Take a fresh look at your lifestyle.

Terlibat Skandal Korupsi, Presiden Afrika Selatan Mengundurkan Diri

0 6
Terlibat Skandal Korupsi, Presiden Afrika Selatan Mengundurkan Diri

Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma mengumkan pengunduran dirinya (Foto: Sky News)

Jakarta – Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma mengatakan akan mengundurkan diri segera. Keputusan itu menyusul sebuah mosi tidak percaya dari partainya, African National Congress (ANC).

Ia mengatakan, “Karena itu, saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai presiden Republik dengan segera, walaupun saya tidak setuju dengan keputusan pimpinan organisasi saya.”

“Saya selalu menjadi anggota disiplin ANC. Saat saya akan keluar. Saya akan terus melayani orang-orang Afrika Selatan dan juga ANC, organisasi yang  saya layani sepanjang hidupku,” sambungnya.

Menurut Sky News, parlemen negara itu sudah siap mengganti pemimpin yang berusia 75 tahun dengan wakil presiden Cyril Ramaphosa. 

Mantan pejuang perlawanan anti-apartheid, yang memiliki empat istri, didiskreditkan oleh sejumlah skandal korupsi dan Ramaphosa terpilih pada bulan Desember untuk menggantikannya sebagai pemimpin ANC.

Zuma sedang menunggu jaksa agung Afrika Selatan untuk membuat keputusan apakah ia akan menghadapi tuduhan korupsi yang lama terkait dengan kesepakatan senjata dua dekade yang lalu.

Pengadilan tinggi negara tersebut juga memutuskan pada 2016, Presiden Zuma melanggar konstitusi saat menggunakan uang negara jutaan dolar untuk memibayai rumah pribadinya.

Pada Rabu (14/2), polisi menggerebek rumah keluarga mewah asal Johannesburg yang dikaitkan dengan keluarga Zuma.

Guptas kelahiran India dicurigai menggunakan hubungan mereka dengannya untuk mempengaruhi posisi kabinet dan kontrak negara-negara bagian. Mereka dan Zuma membantah melakukan kesalahan.

TAGS : Afrika Selatan Jacob Zuma Korupsi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/29208/Terlibat-Skandal-Korupsi-Presiden-Afrika-Selatan-Mengundurkan-Diri/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments