Take a fresh look at your lifestyle.

Tesisnya Disebut Hasil Plagiasi, PM Spanyol Ngamuk

0 3
Tesisnya Disebut Hasil Plagiasi, PM Spanyol Ngamuk

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez (Foto: AFP)

Madrid – Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez berang atas tuduhan bahwa dia telah melakukan plagiasi pada tesis doktoralnya. Pernyataan tersebut dilontarkan bersamaan dengan mundurnya Menteri Kesehatan Carmen Monton atas kasus manipulasi ijazah magister (S2).

“Informasi yang muncul di media tertentu mengklaim keberadaan plagiarisme dalam tesis doktoral saya benar-benar salah,” tegas Sanchez dilansir dari AFP.



Sebelumnya sejumlah media Spanyol mengabarkan bahwa Monton telah memperoleh ijazah tanpa menghadiri kelas. Monton juga diketahui telah melakukan plagiasi di beberapa bagian dalam tesisnya.

“Saya akan mengambil tindakan hukum untuk membela kehormatan dan martabat saya, jika apa yang telah diterbitkan tidak diperbaiki,” ancam Sanchez, menyusul pemberitaan di koran ABC dengan judul ‘Cut and Paste’.

Tesis ini telah diterbitkan sesuai dengan aturan,” lanjut PM yang dilantik pada Juni lalu itu.

Dilaporkan sebelumnya bahwa tesis Sanchez yang bertemakan inovasi dalam diplomasi ekonomi Spanyol pada 2012 lalu, telah menjiplak hampir kata per kata dari sebuah artikel milik rekan ekonomnya di Universitas Camilo Jose Cela, Madrid.

Namun klaim ini dibantah langsung oleh kampus tempat Sanchez bernaung, yang menyebut bahwa pemeriksaan tesis Sanchez telah melalui prosedur yang ketat.

“Pengujian dilakukan sesuai dengan peraturan saat ini, verifikasi universitas, dan protokol kontrol yang biasa,” demikian keterangan universitas.

Hingga saat ini tesis Sanchez hanya tersedia dia perpustakaan universitas di luar Madrid. Tesis tersebut tidak tersedia secara daring (online) dan tidak bisa digandakan.

Namun pada Kamis (13/9) lalu, Sancehz berjanji akan mengunggah tesisnya secara online, guna memukul tuduhan plagiarisme tersebut.

TAGS : Plagiasi Spanyol Pedro Sanchez Tesis

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/40754/Tesisnya-Disebut-Hasil-Plagiasi-PM-Spanyol-Ngamuk/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments