Tetangga Teluk Beri Waktu Qatar Lebih Lama untuk Menanggapi 13 Tuntutan

Tetangga Teluk Beri Waktu Qatar Lebih Lama untuk Menanggapi 13 Tuntutan

Negara teluk (Foto: Teheran Time)

Jakarta – Negara tetangga Teluk memberikan batas waktu pada Qatar hingga Selasa untuk menanggapi daftar tuntutan. Hal itu disampaikan setelah batas waktu yang asli disahkan pada Minggu (2/7) malam.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada 5 Juni, dengan alasasan mendukung terorisme. Pada 22 Juni mereka mengeluarkan 13 butir daftar tuntutan untuk mengakhiri kebuntuan dan memberi Qatar 10 hari untuk mempertimbangkan tuntutan tersebut.

Dilansir guardian pada Senin (3/7), Qatar menyebut tuduhan tersebut tanpa dasar dan menyebut tuntutan yang kaku-termasuk menutup stasiun al-Jazeera dan mendepak tentara Turki yang berbasis di Qatar-sangat kejam sehingga terkesan diada-adakan.

Menurut laporan SPA, keempat negara menyetujui permintaan Kuwait yang menengahi krisis tersebut, untuk memperpanjang tenggat waktu kepatuhan 48 jam pada Minggu.

Para menteri luar negeri dari empat negara akan bertemu di Kairo pada Rabu untuk membahas tuntutan Qatar, kata laporan dari Mesir pada Minggu (2/7)

Negara-negara yang memblokade tidak merinci hukuman yang akan dikenakan jika ultimatum mereka ditolak, meskipun para diplomat UEA menyarankan agar menskors Qatar dari Gulf Co-operation Council (GCC), blok perdagangan regional, atau berusaha menjatuhkan sanksi kepada negara-negara yang melanjutkan Untuk berdagang dengan Qatar

GCC yang beranggotakan enam anggota, dibentuk pada 1981 setelah revolusi Islam Iran dan pecahnya perang Iran-Irak, oleh Arab Saudi, UEA, Kuwait, Qatar, Oman dan Bahrain.

TAGS : Qatar Arab Saudi Kuwait

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18297/-Tetangga-Teluk-Beri-Waktu-Qatar-Lebih-Lama-untuk-Menanggapi-13-Tuntutan/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz