Tiga Perguruan Tinggi Indonesia Masuk Peringkat Dunia

Tiga Perguruan Tinggi Indonesia Masuk Peringkat Dunia

Menristekdikti, Muhammad Nasir

Jakarta – Tiga perguruan tinggi di Indonesia mengalami peningkatan dalam urutan peringkat dunia. Ketiganya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Seperti diketahui, UI berada di peringkat 277. Naik 48 peringkat dari posisi sebelumnya di peringkat 325. ITB di peringkat 331. Sementara UGM naik 99 peringkat menjadi peringkat 402. Baru tiga universitas tersebutlah yang saat ini mampu menembus 500 besar kampus terbaik di dunia.

“Ini bukti bahwa kualitas perguruan tinggi Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun, dan dapat bersaing di tingkat dunia,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir saat memberikan kuliah umum di Universitas Borneo Tarakan (UBT), Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis(8/6).

Menristekdikti menyampaikan fakta bahwa saat ini terdapat 4.498 perguruan tinggi di Indonesia. Total program studi yang tercatat adalah 25.548 program studi. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan jumlah perguruan tinggi di Tiongkok, yakni sebanyak 2.825. Padahal Tiongkok memiliki jumlah penduduk jauh lebih besar ketimbang Indonesia.

Karena itu, demi meningkatkan akses anak Indonesia untuk masuk perguruan tinggi, Menristekdikti telah menyiapkan program beasiswa, bagi kalangan tidak mampu, yakni bantuan pendidikan Bidikmisi.

“Beasiswa Bidikmisi tahun ini disiapkan untuk 80.000 orang. Tahun depan diusulkan meningkat jadi 90.000,” jelas Menristekdikti.

TAGS : Kemristekdikti Mohamad Nasir Pendidikan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/17281/Tiga-Perguruan-Tinggi-Indonesia-Masuk-Peringkat-Dunia/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz