Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Negara Kutuk Serangan Israel Saat Aksi Damai Gaza

0 6
Tiga Negara Kutuk Serangan Israel Saat Aksi Damai Gaza

Warga Gaza memprotes keputusan Trump yang memotong bantuan ke Palestina dan juga pengakuannya bahwa Yerusalem sebagai ibu kota Israel, pada 26 Januari 2018. Ratusan orang berkumpul bersama melontarkan slogan, “Yerusalem adalah milik kami.. tanah-tanah kami!”.

Maroko – Perdana Menteri Maroko Saadeddine Al-Othmani bergabung dengan sejumlah pemimpin dunia  dalam solidaritas Palestina di tengah serangan Israel terhadap warga sipil di Gaza.

Setidaknya 14 demonstran Palestina menjadi martir dan 1.500 lainnya terluka dalam serangan terhadap demonstrasi damai. Seorang petani Palestina juga menjadi martir ketika sebuah tembakan artileri Israel menghantam tanahnya di Jalur Gaza selatan.

“Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, 14 orang menjadi martir dan lebih dari 1400 orang terluka dalam bentrokan dengan Israel Zionis. Kami menantikan hari ketika Palestina akan mencapai kebebasan dan negara mereka merdeka ,” cuit Al-Othmani melalui media sosial Twitter.

Dia juga menyampaikan belasungkawa bagi mereka yang tewas dalam serangan dan berharap pemulihan bagi yang terluka.

Sementara Kuwait juga mengutuk serangan terhadap demonstran Palestina, demikian diungkapkan sumber resmi di kementerian luar negeri negara itu Jumat.

“Kuwait telah mengikuti, dengan perasaan duka, laporan tentang serangan brutal Israel terhadap demonstran Palestina yang bertentangan dengan resolusi internasional dan pelanggaran semua norma internasional,” kantor berita resmi KUNA Kuwait mengutip sumber tersebut.

Laporan KUNA juga mengatakan Kuwait “meminta Dewan Keamanan PBB untuk memikul tanggung jawab historisnya dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional, dan memerangi segera praktik represif Israel terhadap Palestina.”

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Qatar mengeluarkan pernyataan yang mengecam keras serangan Israel yang menggunakan peluru tajam dan mengatakan Israel meningkatkan ketegangan melalui upaya militernya sebagai hal berbahaya dan melanggar perjanjian dan resolusi internasional.

Kecaman juga datang dari kementerian luar negeri Mesir dan Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit.

Seperti yang dilaporkan puluhan ribu warga Gaza berkumpul di perbatasan Timur sepanjang 45 kilometer (28 mil) dengan Israel untuk menuntut hak mereka kembali ke rumah leluhur mereka di Palestina yang bersejarah.

Israel mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang perbatasan untuk mengantisipasi demonstrasi massa. Dijuluki “Great Return March”, unjuk rasa itu juga dimaksudkan untuk menekan Israel untuk mencabut blokade selama satu dasawarsa di Gaza.

Demonstrasi itu telah didukung oleh hampir semua faksi politik Palestina, yang telah berulang kali menekankan sifat damai acara tersebut.

Sejak 2007, Jalur Gaza telah menderita karena mengalami blokade Israel/Mesir . Blokade itu melumpuhkan kawasan tersebut sehingga menghancurkan ekonomi masyarakat Palestina. (AA)

TAGS : Aksi Damai Israel Palestina Jalur Gaza

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/31529/Tiga-Negara-Kutuk-Serangan-Israel-Saat-Aksi-Damai-Gaza/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments