Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Membuat Video Slow Motion Melalui Smartphone Anda

0 10

Pernahkah Anda melihat adegan pengulangan goal saat pertandingan sepak bola? Ya biasanya tayangan tersebut ditampilkan dalam gerakan yang menjadi lambat. Bola yang seharusnya meluncur dengan cepat dilambatkan hingga setiap detil gambar terlihat begitu jelas. Itulah yang dinamakan slow motion. Dan biasanya video bekerja dengan cara mengurangi pergerakan dari frame video yang direkam. Jadi, bila awalnya bergerak 100% (normal), akan berubah menjadi 25% atau 50% lebih lambat.

 

Biasanya, untuk memperlambat video dilakukan pada perangkat komputer atau laptop dan menggunakan software/ aplikasi tertentu. Namun, cukup ribet dan sulit, terutama bagi orang yang belum memiliki skill di bidang multimedia/teknologi. Selain itu, akan menghabiskan waktu yang lama karena prosesnya pasti cukup panjang.

 

Solusinya, Anda bisa memakai kamera atau ponsel yang memiliki fitur terkait. Beberapa kamera digital saat ini telah mampu merekam video slow motion dengan frame rate tinggi. Saat diputar dalam 24-30 FPS, video akan menampilkan gerakan objek yang lebih lamban. Smartphone pun tidak ingin ketinggalan. Beberapa bahkan sanggup merecord sampai 960 FPS pada resolusi HD 720p. Fitur itu menghadirkan gerakan objek 32 kali lebih pelan daripada perekaman normal.

 

Berikut Tips untuk membuat video slow motion yang bisa Anda Praktekkan :

  1. Melihat Kondisi

Sebelum melakukan perekaman, Anda perlu melihat keadaan objek. Apabila objek dalam kondisi diam, maka Anda lah yang harus bergerak bersama smartphone.

  1. Peka

Ini merupakan hal yang harus dimiliki apabila seseorang ingin memberi efek slow motion pada video dan terlihat keren. Peka terhadap peristiwa-peristiwa yang berlangsung di sekitarnya.Sebab, momen yang bagus biasanya tidak akan terjadi dua kali. Sehingga, anda harus tanggap dan segera menggapai perangkat smartphone untuk mengabadikan momen nya

  1. Pencahayaan

Dalam fotografi dan pembuatan video gerak lambat, aspek ini sangat vital. Maka, supaya tidak terjadi flicker pada gambar, cahaya yang terekam oleh lensa harus terang, baik di dalam maupun luar ruangan.

  1. Kreatifitas

Kunci untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal dalam pengambilan video slow motion adalah kreatifitas. Oleh karena itu, Anda harus mengasahnya  dan mempelajari fotografi & videografi.

Meskipun kelihatannya mudah, tapi dalam praktiknya mengambil video slow motion perlu dilakukan oleh orang yang mempunyai pemahaman supaya menghasilkan gambar nan lebih epic. Setidaknya, ada empat tips yang bisa diterapkan untuk membuat video gerak lambat dan mengunggahnya di media sosial, selamat mencoba

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments